Jumat, 03 Mei 2013

Korek Harian Kawasaki ZX130 170cc

1. Piston Sonic atau CS-1 dengan diameter 58mm
Dengan piston ini, volume silinder berubah menjadi 167cc dan mesin menjadi karakter square. Arti square adalah torsi motor rata dari putaran bawah hingga atas. Dome piston dibuat 3mm untuk mengejar kompresi, namun kop silinder dibuat ulang di tukang bubut. Buat diperlebar sesuai dengan diameter piston. Coba cek rasio kompresi nya akan di bikin berapa. Baiknya dibuat 10:1 agar dapat menggunakan premium tanpa khawatir adanya gejala detonasi.

2. Potong beberapa filter udara
Hal ini bertujuan agar udara yang masuk semakin lancar, namun tetap dapat menyaring udara yang masuk. Potong kotak di beberapa bagian secara tersebar.

3. Porting polish
Haluskan lubang masuk dan buang di kepala silinder 1mm saja. Atau kalau perlu, dengan menggunakan bor tune, buat model porting baru.

4. Noken As aftermarket
Silahkan beli saja noken as khusus ZX130 di speedshop terdekat anda. Kalau terpaksa ya minta tolong buatkan noken as dengan profil baru. Jika lifter dinaikkan, jangan lupa ganti per klep yang lebih keras atau diganjal saja.

5. Knalpot standar di bobok
Kalau punya dana lebih bisa membeli merek ternama atau part racing saja. Kalau dana minim, bawa ke ahli knalpot dan minta bobok halus agar suara tetap minim namun performa terasa bedanya.

Kamis, 02 Mei 2013

Korek Harian Honda CBR 150 Standar

1. Copot bagian karet di moncong filter udara.
Caranya bos semua harus lepas tangki CBR-nya, terus agar memudahkan mencopot moncong karet-nya lebih baik boks filter dilepas dulu. Setelah itu baru deh lepas karetnya. Memang rada susah, tapi bisa dilakukan  Caranya satu tangan menarik dan tangan yang lain mendorong dari arah sebaliknya. Dengan melepas moncong karet ini supply udara dapat ditingkatkan. Kalau sudah berhasil dicopot, silahkan pasang lagi box filter tersebut lengkap dengan filternya ke tempat semula.

2. Menaikkan pilot jet pakai ukuran 42, dan setting ulang udaranya.
Untuk mengimbangi jumlah debit udara yang meningkat karena moncong filter udara dah dilepas maka silahkan menaikkan ukuran pilot jet ke angka 42. Sebagai informasi, CBR lama ukuran pj standar-nya adalah 38 kalau yang baru (kalau tidak salah mulai 2007) ukuran pjnya dah 40. Harga pj kalau merek Extreme 30rb. Kalau misalnya pakai Kitaco (25rbuan) beberapa bilang ukurannya lebih kecil dari yg ori.

3. Potong kabel koil sepanjang 3 cm.
Dengan langkah nomor 1 dan 2 diatas berarti sudah menaikkan jumlah campuran bahan bakar dan udara. Sekarang langkah untuk menaikkan percikan api busi. Caranya dengan memotong kabel busi. Dengan memotong kabel busi sekitar 3 ampe 4 cm berarti mengurangi nilai resistansi kabel busi sekitar 25%.

4. Bikin ground strap di kabel busi.
Ground strap adalah semacam lilitan di kabel busi yang berfungsi untuk menangkap frekuensi liar yang terbentuk di sekeliling kabel karena voltase dan arus yang tinggi yang disalurkan dari koil ke busi. Dengan adanya ground strap ini maka arus ke busi akan fokus dan dapat menciptakan percikan api yang maksimal. Koil kompetisi yang dah memakai teknologi ini antara lain Nology (siapakan dana ampir 2 juta klo mo beli) ada juga Protec (sipakan dana hampir 400 rbu klo mo tebus). Nah kalau Anda kreatif cukup bikin sendiri ground strap tersebut dengan modal 7 ribu perak.

5. Atur ulang celah busi jadi 1 mm (pastikan kondisi busi masih baik).
Agar percikan api maksimal maka busi harus dipastikan sehat. Atur ulang celahnya sebesar 1 mm. Silahkan gunakan alat yang presisi. Pinjam ke bengkel kalau tidak punya.

Spesifikasi Honda Astrea Star

motor Honda Astrea Star
Mesin
Tipe Mesin : 4 tak, 1 silinder, SOHC, pendingin udara
Bore x Stroke : 47.0 x 49.5 mm
Volume Silinder : 85.8 CC
Rasio kompresi : 9.4 : 1
Kopling : Manual, Basah, Multiplat 
Susunan Silinder : Satu Mendatar
Gigi Transmisi : 4 percepatan
Pola pengoperasian gigi : N-1-2-3-4-N
Karburator : Keihin 16mm x 1

Kelistrikan
Baterai : 12V4AH
Busi : C7HSA / U22 FS-U 
Sistem Pengapian : CDI AC, tanpa platina
Sistem starter : Kick & Electric 

Dimensi
P x L x T : 1845 x 660 x 1050 mm
Tipe Rangka : Back bone
Kapasitas Tangki : 4 lt
Jarak sumbu roda : 1180mm 
Berat kosong : 83 kg

Roda - roda
Rem Depan : Tromol
Rem Belakang : Tromol
Ukuran ban depan : 2.25-17 4PR
Ukuran ban belakang : 2.50-17 4PR
Tekanan angin ban
-depan : 175 kPa (25 psi)/1.75 kgf/cm²
-belakang (pengendara saja) : 200 kPa (28 psi)/2.00 kgf/cm²
-belakang (berboncengan) : 225 kPa (32 psi)/2.25 kgf/cm²

Selasa, 30 April 2013

Jaga Saluran Pernafasan Karburator Biar Bensin Lancar

Jaga Saluran Pernafasan Karburator Biar Bensin Lancar - Bagi para pemakai motor yang masih mengandalkan karburator untuk supply bahan bakar, seharusnya tahu lubang-lubang yang ada pada komponen pengabut bahan bakar dan udara tersebut. Jadi, jika ada trouble alias masalah, langsung ketemu jalan keluarnya.
saluran pernafasan karburator
Di karburator, ada satu lubang yang berfungsi untuk menjaga tekanan udara di dalam floating chamber atau ruang bahan bakar. Saluran itu terhubung dengan udara luar, sehingga tekanan yang ada di dalam ruang pelampung pun sama dengan tekanan udara luar. So, macam saluran pernapasan.

Dengan tekanan dalam yang sama dengan udara luar, menjadikan bahan bakar lancar mengalir ke dalam ruang bakar. Proses pengabutan, jadi tak tersendat yang mengakibatkan engine seperti mau mati.

Akan tetapi, bisa menjadi masalah saat saluran tersebut tersumbat atau tertutup. Akibatnya, udara luar tidak bisa terhubung dengan ruangan dalam karburator. Jika saluran itu sampai tertutup, akan menyebabkan ruang dalam karburator yang berisi bahan bakar menjadi vakum.

beri selang agar tetap bersih
Jika sampai vakum, akan berakibat bahan bakar tidak akan bisa tertarik secara sempurna. Sehingga, kinerja mesin akan terganggu. Untuk itu, biasanya saluran ini dihubungkan dengan slang. Jadi, bisa terhindar dari kotoran maupun air yang bisa masuk ke dalam ruang karburator. Slang itu fungsinya vital, maka kita juga harus selalu menjaga kondisinya dari kotoran yang disebabkan oleh debu, oli maupun air hujan. Bahkan, air ketika kita mencuci motor.

Cara Memasang Kopling Manual Jupiter

Cara Memasang Kopling Manual Jupiter - Apabila ingin menggunakan kopling manual alias kopling tangan, pertama belilah paket kopling manual. Untuk motor Jupiter bisa menggunakan merk TDR, SND, SYS, OEM, dll. Lalu belilah juga  seal bak kopling, seal kick starter, dan pack bak koplingnya.
kopling manual Jupiter
Berikut langkah - langkahnya.
1. Buka bak kopling
Membukanya dapat dengan melepaskan knalpot, footstep, kick starter, dan baut T8.
buka bak kopling lama
2. Buka per kopling dan ambil rod push nya
Rod push terletak di tengah dan ambil rod push ini lalu gantikan dengan rod push yang baru kalian beli. Jangan lupa laher bambunya dipasang kan kembali. lalu pasang kembali per kopling nya.
tukarkan stut kopling dengan yang baru
3. Pasang seal dengan rapat
Memasang seal tinggal memasukkan ke tempatnya. Bisa dibantu dengan pukulan halus menggunakan kunci busi dan dipalu perlahan.
seal bak kopling baru harus terpasang
4. Buka bak magnet dan ambil shift arm nya
Shift arm dapat diambil langsung dengan tangan karena ia tergantung saja pada dudukannya.
ambil beberapa komponen

Berikut kalau ingin menjadikan kopling full manual.
5. Lepas per kampas ganda atau las titik atau mengganti dengan balancer
Agar menjadi kopling full manual, kampas ganda harus dimatikan fungsinya. Kalau melepas per kurang maksimal dibandingkan dengan 2 cara yang lain. Kalau di las, kampas ganda bakal sulit dikembalikan kalau ingin di standard kan kembali. Kalau membeli balancer pastinya butuh dana tambahan kan? Bisa menggunakan milik Jupiter MX seharga 800rb.

Karakter Knalpot Freeflow Aftermarket di Indonesia

Karakter Knalpot Freeflow Aftermarket di Indonesia - Berikut beberapa karakter knalpot free flow dari berbagai merk yang tersebar di Indonesia.

1. SND
Knalpot SND memiliki leher knalpot model terompet, membesar pada bagian muffler. Dengan finishing chrome dan bahan yang ringan menghasilkan aliran gas buang yang lancar sehingga menambah akselerasi dan tenaga. Suara tergolong keras di kelasnya. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T.

2. AHRS
Knalpot AHRS memiliki karakter high power namun suara tetap enak didengar. Terdapat banyak tipe di AHRS dan tiap tipe sangat berbeda karakternya. Intinya AHRS lebih mengutamakan power dan mengutamakan suara yang dihasilkan. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T.

3. CLD
Knalpot CLD memiliki versi untuk standard, kompetisi, maupun racing. Knalpot ada yang berbahan stainless, titanium, dan carbon. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T.

4. CreamPie Jogja
Knalpot bisa pesan secara khusus, mulai dari karakter tenaga maupun suara. Knalpot yang diproduksi secara lokal Jogja mampu menarik minat konsumen hingga luar daerah. Suara yang dihasilkan bisa nyaring bisa juga tidak. Tergantung selera konsumen. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T.

5. R9 - Racing Generation
Knalpot R9 terkenal dengan warnanya yang dapat berubah menjadi biru. Sering disebut sebagai knalpot rainbow alias pelangi. Untuk karakter banyak tipe yang bisa digunakan. Suara lebih terdengar nge-bass dibandingkan knalpot freeflow yang lainnya. harga lumayan tinggi sekitar 1 juta. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T.

6. NOB1
Knalpot NOB1 mengutamakan akselerasi. Dapat diilhat di atas dyno bahwa power naik sedikit namun torsi naik banyak. Suara terdengar halus 2 suara, namun menurut saya kurang bulat. Terdapat DBKiller untuk mengurangi suara yang dihasilkan yang tinggal PnP. Knalpot saat ini masih khusus untuk sepeda motor 4T.

7. DBS
Knalpot DBS terbuat dari stainless steel dan merupakan impor dari Thailand. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T. Warna knalpot sering muncul pelangi dengan kombinasi pink dan kuning.

Beberapa Penyebab Motor Terasa Bergetar

Toleransi RPM Aman Tiap Motor Berbeda - Seringkali motor kesayangan kita rewel. Entah rewel karena keausan komponen atau juga karena kesalahan pemasangan. Salah satu yang menggangu kita saat berkendara adalah rasa getar atau suara akibat getaran motor. Berikut beberapa penyebab motor terasa bergetar.

1. Periksa seluruh kekencangan mur baut
Baut dan mur yang kurang kencang membuat getar karena bagian yang tidak di-baut kuat masih dapat bergerak. Kencang kan kembali atau bila perlu ganti baru agar kekencangan mur baut lebih optimal. Biasanya terletak di footstep, knalpot, dan baut mesin (engine mounting).
baut, sekrup
2. Leher knalpot patah
Kejadian ini pernah saya alami. Walaupun baut sudah kencang betul, getaran di putaran atas sangat terasa. Hal ini terjadi karena adanya pulsa gas buang yang mendorong leher hingga timbul bunyi-bunyian dan menimbulkan getaran.
knalpot patah penyebab getaran
3. Velg dan jari-jari
Velg yang jari jarinya bengkok menyebabkan roda tidak lurus saat berputar.Semakin parah kondisi bengkok nya jari jari, maka semakin keras getaran-nya. Cara mengetahuinya sangat mudah, putar roda dan lihat lurus dari depan atau belakang.Jika ban terlihat berputar oleng/tidak lurus berarti jari jari sudah bengkok, bawa dan setel velg ke tukang agar normal kembali.
setel velg
4. Bantalan crankshaft aus
Bantalan poros engkol (crankshaft) yang aus adalah penyebab motor terasa bergetar keras saat dikendarai. Poros engkol adalah sparepart mesin yang bobotnya lebih berat dan dilengkapi dengan balans. Karena bantalan yang aus akan membuat putaran poros engkol menjadi tidak seimbang dan tidak stabil.Jika bantalan poros engkol ini sudah aus akan ditandai oleh getaran mesin tinggi, apalagi saat putaran mesin semakin tinggi. Untuk kasus ini penanganan-nya tergolong berat, karena harus membongkar mesin keseluruhan (turun mesin). Namun harga bantalan crankshaft tidaklah terlalu mahal, dan sebaiknya diganti dengan yang orisinal pabrik.

Jika motor Anda mengalami getaran lebih keras dari biasanya sebaiknya segera ditangani. Karena selain membuat tidak nyaman dikendarai, pada poin nomor dua bisa menyebabkan kerusakan merembet ke part yang lain.

5. Laher roda
Laher roda yang rusak membuat setir bergerak dan bergetar. Pengetesan laher oblak, cuci dulu laher dengan bensin. Lantas ditekan-tekan, bila goyang berarti oblak. Bila yang oblak cuma satu, cukup ganti satu saja. Sebelum memasang bearing baru, bersihkan rumah laher dengan bensin. Lalu olesi dengan gemuk secukupnya, termasuk as rodanya. Cara pasangnya lahernya, yang ada angka kodenya di bagian luar. Memasukkan laher kerumahnya.

Antisipasi Ban Matic Bergelombang

Tanpa disadari, permukaan ban depan skubek bergelombang. Gejala benjol di sekeliling ban 14 inci yang biasa dipakai semua merek matik. Terlebih jika usia pakai lebih dari 10~11 bulan atau mulai terlihat gundul. Sekilas memang tidak tampak seperti bergelombang. Namun jika ban mulai gundul dan ketika diraba, terasa sangat jelas. Bahkan saat melibas jalan halus, efek benjolan akan lebih terasa lagi. Apalagi coba di turunan dengan kondisi mesin off dan pakai satu tangan. Rasanya seperti diaduk-aduk.
ban bergelombang
Analisis penyebab awal dikarenakan tekanan angin kurang atau di bawah ukuran standar. Lantas sering melakukan pengereman depan secara mendadak dan berulang. Saat terjadi pengereman, spontan beban keseluruhan tertumpu di depan. Sehingga penerima beban paling berat ada di roda depan. Makanya jika dilakukan berulang menyebabkan permukaan tapak ban bergelombang.

Satu lagi penyebabnya, biasanya akibat jalan jauh. Ban jadi panas dan tekanan di dalam ban meningkat. Ketika pengereman, ruang dalam ban menye- mpit akibat pengereman. Tekanan itu dipindah pada bagian lain ban, sehingga menyebabkan benjol. 

Mengatasinya, biasakan cek angin ban sesuai tekanan yang ditentukan. Kurangi pengereman depan mendadak dan usahakan ganti angin sebulan sekali atau sesudah melakukan perjalanan jau

Toleransi RPM Aman Tiap Motor Berbeda

Toleransi RPM Aman Tiap Motor Berbeda - Untuk menghitung Kecepatan Piston Kendaraan di dapat dengan Menggunakan Rumus:

Piston Speed = ( 2 x Stroke#dalam satuan meter# x Rpm)/60

dengan:
  • Angka “2″ merupakan perwakilan dari gerak piston yang turun-naik saat mesin berputar 1 putaran penuh.
  • Stroke / langkah piston harus di kompersikan ke satuan meter dari milimeter
  • RPM merupakan putaran mesin tertinggi yang di inginkan.
  • Dan /60 merupakan pengalihan dari putaran RPM (Rotari per Menit) menjadi DETIK (second)
Adapun Kecepatan Ideal Piston (PS) adalah 21 meter/Detik (21 m/s).

Berikut beberapa batas RPM aman motor. 
  1. Yamaha Jupiter memiliki batas RPM 11.500 
  2. Yamaha V80 memiliki batas RPM 13.500 
  3. Yamaha New Jupiter Z memiliki batas RPM 10.800 
  4. Yamaha Jupiter MX memiliki batas RPM 10.700 
  5. Yamaha Vega ZR memiliki batas RPM 10.800 
  6. Yamaha Mio memiliki batas RPM 10.800 
  7. Yamaha Vega R memiliki batas RPM 11.500 
  8. Yamaha Scorpio Z memiliki batas RPM 10.800 
  9. Honda BeAT memiliki batas RPM 11.400 
  10. Honda Blade memiliki batas RPM 11.300 
  11. Honda Vario memiliki batas RPM 11.400 
  12. Honda SupraX 125R memiliki batas RPM 10.800 
  13. Honda Mega Pro memiliki batas RPM 12.700 
  14. Honda Tiger memiliki batas RPM 10.100 
  15. Honda CBR 150 memiliki batas RPM 13.300 
  16. Suzuki Smash memiliki batas RPM 12.900 
  17. Suzuki Satria F memiliki batas RPM 12.900 
  18. Suzuki Thunder memiliki batas RPM 12.900 
  19. Kawasaki Athlete memiliki batas RPM 12.400 
  20. Kawasaki KLX 250 memiliki batas RPM 10.200 
  21. Kawasaki ZX130 memiliki batas RPM 10.600 
  22. Kawasaki Ninja R memiliki batas RPM 11.500 
  23. Kawasaki Ninja 250 memiliki batas RPM 15.200

CDI Unlimiter Merk Varro

CDI Unlimiter Merk Varro - CDI Varro mulai banyak yang mencari saat ini. CDI Varro ini menawarkan kurva pengapian mirip standar motor, namun tanpa adanya limiter RPM. Jadi, sekuat power mesinnya sampai di RPM berapa pun, CDI Varro ini tetap mampu menyuplai pembakaran. Selain fitur non-limiter nya, harganya juga pas di kantong. Rata-rata tidak sampai Rp. 200.000,- Murah bukan? Tetapi jika dibandingkan dengan CDI racing milik BRT, Rextor, Kawahara, dsb. yah dapat dibedakan lah hasilnya. Kan CDI Varro memiliki kurva pengapian standar
cdi unlimiter merk Varro
Pemasangan CDI Varro ini juga mudah dan PnP dengan tipe motor yang digunakan. Tinggal pesan untuk merek dan varian apa bisa langsung menggantikan CDI bawaan motor. Top speed motor akan bertambah akibat limiter RPM menjadi hilang.

Saran
Karena CDI Varro non-limiter, jangan sering membawa motor lebih dari ambang batas RPM motor. Masing-masih motor memiliki toleransi RPM yang berbeda. Rata-rata batas RPM aman adalah 10.000 - 11.500 RPM. Lebih dari itu sebaiknya berhati-hati pada kondisi piston, klep, stang seher, dan kruk as. Jadi bawa motor jangan terlalu sering mencari top speed.

Kelemahan Bubut Magnet untuk Harian

Kelemahan Bubut Magnet untuk Harian - Bubut magnet bertujuan untuk meringankan massa magnet itu sendiri. Setelah ringan, diharapkan RPM jadi cepat naiknya sehingga akselerasi dapat bertambah. Namun, itu baru terjadi jika mekanik bisa mengerjakannya dengan hitungan yang cermat. Salah - salah bisa menyebabkan tenaga motor drop karena bubut magnet nya berlebihan.
magnet yang telah dibubut
Bubut magnet sangat sering digunakan di perlombaan, baik itu road race maupun drag. Namun ketika dipakai untuk harian, banyak dijumpai kelemahan dari bubut magnet tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Sumber listrik untuk penerangan berkurangAnda tidak akan bisa mendapatkan sumber listrik untuk penerangan (lampu) dari magnet tersebut. Listrik penerangan bisa diambil dari accu yg harus charge setiap saat jika sudah habis.
  2. Torsi berkurang akibat terlalu ringan magnet-nyaMeringankan magnet dapat membuat putaran cepat naik, power mesin naik, tapi torsi-nya turun. Kalau magnet terlalu ringan motor cuma njerit tapi tidak mau lari. Kalau mau menaikkan torsi ya bandul atau magnet harus diperberat. Salah satu caranya bisa naik stroke. Saat naik stroke bandul otomatis lebih besar jadi momen putar/torsi-nya juga lebih besar.

Kabel/Tali Kopling Vespa Bisa Untuk Semua Motor

Kabel/Tali Kopling Vespa Bisa Untuk Semua Motor - Kabel kopling vespa memiliki kekuatan material yang sangat kuat, namun harganya murah. Tidak lebih dari Rp. 8.000,- dan dapat dibeli kabel besinya saja. Cara ini terbilang mudah tanpa melepas body kendaraan dan hanya memasukkan kabel baru ke selongsong kabel yang lama. Setelah masuk, kunci kabel dengan pengunci yang ada bersama kabel, dan setel jarak main koplingnya.
tali kopling vespa
tali kopling vespa