Selasa, 30 April 2013

Cara Memasang Kopling Manual Jupiter

Cara Memasang Kopling Manual Jupiter - Apabila ingin menggunakan kopling manual alias kopling tangan, pertama belilah paket kopling manual. Untuk motor Jupiter bisa menggunakan merk TDR, SND, SYS, OEM, dll. Lalu belilah juga  seal bak kopling, seal kick starter, dan pack bak koplingnya.
kopling manual Jupiter
Berikut langkah - langkahnya.
1. Buka bak kopling
Membukanya dapat dengan melepaskan knalpot, footstep, kick starter, dan baut T8.
buka bak kopling lama
2. Buka per kopling dan ambil rod push nya
Rod push terletak di tengah dan ambil rod push ini lalu gantikan dengan rod push yang baru kalian beli. Jangan lupa laher bambunya dipasang kan kembali. lalu pasang kembali per kopling nya.
tukarkan stut kopling dengan yang baru
3. Pasang seal dengan rapat
Memasang seal tinggal memasukkan ke tempatnya. Bisa dibantu dengan pukulan halus menggunakan kunci busi dan dipalu perlahan.
seal bak kopling baru harus terpasang
4. Buka bak magnet dan ambil shift arm nya
Shift arm dapat diambil langsung dengan tangan karena ia tergantung saja pada dudukannya.
ambil beberapa komponen

Berikut kalau ingin menjadikan kopling full manual.
5. Lepas per kampas ganda atau las titik atau mengganti dengan balancer
Agar menjadi kopling full manual, kampas ganda harus dimatikan fungsinya. Kalau melepas per kurang maksimal dibandingkan dengan 2 cara yang lain. Kalau di las, kampas ganda bakal sulit dikembalikan kalau ingin di standard kan kembali. Kalau membeli balancer pastinya butuh dana tambahan kan? Bisa menggunakan milik Jupiter MX seharga 800rb.

125 komentar:

  1. gan. saya kurang ngerti. untuk gambar ke 2 rod push dan laher bambunya yang mana, kiri / kanan. untuk kopling sentripugallnya kalo ga di lepas, atau tidak dirubah ga apa apa ya?
    saya mau belajar gan memasang kopling manual. mohon bimbingannya

    BalasHapus
  2. owh..ia bro
    laher bambunya yang pertama nempel ke tutup kopplingnya
    trus kasih ring bru deh rod pushnya pasang..

    kalo bingung biar saya kasih penjelasan lagi ya
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang saya mau tanya. .Bak saya itu di bor ke tukang bubut. .Tapi nyari stut nya gak ada soalnya rata2 stut nya bak TDR. .kalo saya pake stut fiz r bisa nggak bang?
      Soal x bak saya di bor...

      Hapus
  3. gpp bro kalo fungsinya ga dimatikan...
    seperti punya saya karena belum menemukan toko yg jual balancer d Jember,,

    mirip Force-1 yamaha yang mengadopsi kopling manual tapi belum full clucth
    gpp aja

    BalasHapus
  4. kalo boleh gan buat videonya, biar gampang buat belajar. terutama saya. yang belum pernah buka bagian mesin.

    BalasHapus
  5. salam kenal bro,
    gambar no 4 yg as panjang tuh dimana letaknya bro?
    klo tidak diambil, apa ada efeknya?

    Terima kasih sebelumnya bro

    BalasHapus
  6. @riko cahyono
    salam kenal juga bro
    kalau tidak diambil juga tidak apa2..tidak mengganggu
    letak ada di dalam rumah kopling, caranya sewaktu kamu ambil bagian2 di dekat magnet, ada tuh yang agak ke belakang, lurusnya rumah kopling..
    dorong pakek lidi juga bisa..

    BalasHapus
  7. @anonim yang minta video
    nanti saya tambahkan kalau mau buka bak kopling lagi..
    tapi kualitas gambar nya kurang bagus, soalnya lewat HP Nokia C2-00
    hahaha

    ok saran saya terima..terima kasih

    BalasHapus
  8. ga apa apa gan. saya tunggu videonya

    BalasHapus
  9. Salam kenal mas bro,
    aku wong banyuwangi nih pengen tanya!

    gini bro, klo mau merubah jupiter z menjadi kopling manual gmn caranya,
    tapi pake bak kopling asli.
    kata temen aku sih di suruk ke tukang bubut untuk di kasi lubang.
    tapi aku masih bingung nih.

    kalo bisa tolong ya buatin artikel tentan cara merubah kopling otomatis ke manual pake bak kopling aslinya dan apa aja yg harus di siapin.

    thanks ya...
    di tungku infonya!

    BalasHapus
  10. @aray normall
    ia memang bisa ke tukang bubut + las..biaya bisa 250rb maksimal (mending beli yg OEM cuma 300rb)
    yang diperlukan adalah stut koplingnya dan tuas rem + kabel kopling..
    belinya ke toko variasi, minta stut X1 TDR seharga 140rb-an, beserta kelengkapannya..

    untuk dudukan bisa membuat sendiri di tukang las..
    nanti hasilnya mirip nomer.3 tapi ga sehalus dan ga serapih itu..
    dudukannya sendiri mirip ke gambar awal..tapi jangan panjang seperti milik saya, cz nariknya di tangan kerasa
    hahaha

    BalasHapus
  11. @Anonim
    berikut link videonya..masih di upload.. hehe
    http://adf.ly/PPuJq

    BalasHapus
  12. Gan. Blok kopling antara tdr dan yamaha x1. Bagusan mana y gan. Dari harga kan murah yg tdr ya. Bedanya dari segi apanya y?

    BalasHapus
  13. @Anonim
    kalo yamaha X1 thailand itu bak nya tebal..part2 jeroan asli X1 dan sudah ada patokan standar barangnya..pasti bagus dan presisi

    kalo TDR bagus juga sih, lengkap..tapi bak nya super tipis..setengahnya lah..rawan pecah menurut gw..

    kalo OEM kyk punya saya bak asli dibuat lagi.. <<ga ada yg tanya wkwkwk
    inilah alasan saya ga mengambil TDR hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo OEM berapa harganya gan?

      Hapus
  14. Terimakasi gan untuk penjelasannya.
    untuk videonya udah ada belom gan?

    BalasHapus
  15. gua beli OEM seharga 300rb sudah ada stut, handle, lever, dll.
    tapi seal harus beli dulu seal kick starter dan seal bak kopling..

    BalasHapus
  16. Video nya baru upload satu..
    http://www.youtube.com/watch?v=QiM2N3JUX48

    masih upload yang kedua hehe

    BalasHapus
  17. terimakasih gan untuk videonya.

    BalasHapus
  18. gan saya nemu di inet yang jual Balancer Kopling Manual DWE untuk jupiter z. harga 450rb gan. ada 2 berat 500g dan 400g. menurut agan bagus yang mana yang berat atau yang ringan. teman saya juga punya jupiter z pake kopling manual. tanpa pake balancer, dengan mengelas apa di baud saya kurangtau. baru 1 bulan suara mesin jadi seperti ada yang rusak. saya cari di inet. ternyata pemasangan balancer dengan cara di las dan di baud sentrifugalnya kalo ga se imbang bisa mengebabkan kerusakan. dapat dari inet penjelasannya itu juga gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misi om... mw tanya klo seandai nya ngk pke balancer tp menggunakan bagian tengah pada rumahan kampas ganda,itu kan jadi ringan... apa pengaruhnya di mesin om..?

      Hapus
  19. Saya juga mencari balancer yang lebih berat..minimal sama dengan ganda aslinya..sekitar 1,4kg atau 1400 gram..
    rencana mau buat sendiri..
    magnetnya emg apa udah bubut'an? kiri kanan harus sama atau kruk as melintir..

    minimal sih 1kg..kalau terpaksa ya ambil yang paling berat aja..
    gpp RPM lambat naik tapi puntiran kruk as imbang dan torsi lebih terkail..motor lebih lari bro

    BalasHapus
  20. terimakasi gan.

    BalasHapus
  21. gan bisa banru ga? saya beli blok x1. tapi bingung memasang komponennya yang banyak. tolong bantu gan

    BalasHapus
  22. @herdi yana
    yang bingung yang mana gan?
    ada videonya kok saya

    BalasHapus
  23. gan, kan saya tadi pas mau melepas blok. kick staternya lepas dari dudukannya. pas saya pasang engga balik lagi. di buka lagi pernya ga lepas. apa pemasangannya yang salah. dan satu lagi. oper giginya jadi agak susah gan. itu semua dalam keadaan oli belum di isi. mohon bantuannya, saya bingaung sendiri dari tadi dari jam 12 sampai sekarang

    BalasHapus
  24. Mohon bantuannya gan_rencana saya mau membuat kopling manual jupiter z saya,yang menjadi masalah berat balancer yang harus saya beli berapa gram,motor saya masih standart,mohon agan sudi memberikan pencerahan..Terima kasih..

    BalasHapus
  25. @anonim
    berat balancer harus sama beratnya dengan kampas ganda beserta mangkok dan sisinya

    timbang dulu lah bareng di tukang bubut biar tau pastinya..
    kalo beli yang 1kg lebih ga ada bro..
    susah..

    BalasHapus
  26. @herdi yana
    pernah saya bales tuh posting..tapi kok ga ada ya?

    kalo kick starter ga lepas ga mungkin ga balik?
    buat balik nya cuma kekuatan per aja..
    patah kah?

    apa sekarang sudah selesai motornya?

    BalasHapus
  27. gan..maaf mo ikutan nimbrung saya dah pake bak kopling SND kombinasi ma stud X1 TDR dan shift arm saya gak buka .sentripugalnya dilas tiga titik..alhasil bunyi tok tok tok gitu...knapa bisa bgtu ya..apa karena lasan di sentifugal tersebut mohon dijelaskakan infonya? terimakasih

    BalasHapus
  28. @rahmat kurnia
    kemungkinan gacenter habis di las kampas sentrifugalnya..
    trus mmang harus dilepas tuas yg di magnet itu.. kaau gaa dilepas kan diinjak presnelingnya tana narik stut kan bisa..
    mending lepas dlu aja

    BalasHapus
  29. Total ngopling gitu berapa gan ???

    BalasHapus
  30. maksud dari total ngopling? kalau dana nya untuk membeli perangkat kopling 300rb kok.. tambah paking, sil, dan jasa kira2 cuma 400rb aja
    tergantung merk sama jasa orangnya..

    kalau las kopling ganda murah, tp bnyak gangguannya.. kalau bikin balancer habis 500rb sendri..

    BalasHapus
  31. minimal balancer sama bobotnya dengan standar biar nafas dan torsi tetap ngisi..
    kalau lebih ringan hanya tarikan di gigi 1 dan 2 aja yg jalan.. gigi 3 dan 4 datar dan g jalan,,
    aplagi kalau cuma gearnya nya yg di pake.. tmbh ga lari tuh motor..

    BalasHapus
  32. Ane masih bingung dengan part yang diambil di bak magnet. Itu fungsinya apa yah gan? Soalnya waktu jupiter ane dibuat kopling manual, bak magnet ga disentuh sama sekali. Boleh kasih tau ga perbedaannya apa antara part di bag magnet dilepas dan ngga :)

    BalasHapus
  33. @Ilham Muhammad
    yg di bak magnet fungsi nya biar sewaktu pedal presneling kita tekan, motor jd ngopling.. hehe
    kalau dilepas otomatis presneling enteng banget buat pindah gigi..
    kalau ga dilepas, tanpa kopling tangan pun kita masih bisa ngopling dari kaki.. alias primer hehe

    BalasHapus
  34. Misi gan mau nanya nanya nih,

    BalasHapus
  35. Mau nanya nih gan,
    Motor saya new jupiter z,
    Sya pngen pasang kopling ,
    Tp saya takut masang kopling motor saya jd rusak,
    Bsa gk kasih masukan gan?
    Makasihh

    BalasHapus
  36. beli paketan aja TDR yang versi 2..
    yg bareng sama rumah kopling hehe

    ngapain takut rusak? ga usah takut hehe
    yang dirusak hanya kopling ganda aja

    BalasHapus
  37. Waduhhhh nongol sana sini.....mas kelanjutan kmarin tu gmna ya.....kalo bikin kopling primer'an pada smash yng g pake hendel atopun ngrubah blok dengan cara fungsiin porsneling ja tu brati tinggal las otomatisnya aja pa ada yang dicopot lagi...apa cuma itu aja lngsung dah jadi tapi fungsi hendel di ganti dngan porsneling......tlng konfirmasinya ya.......makasih banyak

    BalasHapus
  38. iya tinggal las titik ganda nya aja hehe

    BalasHapus
  39. iya tinggal las titik ganda nya aja hehe

    BalasHapus
  40. iya tinggal las titik ganda nya aja hehe

    BalasHapus
  41. kopling ku bunyi kemerosok mas, knapa yaa??

    BalasHapus
  42. bongkar bro hehe
    cek laher bambunya tutup kopling aus nggk? beli kmrn 25rb/set hehe

    BalasHapus
  43. leher bambu yang mana mas, kalo kondisi bak kopling nya sih masih bangus bangt, skrng aku pake stut TDR, karna yang aslinya udah bengkok waktu di buka,

    kalo teknik pemasangan balancer nya itu gimana mas, ??

    saya pake balancer buatan dari rumah kampas ganda di las, isinya uudah gak ada, tinggal besi2 pentingnya saja, apa perlu saya beli balancer khusus.

    BalasHapus
  44. laher bambu yg ada ring nya bro.. di stut kecil yg di tutup kopling hehe

    balancer pakai rumah ganda beserta kampas nya komplit di las bro.. jgn dikurangi..
    malah saya pgin ditmbh berat nya biar torsi mantap hehe

    kalau balancer khusus sih dari besi kepingan dibubut trus dimasukkan ke dalam rumah koplingnya hehe

    BalasHapus
  45. laher bambu yg ada ring nya bro.. di stut kecil yg di tutup kopling hehe

    balancer pakai rumah ganda beserta kampas nya komplit di las bro.. jgn dikurangi..
    malah saya pgin ditmbh berat nya biar torsi mantap hehe

    kalau balancer khusus sih dari besi kepingan dibubut trus dimasukkan ke dalam rumah koplingnya hehe

    BalasHapus
  46. saya mau masang yang 500 gram aja mas, tapi kata orang bengkel, balancer yang khusus itu kadang gear nya tidak terlalu pas, jadi ada bunyi2 jugak, jadi saya ragu2 juga mau beli.

    sebenernya ringan 500 gram itu udah bgus kok, tinggal main rasio aja.

    BalasHapus
  47. saya pngin malah 1400 gram bro.. hehe
    kalau beli jd kadang emg ga center dan kualitas gear nya cepat aus..

    kalau balancer diperingan, rasio harus diperingan jg..
    bobot motor harus ringan jg..

    rpm cepat naik tp cepat habis..
    ga cocok buat harian hehe

    BalasHapus
  48. saya pngin malah 1400 gram bro.. hehe
    kalau beli jd kadang emg ga center dan kualitas gear nya cepat aus..

    kalau balancer diperingan, rasio harus diperingan jg..
    bobot motor harus ringan jg..

    rpm cepat naik tp cepat habis..
    ga cocok buat harian hehe

    BalasHapus
  49. tinggal buat di tukang bubut aja mas,

    jadi penyebab bunyinya ini apa mas, kayak nya ini di bagian balancer nya deh, suaranya ngeri mas, kayak ada bor yang mutar di dalam,

    BalasHapus
  50. udah dibilang cek aja laher tutup kopling nya..
    hehe
    bongkar dah bro biar langsung ketahuan..

    BalasHapus
  51. gan..permisi..numpang lewat sekalian tanya..kalau motor di primer kan mesti di wafatkan dulu tu ganda,kalau selain di las ada cara lain kagak.?

    BalasHapus
  52. ada beberapa cara bro..
    1. las kopling ganda (resiko ga balance kalau ga ada as kruk wkt dilas)
    2. lepas per ganda (resiko mangkuk aus dan krg performa nya)
    3. ganjal ring antara kampas dan mangkuk (ga tahan lma dan harus mengencangkan mur berulang ulang)
    4. ganti pakai balancer (cara mahal bro)

    BalasHapus
  53. misi gan, motor saya jupiter z kalau masuk gigi 1 motor langsung jalan sendiri , padahal idle nya gak terlalu tingggi. dan kadang kadang juga langsung mati bila di masukkan ke gigi 1. kira kira rusak apanya ya ? trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopling manual bro? kurang narik, setelan terlalu pendek
      kopling otomatis, brarti per kampas setrifugal/ganda aus

      Hapus
  54. bos punya ane kok ada suara dok dok dok knapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena las ganda ga center..
      biar center ya ngelas ganda nya harus dipasang d as kruk nya

      Hapus
  55. gan shift arm gue patah trus guecari di bengkel sama deler g ada,tolong solusinya donk,udah gue las tapi patah lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau gk mau harus beli bro..
      ga bkal kuat kalau di las..

      Hapus
  56. Broow...
    Kenapa ya setelah pasang kop manual mesin vega new aku ada suara dok dok..
    Kalo misal las Gandanya ga center, tapi Ganda nya aku pasang di motor temen ku kok gak bunyi ya..

    aku liat2 sih rumah kopling aku agak kocak..
    apa itu bisa menimbulkan suara kyk gt...

    terus 1 lagi, klo pasang laher bambunya sebelum laher bambu sebaiknya di kasih ring atau tidak.
    Soalnya punya aku sebelum dan sesudah laher bambu ada ringnya...

    dtnggu jawabanya brow..
    Thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. karet rumah kopling yg kocak bro..
      diganti aja d tkg bubut

      klaher bambu dikasih ring agar rata tekanannya, kalau ga rata ntar pecah..
      trus jg stut kalau terlalu jauh tmbh ring lg asal ga nabrak baut rumah kopling

      Hapus
  57. Gan z punya habis las ganda kok ada bunyi tok tok gitu kira2 apanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga center hasil las nya.. dilepas as kruk nya dilas sewaktu dipasang biar center..

      Hapus
  58. Gan saya numpang nanya dong. Motor saya crypton. Stelah saya tukar guling dngan motor jupiter z kopling manual, motor sya jadi banyak gangguan.
    1. Motor jadi ngaung bunyinya.
    2. Masukin giginya jadi susah banget. dari N ke 1 bisa, nah dari 1 ke 2 susah bgt, jadi harus digoyang2 dulu psnelingnya baru bisa masuk, begitu juga dari 2 ke 1.
    3. Kondisi kopling gandanya kan di las, tapi dalemannya ga di las, apakah ngefek?

    Tolong bantuannya suhu. Kalo punya pin saya minta buat konsultasi dong suhu. Nih pin saya.74490378 thanks ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga punya pin.. adanya FB : Novanda Sukiatmono Tanujaya
      sepertinya kesalahan pemasangan tuas presneling, rumah kopling udah minta ganti karetnya,
      ganda dilas balance nggk? ga mslh kok cm luarnya aja

      Hapus
  59. Kira kira kenapa ya,stut kopling saya patah mulu&kopling terasa berat saat ditarik.motor saya new jupiter.lalu cara mengatasinya bagaimana,agar awet&tidak terasa berat koplingnya.
    TERIMA KASIH..

    BalasHapus
    Balasan
    1. motor dibuat kopling manual apa standar an nih?
      kurang menangkap titik persoalan nih hehe

      Hapus
  60. monggo bro..
    selalu siap menjawab pertanyaan maupun lain2nya

    BalasHapus
  61. Salam kenal bro,itu kalo bak kop ny pake yg merk snd persis kayak bro pny,ap gk cepat meleleh las2an ny,soalny prnh dengar kata temen pake yg di las2 gitu bs meleleh?
    Trus kalo kita pasang gk full manual alias semi apakah suarany akan terdengar kasar jg?

    BalasHapus
  62. punya ku bukan SND bro,,
    las2an meleleh? nggk ada bro, mungkin tergerus aja..
    nggk bkin kasar kalau semi clucth

    BalasHapus
  63. Motor vega ane di bikin kopling manual di las ganda nya

    Pas di starter ada bunyi dok dok dok
    Pas kopling di tarik bunyi hilang ., di rpm tinggi bunyi hilang

    Apakah dari las yg ga center ?
    Apakah dari rumah kopling yg oblak ., soalnya di cek antara rumah kopling sama gear belakang rumah kopling oblak .,

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karet damper rumah kopling mati dan las ga center

      Itu aja penyebab nya

      Hapus
  64. Misi suhu. Saya mau nanya. Motor saya crypton 97. Pertanyaan pertama. Knp d bagian kopling ada bunyi ngung2 gitu, klo d bw jln baru kluar bunyi tersebut. Tp klo posisi standar gk bunyi.
    Pertanyaan kedua. Klo pasang kopling manual, tanpa mengelas kampas ganda bisa gk ?? Klo kampas ganda gk d pasang boleh gak ??
    Pertanyaan ketiga. Brp perbandingan berat magnit dan rumah kopling ganda.
    Terima kasih

    BalasHapus
  65. 1. mungkin gir primer as kruk dan rumah kopling sudah aus.. jd timbul dengung.. bisa juga tensioner rantai timing
    2. nggk di las ya bisa saja. tp nggk dikopling saat masuk gigi motor nggk mati karena ganda masih aktif hehe
    istilahnya kopling banci
    kalau ganda dilepas nggk ada pengganti nya ya nggk terhubung as kruk ke kopling.
    3. berat kopling ganda 1 set 1200 gram
    magnet nggk nimbang
    sebaiknya tetap standar biar kenceng motor e.. lek dienteng'i malah lemes

    BalasHapus
  66. Motor smash sy kopling manual jg bro..
    Tp knp pas lepas kopling ada grdek'a dlu ya??
    Trus di kopling stengah jg ndut-ndutan??

    BalasHapus
  67. bak kopling pakai apa?
    semisal bkin sendiri ada kira2nya nggk pas antara tuas dan stut kopling..
    tentunya bikin seret/berat dan ndut2an..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy pake bak kopling Snd bro..
      Ada kemungkinan gak dr stut penekan kopling yg kepanjangan atau kpendekan??

      Hapus
    2. Trus kalo mtor dah panas kopling di lepas ada gredeknya dlu, itu kira" knp ya bro??

      Hapus
  68. Saya mau tanya, (tapi diluar topik diatas)
    Kalo tromol new mx bisa ga di pasang di jupi burhan?

    BalasHapus
  69. @Nanunk
    bisa.. beli jari2 nya MX juga ya..
    tromol lengkap dengan isi2nya

    @riko
    bisa jadi rumah kopling nya sudah aus..
    kan ada per di dlm rmh kopling yg fungsi sebagai peredam hentakan..
    bisa jadi sudah lemes dan rmh kopling jd kocak

    BalasHapus
  70. Gan misi mau nanya.Motor saya jupiter z new 115,terus mau saya buat kopling manual pake satu set sys,terus yang dilas atau diubah ntu apa aja biar ga kaya kopling banci + kalo bisa ga akan ada masalah?

    Terus beli balancer baru tu bwt apa ya? Selain beli balancer ada cara lain.

    Mohon bantu saya @novanda sblm menyesal di kemudian hari.hehehehe

    BalasHapus
  71. 1. yang di las mangkok kopling depan beserta isinya lengkap. biar center pecah mesin sekalian. inti nya butuh as kruk, porosnya biar center sat ngelas. biar ga 'deg deg deg' suara nya
    2. masalah nggk bakal ada selama proses benar, aku ga ada masalah kok
    3. balancer itu kalau nggk mau ngelas kopling ganda, tp mahal lo hihi
    4. biar tdk berat jangan pakai per kopling yg terlalu keras. per standar'an aja comot dari motor yg sesuai

    BalasHapus
  72. Gan kenapa ya crypton saya setelah pake kopling manual kalau mesin nyala susah oper gigi

    BalasHapus
  73. setelan kopling nya ga bener tuh
    jangan lupa part yg di kiri berupa pelor 3 dan seperangkatnya dilepas

    BalasHapus
  74. Oh iya bro klo .ganti bag koplin apa harus ganti ISI dalam nya juga

    BalasHapus
  75. seperti posting ini aja.
    cuma salin doang tanpa ganti isi dari kopling

    BalasHapus
  76. Mas untuk gmbar no.4 itu as panjang yg di dlm rumah kopling namanya as apa ya.punya sya hilang.mau di standarin lg soalnya.lngsung msuk gigi gk bs ngopling

    BalasHapus
  77. bro, besi yg panjang itu apa nama nya ? yg ada di tengah" rumah kopling, punya motor ku kan di copot, nah itu nya hilang, mau cari lagi di bengkel" gag ada susah, edisi mau di standarin lagi

    BalasHapus
  78. pushrod
    beli di tukang jagal motor atau inden di yamaha

    BalasHapus
  79. Boss ane mw tanya ni,sya kan habis ganti bak kopling std ke bak kopling manual merek yamaha ke bengkel ,bak kopling manual nya kan uda di pasang kan ke bengkel trus sya hidupkan msinya trus bak kopling manual nya mengeluarkan suara kasar kya suara stang seher kna knpa ya boss motor sy vega r new

    BalasHapus
  80. kalau mau injek nya nggk dalam ya dipotong aja tuas pemindah nya yg di kalter kanan. dipendekkan.

    BalasHapus
  81. suara kasar apa ganda dilas?
    kalau iya ya ga center itu

    BalasHapus
  82. Mas. Saya mau nanya. Motor saya vega r new. Saya pakai kopling manual tdr, per di ganti yg agak besaran,rumah ganda di las. Ada bunyi kletek ketik baru jalan, tapi klau udah jalan gak bunyi lagi. Dan kalau ganti gigi juga susah dari n ke 1, dan yang di blok magnet belum di bongkar. kalau yg masang kopling nya bukan saya tapi orang bengkel. Mohon bantuan nya

    BalasHapus
  83. dari gigi N ke 1 agak dilepas dikit kopling nya..
    memang ga bisa masuk kalau terlalu bebas, karena tipe transmisi nya constant mesh. harus berputar dulu
    untuk di sisi magnet itu cuma semacam setelan kopling bwt kopling yg di kaki..

    bunyi2 bs jadi karet rumah kopling aus

    BalasHapus
  84. waktu tekan kopling baru bunyi tek, waktu jalan juga bunyi jika tekan kopling. kalau karet kopling baru diganti

    BalasHapus
  85. Kenapa ya pedal gigi vega ku seperti longgar. Ada gerak bebas nya, kalau ganti gigi sih bisa tapi harus agak kebawah

    BalasHapus
  86. setelan kopling nya ga pas atau kampas sudah aus

    BalasHapus
  87. Gan balancer nya itu harus seimbang dengan apa yah ane kurang paham peda ane vega r new ...

    BalasHapus
  88. itu kan berbentuk lingkaran, plg tidak seimbang las"an nya..
    3 titik masing" terpisah sekitar 120 derajat.

    BalasHapus
  89. Numpang nanya suhu kopling ngaung sama bunyi thok thok thok itu apanya ya tolong minta pencerahanya

    BalasHapus
  90. ganda nya km las ga center ya?
    pasti memasukkannya dipaksa ke as kruk
    dibongkar lg dan dilas yg center.

    ciri center keluar masuknya ganda ke porosnya gampang. pake tangan kosong aja enak
    saran ya bongkar as kruk, ganda dipasang di poros, dikunci pake las sedikit
    trus dilepas dan dilas paten

    BalasHapus
  91. Selamat siang mau tanya ni..klu mau pasang kopling manual tanpa harus mengelas kampas gandanya di jupiter mx bisa gk bro??alias buat kopling banci aja.bisa gk?di bls y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bisa saja dong kalau sebatas kopling banci.. ganti bak kalter kopling manual dah beres

      Hapus
  92. Bg, mau nanya, vega r saya udah kopling manual, trus kalo di masukin gigi 1 pertama agak jalan pelan itu apanya bg ? Tolong di jawab bg makasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kampas nya kurang lepas saat handle ditarik.. coba setelannya dijauhkan lagi..

      Hapus
  93. Kalau udah siap pasang semua tapi gak bisa di tarik kopling nya dimana kendala nya tuh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti ada yang masih nyangkut.. harus teliti

      Hapus
  94. Bang klo shift arm stut g dilepas yg disi magnet apa pengaruhnya kira2..trims

    BalasHapus
  95. Bang, misi numpang tanya, kok stut kopling saya setelah per kopling di pasanga, jadi kenceng banget da ga gerak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin salah pasang?
      Atau tidak center stut nya untuk bak kopling modif sendiri

      Hapus
  96. Gan ane mau tanya klo urutan pasang as tiang bagaimna klo klaher bambunya kecil karena saya beli blok kopling x1 solusinya bagai mna apa yg perlu di ganti terima kasih

    BalasHapus
  97. Gan mau nanya ane beli bak kopling lengkap set sama jeroannya klo bering bambunya kecil bagai mana ya cara mengkantinya

    BalasHapus
  98. Permisi gan numpang tanya
    Motor Z1 ane di bikin kopling manual di las ganda nya

    Pas langsam ada bunyi dok dok dok
    Pas kopling di tarik bunyi hilang ., di rpm tinggi bunyi hilang

    Las balancer nya bisa saya bilang center , karena saya las di crankshaft dan keluar masuknya pun lancar
    Karet kopling saya ganti baru
    Apakah dari gigi primer dan sekunder yg aus ? ., soalnya memang untuk gigi primer dan sekunder saya belikan bekas copotan z1 dan sudah terdengar dengung seperti transmisi mobil balap (straight cut sequential).,
    Atau dari bushing kuningan yang ada di housing sekunder ?.,

    Mohon tanggapannya
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gigi nya aus ga dok dok dok, tapi dengung saja

      Kalau dok dok biasanya cuma dari karet damper nya mati atau las ga center aja sih

      Hapus
  99. Bang mau nanya itu di gambar nomor 4 di lepas semua apa ada yang harus di pasang

    BalasHapus
  100. Ass mas mau tanya kalau pasang kopling di Jupiter z apakah kampas ganda di lepas,,soalnya motor saya tidak ada tarikan gan mohon di balas🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya kopling ganda dimatikan agar putaran kruk as langsung kopel dengan rumah kopling plat.. bebas kampas dilas juga atau dibuang..

      Tidak ada tarikan bisa jadi mesin tidak sehat pembakaran nya

      Hapus