Sabtu, 20 Juni 2015

Memberi Boring/Liner Blok Jupiter MX/Vixion

Memberi Boring/Liner Blok Jupiter MX/Vixion - Blok bawaan Yamaha Jupiter MX dan Vixion merupakan tipe diasil yang berarti tidak menggunakan liner besi (memakai cast aluminium). Untuk silinder diasil tersebut haruslah dikawinkan dengan pasangannya, yaitu forged piston (piston paduan besi ditempa). Kombinasi bahannya haruslah berlawanan, entah liner besi dan piston aluminium atau juga liner aluminium dan piston besi. Apabila kombinasi tersebut tidak terpenuhi, keausan segera terjadi meskipun kondisi part lain masih oke.
blok Jupiter MX + liner besi
Pertanyaan yang timbul adalah saat mengalami keausan pada silinder diasil apakah dapat diberi liner seperti blok konvensional? Tentu jawabnya adalah bisa. Caranya tinggal membuat liner/boring buatan sendiri dan melakukan overboss pada blok yang telah aus. Pilihan piston sudah tidak boleh lagi forged piston, melainkan piston konvensional seperti merk NPP. Untuk ukuran diameter piston bebas alias menyesuaikan keinginan. Misal Jupiter MX ingin piston Vixion juga bisa. Tergantung liner/boring yang dibuat. Ketahanan tergantung pada material boring, perawatan, kualitas pengerjaan, dan cara pemakaian kendaraan. Berikut foto blok Jupiter MX diboring diesel dan piston Vixion NPP setelah pemakaian beberapa bulan.
liner besi wajib piston aluminium
piston aluminium NPP
liner besi di blok Jupiter MX
bagian atas piston setelah pemakaian
bagian bawah piston setelah pemakaian

5 komentar:

  1. Piston besi? Piston jaman kapan tuh, hehehe. Semua piston terbuat dari aluminium. Perbedaaannya adalah piston biasa itu type casting atau dicor biasa cara buatnya. Yg lbh mahal adalah piston forged atau tempa. Utk yamaha vixion, mx, mx king, R15, dll piston orinya pakai forged (cara bacanya forj ya, jangan forget, hehehe). Piston alternatif pakai FIM Izumi berbahan casting, harga dibawah 200rb. Piston NPP harganya 200rb lebihh, ini piston forged, sama persis dg ori nya. Fyi.... NPP adalah pabrik pembuat piston, selain FIM Izumi. Yamaha indonesia pesen ke NPP utk piston orinya, jadi sama aja kan. Giiittcuuuu loooh bang :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dicoba piston vixion/mx ori dilukai terus dibasahi air.. sekian hari berkarat kuning.. lain dengan piston non ori, tetap putih seperti piston casting pada umumnya

      Piston forging merk racing itu non besi juga, bisa dicoba bro makanya diasil wajib sepaket piston ori.. kalau ga cepat aus..

      NPP aluminium full makanya cocok untuk yg sudah boring besi
      Yamaha pakai FIM dan beda dengan FIM yang dijual

      Hapus
  2. Apakah jupiter mx bagus bila di kasih boring besi gan. Soalnya mx saya udah ngebul. Biar kedepannya ga usah ganti blok seher. Biar bisa d kolter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa asal presisi.. kalau tidak malah jadi penyakit

      Hapus
  3. Saya juntuk ga kurang tau masalah kenapa blok diasil menggunakan piston forged atau tempa, kalau menurut saya piston tempa atau forged cenderung lebih tipis dan ringan di banding piston Casting, kegunaannya adalah meminimum gesekan piston terhadap cylinder, tapi forged piston lebih kuat di banding casting piston karena strukturnya lebih padat, kemungkinan forged piston bisa saja di gunakan di liner baja, tapi clearance antara piston dan cylinder harus lebih ketat, kalau untuk blok diasil dan forged piston clearance harus lebih longgar

    BalasHapus