Menganjal per kopling merupakan cara lama yang diterapkan untuk menambah akselerasi motor. Tujuan dari cara tersebut agar per kopling lebih menekan kampas ke plat gesek nya. Alhasil, akselerasi akan semakin kuat seiring bertambahnya putaran mesin. Tetapi, jika kita menggunakan cara ini, maka kita harus mengorbankan kenyamanan perpindahan gigi. Perpindahan gigi ini akan terasa berat karena per semakin kuat menekan. Berikut cara untuk menganjal per kopling dengan ring:
1. Siapkan ring per yang sesuai dengan diameter per kopling.
Ring ini dapat dibeli seharga Rp. 250,- saja. Beli 4 buah atau menyesuaikan jumlah per yang ada di motormu.
Ring ini dapat dibeli seharga Rp. 250,- saja. Beli 4 buah atau menyesuaikan jumlah per yang ada di motormu.
3. Buka baut bak kopling dengan kunci T8 tetapi jangan dilepas dahulu
Jika langsung kita buka, oli akan keluar duluan karena kita belum mengeluarkan oli dari mesin (nge-tab).
Jika langsung kita buka, oli akan keluar duluan karena kita belum mengeluarkan oli dari mesin (nge-tab).
4. Siapkan wadah dibawah bak kopling
Wadah ini akan menjadi tempat oli yang akan kita keluarkan. Lepas baut kopling dan tarik perlahan, yang penting oli sudah bisa keluar.
5. Buka bak koplingnya.
Setelah oli sudah keluar semua baru kita tarik bak koplingnya. Saat membuka jangan kasar! Tangan kiri sambil menekan poros kickstarter dan tangan kanan menarik bak kopling. Jika kickstarter lepas kita nanti harus memasangnya kembali pada dudukannya dan ini menambah pekerjaan kita.
6. Buka 4 baut per nya.
Buka 4 baut pernya dengan kunci 8.
6. Pasang kembali semua dan coba lah!