Diameter Luar Liner/Boring Yamaha Mio - Untuk keperluan bore up, banyak yang bertanya seberapa jauh blok Mio mampu di bore up dengan liner standar. Oleh karena itu, penulis mengukur diameter luar liner/boring dari blok Yamaha Mio. Caranya adalah dengan menggunakan jangka sorong dan diukur diameter luar liner. Terbaca diameter luar liner di bagian belakang sebesar 56 mm dan diameter liner pada bagian dalam blok adalah 60 mm. Jadi liner standar Mio dapat dibore up maksimal 52 mm agar aman harian, dan 54 mm untuk motor balap. Apabila ganti liner tanpa perbesar crankcase dapat dibuat diameter luar boring utuh 60 mm.
Liner ori blok mio karbu |
Jadi max bore up boring mio 56 gan?
BalasHapusKalau mengacu liner standar 52,4 mm saja.. kalau diganti liner lurus malah bisa di atas 56 mm tanpa perbesar crankcase
HapusLiner Boring Mio Piston Gl Neotech Os 25 Makai Liner Brpa Mm Gan?
HapusMio aplikasi piston 58 ke atas butuh bubut crankcase
HapusSemakin tebal semakin bagus tentunya..
Minimal liner 62 mm harian
Max borup Mio drag liar 150cc pakek boring std punya aku bisa kok 2 th masih utuh aman gak pernah jebol pernah jgk di pakek Turing masih aman asal setingan nya pas jangan asak borup aja ya ukuran kelep 2824 pelatuk make templar per kelep Swedia struk 2mm
HapusBang Saya kan mau pakai seher os 200 diameter 52mm pada motor mio apakah liner masih bagus buat harian dan perjalanan jauh
HapusBang Saya kan mau pakai seher os 200 diameter 52mm pada motor mio apakah liner masih bagus buat harian dan perjalanan jauh
HapusMasih bagus, tebal punya Yamaha
HapusMaksimal 53mm klo masih liner std
HapusGan saran untuk beli liner nya UK brpa untuk piston 54,5
HapusMinimal 58 mm tanpa kolter
HapusSaran sih biar enak minimal 60 mm
Mio piston mentog diameter berapa
HapusGan ane punya blok mio ukran luat nya 60mm bisa masuk ga
BalasHapusMaksud nya liner nya? Bisa gan itu liner mentah Mio
Hapussangat bisa gan
HapusKlo boring nya 57 butuh di bubut gak bang?
HapusNgapain naik cuma 57? Ori nya aja 56 mm
HapusGan saya punya blok std mio saya kasi piston 54 masi aman ngk
BalasHapusNggak aman.. ganti liner nya
Hapuslebih baik ganti liner dulu gan
HapusBerapa kira kira biaya ganti liner
HapusTergantung bahan, ukuran, dan jasa tukang..
HapusMinimal harga 200 rb
Saya sarankan pakailah Liner bahan Carbon 😅
HapusSaya mau ganti seher standar ke ukuran 53 apakah harus di bubut bagian linernya
BalasHapusKalau saya sih sebaiknya perbesar liner nya biar awet ga mudah panas
HapusKlo max tanpa rubah tusuk satenya brp mm ya? Max memperbesar cranckes
HapusAssalamualaikum gan mau tanya kamo misalkan blok std mio di gating boring diametr dalam nya 54mm bisa engga yah tolong di jawab gan trimakasih
BalasHapusBisa.. malah sampai luar 60 mmcmm okee lubang standar, tapi ada yg perlu diperbesar sedikit belakang lubang crankcase
HapusMas mau nanya kan linear luar Mio 60mm terus mau masang piston 54 kan korter liner jadi sisa linear luar nya 6mm apakah aman tanpa harus perbesar canrnkcase??
BalasHapusLiner luar bawaan cuma 56 mm, kalau pakai piston 54 mm disarankan ganti liner full 60 mm otomatis bagian dalam crankcase yg nyangkut dibersihkan.. lubang crankcase standar bisa kok
HapusGan klo di bore up 54 ganti liner ya?
BalasHapusSebaiknya ganti saja biar piston juga jadi awet
HapusBang klo liner ori kita bore up 53,5 apa masih aman??
HapusBisa untuk mio karbu
HapusBang klo blok seher pake uk59 ituh harus memperbesar lobang krengkes atau engga bang
BalasHapusKalau mau awet ya perbesar
Hapuskalau mau ganti liner boringnya kira2 yg bagus punya motor apa bang?
BalasHapusYang bagus merk JP liner carbon..
Hapuskalau boring sih tinggal cari ukuran, jangan susah cari motor apa
Mohon maaf gan. Kalo bore up ke piston ukuran 57,3mm itu memperbesar crankcase apa ga ya gan ?
BalasHapusJelas.. karena ganti boring besar wajib perbesar crankcase
HapusKalo mau pake piston byson itu gimana bang kan diameter piston byson 58mm...apa harus ganti linernya juga
BalasHapusJelas.. masa iya lebih besar piston daripada linernya
HapusKalo di ganti ukuran berapa kk liner nya
HapusMinimal 62 mm
HapusKlu mau pakek piston ukuran 66 mm yg Harus d rubah bagian apa aja
BalasHapusBanyak.. sebaiknya cor blok dan head dkk
HapusMas mau nanya ceritanya sya mau ganti liner, ada yg jual liner diameter dalam 52, diameter luar 60mm, sama kupinganya jadi 62mm, klo ngilangin kupinganya jadiin 60 mm gimana? Apa bisa?
BalasHapusDibubut.. tp kupingan fungsinya biar g geser posisi boring, kalau ilang siap" bocor
HapusDi bubutnya cuman sesuain diameter kupingan sama tinggi kupingannya aja kan?
HapusDisesuaikan saja dengan liner biar tinggal press
HapusMau tanya om, klo prbesar boring harus prbesar crankcase ?
BalasHapusSoalnya saya mau ganti piston gl Max
Kalau boring baru lebih besar daripada diameter crankcase ya wajib perbesar
HapusBang kalo pake liner luar 62 bisa ga
BalasHapusBisa sekalian perbesar crankcase
HapusMaaf gan mau nanya, ane mau ganti piston mio ke ukuran 53,5mm pakai boring standar.. Setelah di reamer/korter tebal dinding liner cuman tgl 1,5mm. Itu msh aman gak gan buat harian sama jlan jauh...? Mohon
BalasHapuspencerahan ny gan, Terima kasih
Ya gitu deh sesuai Artikel itu hanya aman pemakaian sebentar seperti balap.. bisa paling setahun sudah mulai berisik
HapusKalo buat ganti liner ke 60mm terus dibikin 54 kisaran harga berapa yang bang? Terus menurut Abang pake piston merk dik atau npp?
BalasHapusKalo buat 53.5 ,ganti liner ke 60mm apa harus rubah lobang crankes ?
BalasHapusBetul.. tetap belah mesin menyesuaikan liner baru
HapusSaya ada blok standar mio udh di naikin ke os 75 piston jupiter kalo mau naik lagi ke os 100 atau 125 aman ngk
BalasHapusJupiter z os 100 setara mio os 200.. masih aman kok piston 52 mm di Mio standar
HapusBang mau tanya saya blok standar udah pake piston UK 56 OS 100 kira kalau d korter aman ga jadi harus pake piston UK berapah
HapusMio mah liner hanya 56.5 mm, kalau pakai piston 56 mm ya pecah
Hapusgan kalo mio liner masih std mau bikin 58 beli linernya uk berapa
BalasHapusPiston 58 mm minimal liner 62 mm, semakin tebal semakin baik dalam meredam panas
HapusGan kalau liner standar di paksa isi 54'5 buat harian kan cepat panas,efeknya apa?
BalasHapusHabis gaes ga ada sisa liner nya
HapusGanti yg lebih besar dulu ya
Maaf gan mau tanya,, kalau pake piston 58.5 minimal tebal linernya brpa? Yg aman untuk harian
BalasHapusMinimal Liner 63 mm lebih tebal lebih oke
Hapusapakah harus memperbesar crankcase?
HapusHarus
HapusGan... Saya mau tanya nih
BalasHapusRencana saya mau ganti piston 62 boring pun di ganti...krengkes pun di perbesar
Nah biar tidak kena jalur oli diameter luar boring kira2 brp yah..? Mksh bnyk sebelumnya
Ikut packing nya saja.. g hafal saya
HapusKalau boleh tanya, saya mau ganti piston mio sporty tapi blok nya udah pernah di lemer, saya mau ganti piston tapi ngga tau ukuran piston atau ukuran oversize nya berapa karna saya masih awan soal motor, tolong bantuan nya, terimaksih.
BalasHapusDiukur diameter piston yg dipakai dengan jangka sorong
HapusNanti tau ukuran nya
Bang kalo blok std di kasi piston 54 bisa
BalasHapusKasihan.. sebaiknya ganti liner tebal
HapusBang kalo blok seher ya 54.5 terus piston ya ukuran 53.5 gimana bang
BalasHapusYa ga cocok, ga bisa dipakai karena bukan kombinasi nya
HapusMaaf bg mw tanyak piston yg cocok buat blok mio pakai piston apa ya tapi diameter besar dan liner masi std mio
HapusBang kalo 58 klep 24 28 karbu PE buat harian aman ?
BalasHapusgan mio kalo pake paket blok piston 58,5 bubut kalter gak
BalasHapusLihat diameter luar nya.. biasanya tetap bongkar crankcase
HapusBang, kalo crankcase udh diperbesar misal jd 62mm.. trus mau balik lg pake piston std bisa ga? Jd ganti boring baru + piston baru tp lubang diameter crankcase nya udh besar?
BalasHapusBisa langsung pasang kok
Hapusbang mau tanya motor saya mio liner sudah tak ganti 60 mm ukuran luar.kalo dokasih piston 56 mm ato 57 mm bisa gak gan itu.mohon pencerahanya
BalasHapusBisa aja tp mesin cepat panas
HapusBang klo mau ganti liner 60mm crangkes std masuk ga tanpa bubut
BalasHapusBubut dong, lha ukuran nya press gitu
HapusBang, kalo mau buat 54 tapi tanpa perbesar crankcase cari liner blok ukuran berapa ya?
BalasHapusLiner 58/59 mm bisa tapi crankcase tetap dibelah untuk d gerus bagian yg mengganjal.. lubanh crankcase tetap standar kok
HapusGan kalo bore up mio jadi spek 58mm liner boring pake apa ya?kalo pake sonic ukuran berapa?
BalasHapus58 mm itu ya sonic lama standar
HapusBoring cari ukuran 62 ke atas dan perbesar crankcase
Gan batas maksimal bubut crankcase mio berapa mm?
BalasHapusKalo crankcase dibubut 66mm apakah jalur olinya aman?
Diukur sendiri aja supaya tau batasan nya.. kalau mau diperbesar, jalur oli enaknya dipindahkan
Hapusgan kalo blok standar di korter sampe 66mm masih bisa??trus ada liner ukuran blok 66mm? mending beli after market atau korter blok standar jadi ukuran 66??
BalasHapusBlok standar mau pakai piston 66 mm ya ganti liner diameter luar di atas 70 mm.. perbesar crankcase besar mengikuti liner..
HapusKalau ga mau repot blok nya ya bisa beli blok jadi, tapi crankcase tetap wajib diperbesar
Mas kalau rengkes bekas sobekan terus di standarin head sama blok nya aman engga mas ?
BalasHapusTerimakasih
Tinggal pasang saja yg standar..
Hapusmas,klo blok standar mau pake seher 53,5 atau 54 blok ny dibubut,itu aman g ya?
BalasHapusMaksudnya blok dibubut itu gimana?
HapusKalau dari ukuran standar ke ukuran segitu biar cepat ya dibubut dulu baru korter.. yg penting center saja ga masalah
Aman ga bang klo pake seher 55 trus liner ukuran dalam 53 dan liner luar 62..
BalasHapusLiner luar 62 mm pakai piston 55 ya masih aman dong.. aman sekali asal pemasangan presisi
HapusKalo pake ukuran boring 58 bisa langsung msuk ataw gmna?
BalasHapusTetap bersih" bagian crankcase yg nempel tapi lubang masih standar
HapusBang klo pke ukuran 54 liner pke brapa tanpa perbesar krengkes supaya awet.
BalasHapusCrankcase butuh dibesarkan beberapa bagian, tapi lubang standar kok.. nanti liner bisa 59
HapusBang, sy punya Mio GT 113 cc. Rencananya sy mau bore up dgn menganti blok std Mio GT tsb ke blok Mio yg ukuran 125 CC. Blok Mio 125 CC apa yg bisa di pakai tanpa merubah crankcase?
BalasHapusSeingat saya ga sama blok 113 dan 125..
HapusMas, saya punya piston 52 merk fim.
BalasHapusApakah itu langsung pnp ?
Kolter dulu gaes
HapusBos apa bisa block standar mio dinaikin 54 tanpa beli blok baru, dan klw ukurn 54 apa harus memperbesar krankase juga
BalasHapusBuat penggunaan sebentar mah blok ori standar pakai piston 54 mm bisa
HapusBang mau tanya kalau blok standar mio di bore up 53.5 apa masih aman ?
BalasHapusDan gimna solusi yg baik apabila blok std di bore up 53.5 tanpa mengganti liner ?
bg kalok pakek piston 54,5 ganti linear nya ukuran berapa bg
BalasHapus60 mm biar kuat
HapusBang mau nanya kalo misalkan piston 58,5mm boring 63mm + coak crankcase 66mm itu aman engga ya? sama kalo squis head minimal squis itu berpaa ya yang aman untung piston 58,5mm?
BalasHapus������
Boring 63 mm, crankcase 66 mm ya lega sekali tuh.. ga bakal nabrak
HapusSquish mah bebas menyesuaikan rasio kompresi yang diinginkan
Gan klo oke seher 60 mm sebaiknya gmna?
BalasHapusOke ini gimana maksudnya? Pake? Ganti liner besar perbesar crankcase.. klep karburator knalpot juga modif besar
Hapusgan ane baru beli mio terus udah ngebul pass ane buka blok nya liner sama piston nya udah pada baret tapi di piston nya udah ada tulisan 200 nah gimana akalin nya biar gk ganti liner atau blok nya jadi ganti piston ajj sama lemer lagi bisa kah
BalasHapusNaikkan lagi ke os 250 alias diameter 52.5 mm
HapusCarinya agak susah sih, paling" piston pen 13 atau 14 dibubut jadi pen 15
Atau ganti stang Jupiter z new pen 13, piston enak nyari nya 😂
Mau tanya dong gan.
BalasHapusAne mau bore up mio old ane ke 52.5mm dan liner nya mau di ganti uk luar nya 62mm.
Itu harus diperbesar crankcase nya yah.? Kira kira berapa mm yah di perbesar nya.?
Apakah bisa aweh untuk harian dan mudah panas. Apa harus naik stroke juga..? Kalau tambah stroke kira kira berapa mm yah. ?
Mohon dibantu yah gan.
Terimakasih
Liner 62 mm ya minimal crankcase 63 mm
HapusNaik stroke tidak awet
apakah bisa boring std pakai piston 54,5
BalasHapusSebaiknya jangan, terlalu tipis belakang nya
HapusGan ane mau boreup mio ke 53,5 pake boring 58 aman ga ya buat touring atau geber geber?
BalasHapusBisa.. tergantung kualitas pengerjaan saja
HapusKalo perbesar crankcase jadi 66 jalur oli masih aman ga ya?
HapusMasih sisa dikit.. sekalian geser jalur oli juga oke
HapusGan mau tanya doang,
BalasHapusKlo poston uk 55.5 boringan dalam nya jadi brp ya?
Boringan dalam? Ya 55.5 mm menyesuaikan piston 😅
HapusKalau boring asli diameter luar 56 mm, maksimal piston 54 mm
Gan krangkes mio smile max berapa ya gan
BalasHapusDiameter crankcase standar 60 mm
HapusGan saya punya blok standar kalo pake piston 54 aman nga gan?
BalasHapusBisa
HapusNgab liner mio klok di pke ke legenda bisa gx?
BalasHapusGeser tusuk satenya jgx nggx ngab??
Beli liner polos saja lebih gampang..
HapusLegenda perbesar crankcase ke bawah, offset.. max liner bisa 60 mm aman tanpa geser baut tusuk
Brother piston 54.5 tebel liner harus berapa supaya aman
BalasHapus58.5 mm
HapusGan ukuran maksimum diameter blok Mio std berapa gan
BalasHapusDiameter apa ya? Kalau yg dimaksud liner standar bisa maksimal diameter piston 54 mm
HapusKalau maksimal liner apa, tergantung crankcase diperbesar seberapa.. sampai 70 mm aja sanggup Yamaha ðŸ¤
Bang mau tanya.mau pasang liner mio ukuran 62.perlu bubut crankes ga ya???
BalasHapusMakasih
Perlu
HapusMau nanya bang, ukuran linner luar Mio j std berapa yah?
BalasHapusLiner besi nya gtw berapa, tp bungkus liner aluminium nya sampai 63 mm
HapusBisa bore up besar
Om max bore up tanpa geser tusuk satenya brp mm?
BalasHapusOm kalo mio karbu ganti 55mm linernya 59 atau 60mm harus bubut crankes ga? Aman untuk harian kah
BalasHapusDan saran om untuk ukuran klepnya biar enak buat harian
Dibersihkan bagian yg menghalangi.. diameter crankcase mio karbu 60 mm, bisa liner 59 mm
HapusPerlu ganti klep ga om? Kalo ganti pake klep mtor apa biar enak harian?
HapusHarian klep standar saja enak
HapusBang maaf mau tanya saya beli piston npp 53,5 OS 50 apakah perlu ganti liner?, soalnya di korter juga pada nolak takut pecah, dan jika ganti liner apakah harus bubut crankcase apa tidak? Terimakasih bang
BalasHapusBuka crankcase untuk membersihkan jalur yg mengganjal jika menggunakan liner besar yg baru..
HapusSaran liner 59 mm jika tanpa bubut crankcase, hanya bersih" saja
Oke bang makasih masukanya juga responya, jadi tanpa bubut pake ukuran liner 59 mm aman bang
HapusBang Mio ku mau ganti piston 52 tanpa perlu di korter bisa ga?
BalasHapusBisa banget.. maksimal 54 mm
Hapusbang mau tanya kalo mau ganti seher 53,5 lobang boringan apa perlu diperbesar , apa bisa pake boringan standar ?
BalasHapusPakai standar bisa sampai 54 mm
HapusBang kalo mio smile pake piston 53,5 linernya std bisa gak ?atau harus ganti liner?
BalasHapusMasih bisa cukup kolter aja
HapusBang kalo lubang krengkes nya udah gede bisa pake boring standar ga ya,,
BalasHapusBisa kok
Hapusbang brp maksimal diameter liner kalo tanpa membersihkan jalur yg mengganjal di crankcase, biar ndak belah crankcase
BalasHapusStandar ori ting ting.. kalau diperbesar dengan tentu perlu bubut crankcase
Hapusbang kalau oversize nya 200 terus klep standar berapa diameternya kalau ga salah piston pake gl
BalasHapusPiston GL apa dulu yg os 200? Banyak jenisnya
HapusUntuk biaya ganti liner kira2 habis berapa boss??
BalasHapusBang kan mio saya sekarang liner std seher ukurn 53,76mm nah kalo ganti ke seher 54,5, apakah masih aman?
BalasHapusBang Kalo liner std Tapi pake seher 54 apakah masih aman untuk harian?
BalasHapusBORING BIOLI
BalasHapusDiameter dalam: 56mm
Diameter Luar: 62mm
Tinggi: 127mm
Diameter kuping : 64mm
Tinggi kuping : 6mm
kira kira bisa ga dipasang di Mio j? apa harus ada yang di ubah, saya mau make piston 56 harian balap apa cocok?
Mio J terdapat aluminium di luar liner ori.. dan liner 62 mm masih masuk di Mio J tanpa bubut crankcase..
HapusGan kita beli block yg udah jadi ukuran 58,5 tapi ga bubut krenkes. Ngaruh nya kalo ga di bubut kenapa.?
BalasHapusAman sih kalau mio karbu, tinggal pasang aja
HapusGan mau nanya
BalasHapusMio sporty liner luar 62mm dipasang piston byson os200 berani gak ya buat harian
Trims gan
Piston 60 mm, liner 62 mm.. cuma 1 mm hmmm saya ga rekomendasi deh
HapusBang permisi,saya mau nanya,kalau blok std udah OS 300/seher 53 pada liner std Mio,itu klepnya Masi bisa std ga bang atau harus di besarin klep in/ex nya bg mohon di jawab bg
BalasHapusKalau mau performa ya wajib klep lebar
HapusKlep standar cuma untuk jalan santai
bang saya punya boring mio std os 200 udah baret bisa ga di kolter lagi
BalasHapusBisa.. mio masih tebal liner nya
HapusCek pompa oli dan sirkulasi, kenapa baret lagi
Bisa.. mio masih tebal liner nya
HapusCek pompa oli dan sirkulasi, kenapa baret lagi
Mas kalo crankcase di perbesar sampai 70mm, liner 69 piston 63 untuk touring masih aman dengan rasio kompresi dibawah 11:1
BalasHapusTerus apa jalur oli perlu perubahan atau tidak teria kasih dan sehat selalu
Jalur oli di blok bawah ya? Kalau mau aman mending di bypass selang sih, sekaligus bantu pendinginan oli sesaat sebelum masuk head
HapusGan saya mau ganti ke seher 59, liner luarnya biar aman ga cepet panas pake liner berpa mm
BalasHapusSelain ukuran, kualitas pemasangan liner sangat mempengaruhi keawetan..
HapusPiston 59 mm sebaiknya pakai 64-65 mm liner
permisi om,mau tanya,semisal nuovo mau pakai seher 58,liner luar 69 bioli, apakah aman ?
BalasHapusatau pakai seher 58,liner luar 65 bioli ?
terimakasih om sebelumnya
Semakin besar liner, maka bubut crankcase semakin banyak. Perlu dicek jalur oli naik via blok nya. Kalau mau dibabat habis, ya bypass pakai selang seperti std scorpio/satria F. Terserah agan mau seperti apa
HapusPiston 58 mm sih cukup 64/65 mm liner nya