Sabtu, 27 Juni 2015

Detail 4 Speed F1ZR di Yamaha V80

Detail 4 Speed F1ZR di Yamaha V80 - Berikut beberapa penjelasan dan tambahan keterangan dalam part 4 speed bawaan motor Yamaha Force One, F1Z, F1ZR, Alfa, dsb., jika ingin dipasang di Yamaha bebek V80.
girboks 4 speed Yamaha F1ZR
1. Counter Shaft
Untuk dimensi counter shaft sama saja. Hanya susunan jumlah gigi yang berbeda.  Pada gigi 1 V80 gigi starter 26 mata, sedangkan fizr/alfa 28 mata. Untuk part ini tidak perlu ada ubahan.
counter shaft
F1ZR (kiri), V80 (kanan)
2. Main Shaft
Untuk dimensi main shaft juga bisa langsung tukar alias dipasang langsung di Yamaha V80. Jangan lupa untuk memasang ring di sebelah kanan gir (dilihat dari gambar di bawah). Untuk main shaft V80 (gambar di bawah bagian atas) sudah dipotong karena sebelumnya 3 speed dengan kopling manual.
main shaft
V80 sudah costum (atas), F1ZR (bawah)
3. Garpu
Tuas pemindah gir sebaiknya menggunakan bawaan F1ZR agar masuk di gir F1ZR. Diameter lubang ke pin masih sama sehingga bisa juga langsung dipasang. Hanya saja klip pengunci pin harus dilepas. Di bagian luar crankcase harus diberi tahanan agar pin tidak keluar dari mesin. Atau kalau tidak dengan cara itu, pin masih bisa dipakai namun harus mengurangi sedikit daging garpu dengan gerinda.
Garpu persneling
4. Botol presneling
Untuk botol pengatur presneling memiliki bentuk mirip. Berbeda di bagian dudukan crankcase antara V80 dan F1ZR. Untuk hal ini saya mengambil langkah modif botolan agar menyerupai V80, sehingga bisa PNP ke V80 manapun. Cara lain adalah mengubah crankcase (dudukan botolan) dengan las aluminium.
botol presneling standar
V80 (atas), F1ZR (bawah)
botol presneling F1ZR costum for V80
5. Gir Kickstarter
Untuk gir kickstarter membutuhkan milik F1ZR. Jumlah mata gir di counter shaft berbeda. Yamaha V80 berjumlah 26 mata dan FIZR 28 mata, sehingga harus ganti gir kickstarter F1ZR agar masuk ke girboks 4 speed.

6. Stopper
Untuk stopper menggunakan standar V80 namun dipotong dan dikurangi panjangnya. Setelah itu disambung kembali menggunakan las. Sebaiknya penyambungan dibuat lurus seperti bawaan dan dicoba harus tepat menahan botol presneling di tiap gir. Kalau tidak tepat, maka tidak akan bisa netral, atau masuk gigi dengan lancar.
stopper V80 harus costum di 4 speed
stopper V80 4 speed
7. As Presneling
Untuk as presneling bawaan V80 standar alias tidak ada ubahan.
as presneling V80
NB: Untuk ubahan 4 speed V80 memerlukan rumah kopling F1ZR assy dan wajib modif kopling manual tangan. Kecuali jika kalian mengoplos 2 rasio jadi 1 (bagian persneling dalam fiz as luar V80) maka dapat menggunakan kopling standar.

26 komentar:

  1. Balasan
    1. Tergantung bahan.. dulu saya ga habis 300 rb untuk gearbox 4 speed

      Hapus
    2. Ini bengkel mana ya mas yg bisa

      Hapus
    3. Kalau saya bisa, di tempat agan kurang tau nih

      Hapus
  2. Balasan
    1. Saya ubah sendiri dengan bantuan tukang bubut

      Hapus
  3. Kalo pesen berapa mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah maaf ga ada bahan, saya nya ga di Jember.. rantau nih

      Hapus
  4. Mas kalau pengapian v80 pasang div75 tinggal pasang atau perlu ada gubahan...?Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. V75 masih platina.. harus 1 set kalau mau CDI

      Hapus
  5. Mas, biasa modif rasio ya?
    apa bisa bantu ubah botolan rasio thunde, mau pakai rasio satria fu?

    BalasHapus
  6. Mas kalau rasio F1 bekas pasang v75 pasang div80 pnp g...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Crankcase V75 dengan V80 beda.. ga bisa bertukar

      Hapus
  7. Om saya kan lagi nyoba nihh di bagian udang capit nya di papas bagian mana nya om soalnya saya coba pertama normal skrng jadi susah di oper ke netral ataupun ke gigi selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagian yg nyentuh crankcase kiri yg digerinda

      Wah PR tuh kalau ga normal gitu, posisi bintang botolan yg pin kecil" sudah pas/belum?

      Hapus
  8. Om kalo v80 4 speed tanpa kopling manual,
    Langkah"nya apa aja yg di rubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rugi banyak ga sekalian manual 🙈

      As rasio dikanibal sama yg lama, kawin silang.. malah ga karuan kalau kang bubut nya ga lengkap..

      Hapus
  9. Mas.rengkes kanan yamaha alfa 1992 .mau di tuker sma rengkes kanan f1zr..
    PNP kan mass? Suwun

    BalasHapus
  10. kalo v75 kira2 biaya habis berapa ya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini untuk V80.. kalau V75 crankcase beda banget
      Ubahannya ga karuan nanti

      Hapus
  11. Untuk as gear depan yamaha v80 dan F1zr/force1/alfa itu apakah sama? Atau beda ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara keseluruhan mirip, namun tidak dapat bertukar.. karena V80 3 speed model pelor, sedangkan fizr 4 speed model geser

      Hapus
  12. kalo yamaha v80 gigi primernya pnp dengan motor apa saja ya mas? maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alfa sigma fizr masih sama gigi nya, beda tengah nya

      Hapus