Banyak kalangan muda yang suka berkeliling mengendarai sepeda motornya. Ada yang menyukai kebut-kebutan, ada juga yang menyukai touring. Tetapi hanya sedikit saja yang mengetahui tentang mesin. Contohnya salah satu part terpenting adalah piston. Piston ini dapat aus dan terjadi baret pada dinding blok mesinnya.
Minggu, 01 Juli 2012
Sabtu, 30 Juni 2012
Perhatikan Tebal dari Roller Matik
Meski sekilas bentuknya bulat, dilapisi bagian luar seperti ban motor, tapi tidak semua roller rata. Ada juga bagian lapisan yang lebih tebal alias tidak rata pada semua sisi. Di bagian tebal itulah yang mesti diperhatikan dalam pemasangan roller. Tidak asal ditaruh saja saat pasang. Karena perbedaan bentuk itu, tentu ada maksud dan punya fungsi.
Kalau sarung tebal dipakai untuk hindari dingin, bagian roller yang tebal itu berfungsi untuk memberi antisipasi gesekan pada dinding rumah roller. Kalau salah pasang, bisa aja bikin roller malah jadi cepat habis. Sementara sisi dinding lainnya masih tebal.
Jumat, 29 Juni 2012
Tips Motor Matik Lebih Kencang dan Irit
Motor matik saat ini sedang digandrungi masyarakat. Jalanan yang makin macet membuat para rider beralih dari motor bertransmisi manual, seperti motor bebek dan sport, ke transmisi otomatis.
Sayangnya mesin matik masih menuai sejumlah kelemahan, seperti borosnya bahan bakar dan tenaga yang tak cukup besar, sehingga sulit diajak berlari kencang.
Nah, dengan sejumlah rekayasa, ternyata motor matik bisa kencang dan irit bahan bakar. Berkut tipsnya:
Rabu, 27 Juni 2012
Jangan Asal Membuat Oil-Cooler
Banyak yang salah kaprah pasang oil-cooler. Maksudnya memaksimalkan pendingingan dan pelumasan mesin, justru salah besar. Jalur oli yang dipotong masuk menuju pendingin oli malah dibikin bercabang. Akibatnya aliran pelumas menuju tubuh mesin malah tidak maksimal.
Kebanyakan yang pasang oil-coolerjalurnya dibikin paralel. Ini salah besar.
Maksud Tole, diparalel itu aliran pelumas dari pompa dibagi dua. Satu menuju kepala silider dan satu lagi ke oil-cooler dan diteruskan ke bak karter. Nah, dengan begini aliran oli menuju mesin tidak banyak. Pelumasan tidak maksimal dan bikin mesin cepat aus.
Cek Kualitas Oli
Pemilik motor 4-tak, kalau mau ganti oli rata-rata berpatokan pada hitungan bulan atau petunjuk di kilometer. Lantas gimana dan kapan waktu ganti oli mesin motor yang jarang sekali dipakai?
Tenang, Bro. Selama volume oli di dalam bak mesin tetap dalam kondisi baik atau tidak kadaluarsa dan terkontaminasi, masih layak digunakan. Dan untuk mengetahui kelayakannya, sejatinya dapat dilakukan dengan beberapa langkah pengecekan.
Maksud Kode DOT pada Minyak Rem
Kode DOT 3, 4 dan 5 pada minyak rem punya maksud untuk menerangkan perbedaan titik didih atau boiling point. Sedangkan DOT kepanjangan dari Department Of Transportation. Misalnya DOT 3, minimal titik didihnya 205C dan DOT 4, 230 C. DOT 5 lebih tinggi dari keduanya, bahan bakunya dari silikon yang sulit bercampur dengan air.
Makanya, minyak rem di atas DOT 3 lebih sering dipakai buat kendaraan kecepatan tinggi dan berkapasitas besar. Namun, warna di tiap kemasan, ternyata tidak berhubungan langsung dengan kualitas.
Senin, 25 Juni 2012
Memeriksa Kondisi Shockbreaker
Shock Breker berfungsi untuk meredam kejutan pada saat sepeda motor diperlambat atau ban sepeda motor mengalami benturan keras karena jalan dipermukaan tidak rata, sehingga membuat Anda terjungkal pada saat Anda mengendarainya. Apabila sock breker tidak berfungsi, Anda tidak akan merasa nyaman saat mengendarainya atau mungkin dapat menyebabkan kerusakan pada kompenen yang lainnya.
Untuk menentukan apakah sock breker bekerja dengan baik atau tidak bukanlah hal yang sulit. Biasanya sock sepeda motor yang sock brekernya sudah rusak menjadi tidak enak dikendarai. Kerusakan sock breker umumnya disebabkan oleh kebocoran oli. Hal ini bisa dilihat pada tabung sock brekernya. Jika tabung sock breker selalu basah oleh rembesan oli maka hal itu sock breker bocor, sock breker harus diganti jika sudah tidak baik kerjanya.
Rabu, 20 Juni 2012
Korek Mesin Road Race VS Drag Bike, Bedakan Posisi Seher
Road race dan drag bike dua balap motor yang berbeda konsep. Road race tidak hanya butuh mesin yang kencang, tapi harus tahan. Sedangkan drag bike sekencang-kencangnya karena hanya geber 201 meter. Soal ketahanan nomer dua.
Itu yang membuat peta korekan terhadap mesin juga berbeda. Seperti ketika seting posisi pinggir seher terhadap bagian atas blok silinder. Di road race, pinggir seher dibuat lebih mendem.
Cara Mudah Ganti Bohlam Sein New Jupiter Z
Lampu sein sangat penting buat safety saat berkendara. Satu-satunya cara untuk memberitahu pengguna jalan lain ketika hendak belok atau berpindah jalur adalah dengan lampu sein.
Paling males kalau, lampu berkedip ini tiba-tiba putus. Harus buru-buru diganti, dan biasanya merepotkan karena harus membuka cover bodi. Tapi tidak dengan Yamaha New Jupiter Z.
Spesifikasi Yamaha Jupiter MX 135
MESIN
Tipe 4 Langkah, SOHC, 4 Klep (Berpendingin Cairan)
Volume Cylinder 135 cc
Diameter x Langkah 54 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi 10,9 : 1
Power Max 8,45kW (11,33HP) pada 8500 rpm
Torsi Max 11,65N.m (1,165 kgf.m) pada 5500 rpm
Sistem pelumasan Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin Penggantian Berkala 800cc
Penggantian Total 1000cc
Tipe 4 Langkah, SOHC, 4 Klep (Berpendingin Cairan)
Volume Cylinder 135 cc
Diameter x Langkah 54 x 58,7 mm
Perbandingan Kompresi 10,9 : 1
Power Max 8,45kW (11,33HP) pada 8500 rpm
Torsi Max 11,65N.m (1,165 kgf.m) pada 5500 rpm
Sistem pelumasan Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin Penggantian Berkala 800cc
Penggantian Total 1000cc
Tuker CDI MIO hati-hati beda kabel
Sudah banyak kasus fatal. CDI Mio dan New Mio saling tukar. Akibatnya CDI terbakar dan keluar asap tebal. Sebabnya, walau soket sama namun posisi kabel berbeda.
Tahunya, soket sama tapi posisi kabel berbeda. Itu juga terjadi di Yamaha Vega ZR danNew Jupiter-Z.
Paling gampang, coba perhatikan soket CDI (lihat gambar). Di Mio dan Jupiter-Z lama, terminal nomor 1 diisi kabel oranye yang menuju koil. Kalau di New Mio dan New Jupiter-Z diisi kabel merah yang menuju pulser.
Senin, 18 Juni 2012
Spesifikasi Yamaha V80SS
Yamaha V80 (Bagong) |
Type: 2 stroke, Monocylinder: 79cm3.
Bore & stroke: 47.0 x 45.6 mm.
Compression ratio: 6.8: 1.
Max power: 6.7 HP (7,000 rpm).
Max torque: 0.82 kgf. m (6,500 rpm).
Lubrication: Automatic (Autolube).
Carburetor: VM 15 SC.
Start up: kick.
Fuel tank capacity: 5.3L.
Oil tank capacity: 1.2L.
Transmission: 3 speed.
Langganan:
Postingan (Atom)