Sabtu, 06 Oktober 2012

Menganibal Noken As Mobil

Noken as mobil dapat di-modifikasi dan di aplikasi kan ke sepeda motor. Caranya dengan memotong noken as mobil menjadi ubahan yang kita inginkan. Berikut data noken as yang biasa dipakai oleh tuner:

1. Noken as Genio, lebar pinggang 31mm dan tingginya 35mm.
  • Bisa dipakai untuk Mio, Jupiter, Shogun 110, Smash
  • 1 lonjor noken as bisa dijadikan 4 bagian (bebek)

Jumat, 05 Oktober 2012

Bikin Power Jet Bantu Putaran Atas

Jalur sudah ada tinggal, tinggal tembuskan saja
Maraknya balap trek lurus 500 meter, cenderung memaksa engine bermain di putaran tinggi. Sokongan bahan bakar, musti mumpuni. Berikut trik yang bisa diandalkan agar kucuran bahan bakar tetap sempurna. Yaitu, terapkan power jet di karburator.

Kalau di putaran bawah, belum jalan. Karena power jet akan bekerja seiring bukaan botol skep. Ketika skep terangkat tinggi, bahan bakar akan terisap kevakuman moncong karbu.

Korek Harian Honda Grand 110 cc

1. Piston Kaze Oversize Nol dengan diameter 53 mm.
Ubahan seperti Grand lainnya dengan menggunakan Piston Kaze. Volume silinder jika dihitung dengan rumus mampu mencapai angka 110cc. Dibuat dome setinggi 2mm agar piston menjadi jenong. Bagian dome nya perlu diatur lagi agar pas dengan ruang bakar dan klep nya.

2. Desain Katup dan Port nya.
Klep In dan Ex masih menggunakan katup standarnya dengan ukuran 23 mm dan 20 mm. Pada area diameter dalam sitting klep melebar luas melingkar 1mm pada kedua klep. Batang klep pada pangkal klep alias di bawah payung klep mengecil skitar 0,5mm dari diameter batang aslinya untuk kedua klep, kata orang yang pinter mesin sih bilangnya backcut valve. Area payung klep digerus membentuk tirus, jadi klep jingkrak. Bagian lubang inlet dicukur pisau tuner selebar 23mm dan bagian bawah klep atau boshing area dibuat menyerupai venturi karburator, hal ini menyebabkan keasyikan pada putaran atas. Maksudnya ngisi terus ampe gigi 4 puollll. Ga ngeden kaya da lama ga buang air besar. Area lubang outlet diperbesar menjadi 24mm dan dibuat licin agar sisa gas buang terlepas sempurna ke atmosfir.

3. Manifold Karbu Costum.
Saluran masuk dibuat 26mm dan saluran keluarnya menjadi 23mm dan langsung mengarah ke ruang bakar. Hal ini membuat kompresi efektif mesin makin membesar seiring semakin tingginya rpm.

4. Noken As
Noken as dibuat sesuai dengan karakter besar kecil lubang inlet dan outlet klep dengan lift 7mm pada kedua klep serta overlap 2mm untuk memperkuat putaran atas.

Korek Harian Yamaha Jupiter Z 115 cc

Yamaha Jupiter korek harian mirip road race.

1. Klep
Klep menggunakan standar Honda Grand 23mm untuk Klep In dan standar Mio 20mm untuk Klep Out. Panjang Klep nya sama hanya saja memperbesar bos klep nya sebesar 0.5mm. Sitting klep diperdalam 1mm dan didapat jarak ubahan antar klep menjadi 3.5mm. Hal ini bertujuan agar di dapat jarak renggang atau gap yang pas sewaktu noken as di bubut agar bila dibuat overlap, tidak terjadi tabrakan antar klep yang berakibat klep patah/piston bolong dan mbrembet.

2. Porting
Intake port nya di ubah sebesar 22mm dan port out nya 24mm.

3. Noken As
Noken as di grinding dan lift nya menjadi 7.5mm dan dikawal per klep shogun 125 dan ring serta penguncinya tak lupa ganjal 2mm. Pengganjalan ini akan menjaga harmonisasi ritme buka tutup klep sehingga klep tidak floating saat putaran tinggi.

4. Piston Jupiter-Z Oversize 100 dengan diameter 52mm.
Piston ini mampu membengkakkan kapasitas mesin menjadi 114cc. Piston di las untuk ditambah dagingnya agar menyesuaikan kubah ruang bakar yang baru. Rasio kompresi dinaikkan dan piston di coak mengikuti klep dan diperdalam lagi 1mm.

5. Jetting Ulang Pilot Jet dan Main Jet
6. Knalpot Freeflow

Kamis, 04 Oktober 2012

Korek Drag Yamaha Jupiter-Z 170cc

1. Piston Tiger Oversize Nol dengan Diameter 63.5 mm.
Ubahan ini harus menggeser baut tanam blok dan meng-kolter kan blok (lebih aman menggunakan blok Tigernya langsung). Ubahan ini membuat CC naik menjadi 171cc

2. Port.
Intake dapat diubah selebar 22mm karena disini motor akan dibuat main di RPM 10.000.

3. Klep
Klep menyesuaikan yaitu IN-25mm dan EX-23. Merek Klep diambil dari merek "S".

4. Noken As
Noken as standar di desain ulang dengan membawanya ke tukang bubut.

5. Dan lain sebagainya.
Seperti karburator direamer/dengan venturi lebih besar, rasio kompresi mesin, komponen pengapian, knalpot, dll.

Selasa, 02 Oktober 2012

Cara Menganjal Per Kopling dengan Ring

Menganjal per kopling merupakan cara lama yang diterapkan untuk menambah akselerasi motor. Tujuan dari cara tersebut agar per kopling lebih menekan kampas ke plat gesek nya. Alhasil, akselerasi akan semakin kuat seiring bertambahnya putaran mesin. Tetapi, jika kita menggunakan cara ini, maka kita harus mengorbankan kenyamanan perpindahan gigi. Perpindahan gigi ini akan terasa berat karena per semakin kuat menekan. Berikut cara untuk menganjal per kopling dengan ring:

1. Siapkan ring per yang sesuai dengan diameter per kopling.
Ring ini dapat dibeli seharga Rp. 250,- saja. Beli 4 buah atau menyesuaikan jumlah per yang ada di motormu.

2.Lepas kickstarter terlebih dahulu.
Lepas dengan menggunakan kunci 10.

3. Buka baut bak kopling dengan kunci T8 tetapi jangan dilepas dahulu
Jika langsung kita buka, oli akan keluar duluan karena kita belum mengeluarkan oli dari mesin (nge-tab).

4. Siapkan wadah dibawah bak kopling
Wadah ini akan menjadi tempat oli yang akan kita keluarkan. Lepas baut kopling dan tarik perlahan, yang penting oli sudah bisa keluar.

5. Buka bak koplingnya.
Setelah oli sudah keluar semua baru kita tarik bak koplingnya. Saat membuka jangan kasar! Tangan kiri sambil menekan poros kickstarter dan tangan kanan menarik bak kopling. Jika kickstarter lepas kita nanti harus memasangnya kembali pada dudukannya dan ini menambah pekerjaan kita.

6. Buka 4 baut per nya.
Buka 4 baut pernya dengan kunci 8.

5. Selipkan ring per diantara ring baut dengan per kopling.
Pasang ring di dekat kepala baut.

6. Pasang kembali semua dan coba lah!

Tips Memperpanjang Pemakaian Kampas Kopling yang Tipis

Kampas kopling memiliki batas ketebalan minimal agar putaran mesin mampu diteruskan dengan baik. Hal ini dapat dirasakan mulai dari tarikan berat, bahan bakar boros, dan gejala selip kopling. Sebaiknya ganti kampas kopling tersebut jika sudah melewati batas minimal standarnya.

Namun, bagi orang yang berkantong pas-pas an jangan berkecil hati. Ada cara untuk memperpanjang pemakaian kampas kopling yang sudah tipis (kelewat batas minimal nya), yaitu:

Rabu, 26 September 2012

Warna pada Elektroda Busi

Berikut adalah berbagai gambar busi dan beberapa masalah yang dapat diidentifikasi berdasarkan penampilan busi :

Images 1 & 2: Ini adalah campuran bensin yang terlalu miskin, ujung isolator adalah kelabu putih, tapi juga bisa menjadi kuning keabu-abuan.

Images 3 & 4: Seperti beludru, deposit karbon hitam kusam pada elektroda isolator, dan shell disebabkan oleh salah satu dari berikut: campuran yang salah, filter udara kotor, choke otomatis yang rusak, busi terlalu dingin , atau cara mengemudi stop & go yang extrem. Untuk memperbaikinya, setting ulang campuran udara dan bensin, mengganti filter udara atau menggunakan busi panas dan perbaiki cara mengemudi

Jenis, Kode, dan Problem Tentang Busi

Guide Busi Motor: JENIS, KODE HINGGA PROBLEMNYA
Bertugas membantu proses pembakaran, sesuai data timing pengapian yang dihasilkan dari putaran rotor magnet yang disampaikan pulser dan diolah oleh CDI, serta dibangkitkan oleh koil dan diteruskan ke busi. Api dan suhu busi harus dapat mencegah pembakaran dini dan suhu busi juga dituntut tinggi, untuk mencegah timbulnya endapan kerak. Dan untuk melayani kebutuhan mesin dan kenyamanan berkendara, beberapa produsen busi meluncurkan beberapa tipe busi, seiring pesatnya perkembangan teknologi mesin.

Dan bagaimana kita mengenal daya tahan busi, kemampuan percikan bunga api, serta menyetarakan dengan gaya berkendara kita dan kebutuhan? Dan jenis busi apa yang cocok dikonsumsi untuk motor kita? Untuk itu kenali lebih dulu jenis busi, dari hasil investigasi mekanik dan tuner, berikut ini:

Kanibal Kampas Kopling & Rantai

GUIDE KANIBAL KAMPAS KOPLING & RANTAI
Kampas kopling dan rantai, sama-sama menjadi media transfer power mesin ke roda. Kalau kampas kopling dari dalam, sementara rantai dari luar. Seiring dengan pesatnya perkembangan roda dua di tanah air, kadang memancing nafsu untuk bereksperimen untuk kanibal dengan milik motor lain dengan tujuan meningkatkan performa maupun mengejar harga yang lebih ramah di kantong tapi kualitas tetap terjaga untuk perangkat ini.

1. KAMPAS KOPLING
Ambil dari yang mempunyai CC lebih Besar
Metode kanibalan kampas kopling sampai saat ini diaplikasi hanya berdasarkan asas ‘asal tak merugikan’. Pertimbangan utama nya cuman sebatas dimensi saja, asal cocok maka boleh diaplikasi. Selebihnya banyak konsumen yang tak mengetahui dari manfaat kanibalan kampas kopling. 

Selasa, 25 September 2012

Memperpanjang Umur Camrat Jupiter


Awas ketika odometer mulai menginjak 60 ribu Km, rantai camrat mulai bikin ulah. Karena aus bagian pin bushingnya, kemudian menyebabkan tegangan camrat kendor. Saat berkendara jadi berisik, lantaran suara mesin tak bisa halus. Meskipun sudah dilengkapi dengan tensioner model automatis, tetap saja kemlitik.

Sebab, push rod tensioner sendiri memiliki limit batas tekanan ke karet tensioner untuk menstabilkan tegangan rantai camrat. Tapi sekarang entar dulu jangan keburu mengganti rantai camrat? sebab ada trik spesial buat pemilik Jupiter-Z. Lumayan, itung-itung untuk mengirit biaya maintenance.

Caranya mudah, pertama bongkar tensioner dari dudukannya. Kemudian ujung push rod tensioner tambahkan dengan mur baja (kunci 12) dan satukan dengan las listrik. Cara ini dilakukan untuk memperpanjang tonjokan puh rod ke karet tensioner.

Disc Brake Belakang Lebar Undang Bahaya

Rem adalah salah satu piranti keamanan motor yang fungsinya adalah untuk mengurangi kecepatan atau untuk menghentikan putaran roda. Bisa disimpulkan bahwa keberadaannya sangat penting untuk menjaga keamanan pengendara dan pengguna jalan lainnya.

Yang menjadi satu fenomena kini, dengan banyak beredarnya ragam part variasi rem khususnya cakram yang banyak menawarkan ragam produk piringan cakram dengan berbagai model serta diameter, banyak diantara kita yang kini salah kaprah mengartikan aplikasi serta kegunaannya. 

Sebagai salah satu contoh adalah aplikasi rem belakang cakram. Memang saat ini sudah jadi satu pakem paten jika motor modifikasi harus juga mengusung trend cakram belakang. Namun hal ini terkadang malah jadi satu boomerang jika kita memasang piringan cakram tanpa mengerti terlebih dahulu teori serta dasar-dasar aplikasinya.