Minggu, 19 Juli 2015

Volume Oli Shock Depan Suzuki

Volume Oli Shock Depan Suzuki - Untuk volume oli shock depan standar milik Suzuki bermacam - macam. Kita perlu tahu acuan standar nya agar redaman suspensi dapat sesuai dengan kehendak kita. Berikut merupakan tabel yang tertera di botol oli shock depan Suzuki.
jumlah oli shock depan Suzuki

Volume Oli Shock Depan Yamaha

Volume Oli Shock Depan Yamaha - Agar suspensi depan nyaman dipakai, kita harus setting takaran oli. Takaran oli yang pas tentu tidak sama di setiap motor. Untuk beberapa varian motor Yamaha, terdapat standar volume oli shock depan nya. Berikut merupakan data volume oli sok depan yang direkomendasikan Yamaha melalui tabel di botol Yamalube Front Fork Oil.
volume oli shock depan Yamaha

Maksimal Kemiringan Saat Menikung Ala MotoGP

Maksimal Kemiringan Saat Menikung Ala MotoGP - Berikut merupakan perbandingan sudut kemiringan motor saat menikung. Sudut yang terbentuk dihitung berdasarkan sumbu normal dengan sumbu roda depan motor. Langsung saja disimak gambar di bawah ini.
perbandingan kerebahan motor saat berbelok
Jadi terlihat bahwa maksimum kemiringan motor sebesar 64º diraih oleh MotoGP. Namun sangat jarang motor dibawa berbelok hingga sedemikian rebah. Untuk motor bebek maupun matic yang beredar di Indonesia masih mengarah pada kelas Scooter maupun Street Bike yaitu 0 - 50º saja.

Minggu, 12 Juli 2015

Macam Bentuk Celah Ring Piston

Macam Bentuk Celah Ring Piston - Sebagai pengetahuan, ternyata bentuk dari celah ring piston tidak selalu kotak (spur cut). Desain dari celah ring piston ini pasti memiliki maksud dan tujuan masing-masing. Berikut macam bentuk celah ring piston.
macam bentuk celah ring piston
Spur cut sering kita jumpai pada ring piston di silinder blok, split cut dapat ditemui pada ring pipa suling suspensi teleskopik.

Jumat, 10 Juli 2015

Modifikasi Bearing Kanan Noken As GL/CB100

Modifikasi Bearing Kanan Noken As GL/CB100 - Untuk menambahkan laher noken as di sisi kanan milik motor GL100 atau CB100 sangatlah mudah. Tinggal kita lihat dudukan laher kanan di kop merupakan tipe kecil atau besar. Apabila tipe kecil, kita tinggal membeli laher noken as kanan Honda Grand (6902) dan menyesuaikan noken as CB100 kita di tukang bubut. Apabila tipe besar, kita tinggal membeli laher dengan kode 6002 dan menyesuaikan noken as GL100 kita di tukang bubut. Keduanya sama-sama tidak memodifikasi head. Jangan salah memodifikasi menggunakan laher noken as milik MegaPro atau Tiger, karena tipenya lebih besar.
noken as GL100 dengan laher kanan
noken as GL100 + bearing 6002
noken as CB100 + bearing 6902
beda noken as Gl100 dan MegaPro

Pemeriksaan Celah/Gap Ring Piston

Pemeriksaan Celah/Gap Ring Piston - Ring piston berfungsi untuk merapatkan celah antara piston dan lubang silinder blok. Ring piston bekerja menahan tekanan gas dan ledakan yang terjadi pada saat langkah usaha, sehingga tidak bocor ke ruang di bawah piston. Kerja ring piston tidaklah ringan, sebab ring piston harus menahan panas yang sangat tinggi dari panas pembakaran. Pemuaian berlebihan dapat mengakibatkan piston terkunci. Untuk itulah kualitas bahan dari ring piston sudah dipilih sedemikian rupa sehingga memiliki kemampuan menahan panas yang tinggi dan juga mampu menahan tekanan hasil pembakaran.
pemeriksaan celah ring piston
Selain itu ring piston yang berguna untuk merapatkan piston dan lubang silinder yang mengakibatkan juga terjadinya gesekan antara ring piston dan lubang silinder. Memang terdapat pelumasan antara ring piston dengan lubang silinder. Tapi lama kelamaan ring piston juga terkikis sedikit demi sedikit yang lama kelamaan keausan ini akan semakin besar. Keausan ring piston yang berlebihan membuat ring piston tidak mampu melakukan kerjanya untuk menahan tekanan pembakaran, dan juga merapatkan celah antara piston dan lubang silinder. Ring piston yang sudah aus harus diganti, sebab mesin akan sulit dihidupkan. Dan untuk mengetahui keausan ring piston ini, maka dilakukanlah pemeriksaan gap ring piston (celah kedua ujung dari ring piston). Langkah pemeriksaan gap ring piston adalah:
  1. Masukkan ring piston ke dalam lubang silinder di silinder blok.
  2. Ukur celah antara kedua ujung ring piston dengan menggunakan fuller gauge.
  3. Bandingkan hasil pengukuran dengan batas penggantian ring piston. Batas penggantian biasanya sebesar 0.25 mm. Jika hasil pengukuran melebihi batas tersebut, sebaiknya ring piston diganti.
Ring piston yang sudah aus pada sisi luarnya, akan membuat celah ring piston (gap ring piston) semakin besar saat masuk ke dalam lubang silinder. Inilah kenapa gap ring piston yang jadi pedoman dalam pengukuran untuk mengetahui keausan ring piston. Sebelum mengganti ring piston, sebaiknya lakukan juga pemeriksaan terhadap piston dan lubang silinder. Jika keausan piston dan lubang silinder juga sudah parah, maka harus dikorter. Artinya piston dan ring piston diganti dengan ukuran yang lebih besar, dan lubang silinder diperbesar. Perbaikan ini dilakukan di bengkel korter yang sudah berpengalaman dalam hal korter.

Diameter Luar Liner/Boring Honda GL100 dan CB100

Diameter Luar Liner/Boring Honda GL100 - Diameter luar liner/boring berfungsi sebagai acuan batasan bore up. Untuk diameter luar liner/boring dari Honda GL100 maupun CB100 sebesar 58.9 mm. Jadi setidaknya untuk harian maksimal dipaksa piston 55 mm masih aman. Kalau keperluan race yang sesaat bisa sampai 56.5 mm. Ingin bore up lebih dari itu ya ganti liner nya. Wong diameter crankcase masih lebar.
diameter luar liner GL/CB100

Diameter Crankcase Honda GL100

Diameter Crankcase Honda GL100 - Saya mengukur diameter dari lubang crankcase tempat dimana blok piston masuk. Diameter yang terukur sebesar 70.9 mm. Namun belum diketahui ini kondisi standar atau tidak karena saya tidak mengecek dengan pasti kondisi crankcase waktu itu.
diameter crankcase Honda GL100

Desain Noken As Terhadap Performa

Desain Noken As Terhadap Performa - Noken as pada motor 4 tak adalah kunci dari karakter mesin tersebut. Performa, torsi, konsumsi bahan bakar, dll berubah drastis apabila kita memainkan desain dari sebuah noken as tersebut. Perlu diingat bahwa noken as memiliki 4 poin utama, yaitu lift, durasi, overlap, dan LSA. Pelajari lagi durasi dan lift di artikel sebelumnya. Untuk teknik modifikasi noken as silahkan lihat di sini.
diagram noken as ala Comp Cams
Oke langsung saja. Silahkan dilihat gambar di bawah ini. Cermati diagram noken as dan juga efek yang dihasilkan di keterangan gambar.
efek dari desain noken as terhadap performa

Pengaruh Titik Overlap Kem Terhadap Powerband Motor

Pengaruh Titik Overlap Kem Terhadap Powerband Motor - Titik overlap merupakan saat dimana lift klep in dan ex adalah sama. Cara melihatnya adalah dengan mengira-ngira titik lift overlap in dan ex bertemu. Mudahnya saat overlap adalah saat seperti gambar di bawah. Apabila kita melihat letak titik overlap tersebut, maka kita dapat menyimpulkan sesuatu. Kesimpulan dari letak titik overlap tersebut bisa tepat di TMA, Advance, ataupun Retard. Masing-masing kriteria tersebut mempengaruhi powerband dari motor.
titik overlap
Letak titik overlap yang advance mengartikan bahwa powerband keluar lebih cepat dan juga berakhir lebih cepat. Cocok untuk motor yang bermain di rpm rendah dan trek pendek. Sedangkan letak titik overlap yang retard mengartikan bahwa powerband di rpm tinggi. Nafas motor terasa enak saat mesin sudah teriak rpm tinggi, namun tarikan rpm rendah kurang baik. Tentunya efek dari profil titik overlap kem hampir sama dengan kita mengubah posisi top timing. Dan juga hasil dari noken as juga dipengaruhi setting top nya.
retard vs advance
bila lift overlap ex lebih rendah dari in = advance
bila lift overlap ex lebih tinggi dari in = retard
Sebagai info tambahan, penulis sering menjumpai camshaft motor balap mayoritas titik overlap kem nya adalah advance. Kalau titik overlap yang retard dapat dijumpai di motor yang dipakai untuk jarak jauh alias butuh nafas panjang.

Kamis, 09 Juli 2015

Spesifikasi Honda Sonic 150

Honda Sonic 125
kakak dari Sonic 150
Mesin
Tipe mesin : 4-tak, DOHC, berpendingin air
Diameter x langkah : 57,3 x 57,8 mm
Kapasitas : 148,2 cc
Perbandingan kompresi : 11,3:1
Power maksimum : 15,4 dk/9.000 rpm
Torsi maksimum : 13,5 Nm/8.500 rpm

Dimensi
P x L x T : 1.941 x 659 x 977 mm
Sumbu roda : 1.275 mm
Tinggi jok : 754 mm
Ground clearance : 140 mm
Berat : 114,2 kg
Kapasitas tangki bensin : 4,3 liter

Kaki-kaki
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Cakram
Ban depan : 70/90 - 17"
Ban belakang : 80/90 - 17"

Selasa, 07 Juli 2015

Diameter Crankcase Suzuki Smash 110

Diameter Crankcase Suzuki Smash 110 - Diameter dari lubang crankcase yang menjadi tempat liner blok pada Suzuki Smash 110 adalah 62 mm. Untuk diameter liner sendiri sudah 60.6 mm standar nya. Jadi kalau bore up piston besar lebih aman perbesar crankcase juga.
mengukur diameter crankcase Smash 110