Sabtu, 07 Desember 2013

Memotong Rantai Aman Menggunakan Alat

Memotong Rantai Aman Menggunakan Alat - Kalau beli rantai baru yang kepanjangan, biasanya dipotong agar bisa dipasang. Namun enggak boleh sembarang. Jika tidak sesuai aturan dapat menyebabkan rantai tidak fleksibel saat memutar gir depan dan belakang.
ilustrasi alat potong rantai
Contoh potong rantai pakai paku dan martil ke arah pin mata rantai. Meski bisa dilakukan dengan susah payah, ada efek sampingnya. Bushing pin di mata rantai berubah struktur akibat dipukul paksa berulang-ulang dan bikin pin bengkok juga sebabkan lubang bushing menyempit atau melebar. Mending gunakan alat khusus yang dirancang untuk memotong rantai. Itu lebih aman.

Alat tersebut sudah banyak diproduksi. Alat tersebut dipercaya dapat memangkas jumlah mata rantai sesuai keinginan. Proses potong hanya menekan perlahan salah satu pin hingga terlepas karena sistemnya press. Sisi dalam pelat mata rantai ditahan ujung pengait berupa catok. Bushing pin di mata rantai enggak berubah bentuk. 

Keuntungan pakai alat ini, konstruksi bushing rumah pin rantai tetap sempurna. Gerak rantai pun tetap fleksibel. Tapi, ingat, alat ini hanya dipakai untuk memotong rantai dan bukan menyambung rantai karena memang tidak direkomendasikan.

Jumat, 06 Desember 2013

Merawat Knalpot Racing Harian Tetap Joss

Merawat Knalpot Racing Harian Tetap Joss - Knalpot racing harian modern modelnya sudah slip on, bagian per bagian bisa diurai dan dirawat. Sambungan-sambungannya ada yang menggunakan baut dan per. Ada juga yang memakai klem, toh boleh dibuka. Fungsinya untuk rutinitas perawatan sekaligus mengganti glasswoll sebagai peredam suara.
knalpot racing sekarang model slip-on
Melemahnya performa knalpot racing 4-tak sebagian besar dikarenakan peredam suara sudah aus. Peredam mengeras dan tak mampu menjadi bagian pengolah gas buang. Gas buang sudah tak singgah lagi dalam tabung silincer tapi langsung terbuang.

Kalau sudah begitu, ciri-cirinya selain bensin boros, juga tenaga akan sontoloyo. Suara juga jadi cempreng. Gas buang-nya lepas. Gas buang sudah tak bergasing semestinya dan sebagian tak kembali ke ruang bakar, untuk membantu pembakaran ulang.
knalpot WRX freeflow
Ada dua penyakit utama peredam bisa cepat kalah dan mengeras, yaitu:
  1. Pertama knalpot sering kemasukan air saat mencuci motor dan musim hujan.
    Musim hujan genangan di mana-mana bro, seperti sekarang ini hujan deras di mana-mana. Apalagi genangannya sudah melewati moncong kenalpot dan pas di genangan mesinnya mati, air dengan mudah tersedot. Air akan merapatkan pori-pori peredam saat mengering dengan instan akibat dari panas mesin.
  2. Yang kedua adalah oli.
    Nah ini, banyak yang salah kaprah. Katanya kenalpot 4-tak harus diawetkan dengan mengisi oli. Ya memang untuk kenalpot standar bisa, tapi racing jangan sampai mengenai peredam suaranya. Minyak oli akan merapatkan serabut glasswoll dan akhirnya mengeras. 
glasswoll yang masih baik
Hati-hati juga bagi oli mesin yang bocor lewat pembakaran. Miisalnya sil klep koyak atau ring seher sudah lemah. Nah olinya akan dibuang lewat kenalpot. Ya, pastilah akan diserap oleh peredam. Akibatnya, gas buang tidak akan bertubulensi lagi pada tabung silincer, namun langsung ke atmosfer.

Cek Slide Pieces Vario 125 Jika CVT Berisik

Cek Slide Pieces Vario 125 Jika CVT Berisik - Ketika baru menghidupkan skutik Honda Vario 125, ada bunyi-bunyian aneh dari bagian CVT sisi depannya. Suaranya klak-klak-klak gitu sewaktu mesin langsam, anehnya pas digas suara itu hilang. Bunyi aneh ini karena tiga buah slide pieces (SP) yang sudah aus. Fungsi SP menahan getaran dari rumah roller, nah SP sendiri posisinya ada di ramp plate (RP), atau bahasa awamnya tutup rumah roller. Nah RP ini akan bergerak naik turun mengikuti gerak roller yang terpental ketika putaran mesin semakin tinggi.
Slide Pieces Honda Vario 125
Pergerakan itulah yang membuat sisi dalam SP lama-lama akan terkikis dan menimbulkan celah yang berujung keluar bunyi tadi bro. Solusi mudah tinggal ganti dengan harga Rp 8 ribu satunya, tinggal dikali tiga jadi Rp 24 ribu tuh. Murah kok, tapi sayangnya part ini harus inden dulu dari 2 minggu sampai 1 bulan di bengkel resmi Honda.

Nah, obat sementara sambil nunggu pesanan part datang bisa diakalin pakai mika tipis. Itu loh mika yang biasa jadi cover makalah, beli di tempat fotokopian cuma Rp 2 ribu. Gimana caranya? Simak di sini! 
langkah kerjanya

  1. Potong mika dengan lebar 1 cm dan panjang secukupnya. Bagian SP yang dilapisi bisa satu atau dua sisi, tergantung besar kecilnya celah.
  2. Gunakan lem super untuk merekatkan mika. Tunggu sampai kering dan potong mika secukupnya sesuai ukuran SP.
  3. Lumasi bagian face comp movable drive alias rumah roller yang bergesekan dengan SP pakai CVT grease.
  4. Nah terakhir tinggal pastikan pergerakan naik-turun RP lancar. Tinggal pasang lagi dan suara ketika langsam halus.

Kamis, 05 Desember 2013

Tips Motor Starter

Tips Motor Starter - Mungkin sebagian dari sobat pernah atau sering mengalami kendala ketika menghidupkan engine motor pakai elektrik starter. Tombol elektrik starter harus ditekan berulang-ulang kali, barulah engine bisa hidup. Atau, bahkan tidak bisa hidup dan akhirnya terpaksa menggunakan kick starter.
dinamo starter
Meskipun sudah mengganti baterai alias aki di motor dengan aki yang baru, tetapi tetap saja tidak bisa melakukan penghidupan motor lewat elektrik starter. Jika kondisi sudah seperti itu, patut motor atau dinamo starter kudu dicurigai. Motor starter dihidupkan oleh baterai. Jika baterai bagus, normalnya motor starter akan hidup lancar. Tapi, kadang karena usia dan minimnya perawatan, kondisi brush atau sikat yang ada di motor starter bisa aus.

Brush memang didesain untuk aus dan lama-kelamaan pasti akan berkurang. Itu karena brush tersebut bergesekan dengan komutator ketika motor starter hidup. Sehingga, brush akan lebih cepat mengalami keausan dibandingkan komponen motor starter yang lain.
sikat kawat
Untuk mengatasinya, harus bongkar motor alias dinamo starter. Cara pertama, lepas terlebih dahulu soket-soket kelistrikannya. Selanjutnya, lepas tutup bak mesin bagian kiri. Setelah terlepas, akan kelihatan cincin pengunci. Nah, lepas juga cincin pengunci itu. Setelah semuanya terlepas, berikutnya lepas baut pemasangan motor starter di mesin. Usai dilepaskan dari dudukan, tinggal buka penutup motor starter dengan cara melepas baut-baut penguncinya.

Dengan kondisi terlepas, barulah bisa melihat keausan brush di dinamo starter. Buat pacuan Honda, kalau menurut buku manual servis Honda, keausan yang diijinkan tidak lebih dari 4 mm.
komutator
Rasanya, buat pacuan merek lain juga tidak jauh berbeda. Nah, jika keausan sudah melebihi batas minimum yang diijinkan, sudah selayaknya brush diganti dengan yang baru.

Sebelum merakitnya kembali, juga perlu melakukan pembersihan dan pengecekan pada komutator. Jangan biarkan part ini penuh dengan debu dan kotoran yang menempel. Ataupun, dari kerusakan yang diakibatkan oleh hubungan singkat. Yang perlu diperhatikan saat membersihkan komutator. Jangan sekali-kali membersihkan permukaan komutator yang berdebu dengan menggunakan amplas. Karena perlakuan itu akan merusak permukaannya.

Rabu, 04 Desember 2013

Cek Komponen Starter Elektrik

Cek Komponen Starter Elektrik - Apabila motor starter ngadat, orang awam menuduh kerusakan disebabkan oleh sikat di dalam motor starter. Padahal sebabnya bukan cuma itu. Komponen penunjang kerja motor starter juga perlu dilacak. Seperti tombol elektrik starter, soket kabel atau bendik starter yang punya tugas menyetabilkan arus listrik.
arang sikat pada dinamo starter
Kalau dari tombol elektrik starter, apakah sirkuit di dalam rumah sakelar mulai korosi. Apalagi tombol elektrik starter berada di luar sering kena air hujan. Sehingga sering gagal memberi perintah ke bendik starter.

Kalau dari bendik starter, biasanya kumparan kawat mulai lemah. Sehingga kerjanya tidak maksimal. Tidak bisa mengantarkan arus listrik yang dibutuhkan oleh motor starter.

Nah, kalau kedua alat itu baik-baik saja, terakhir periksa komponen di dalam dinamo starter. Bila motor starter nggak mau aktif coba cek ke-2 arang yang bergesek di poros dinamo. Bisa saja kotor atau benar-benar habis sehingga sulit mengantarkan arus listrik. Jika tidak segera diganti, poros dinamo bisa kena gesek. Dan kalau sampai poros yang diganti, pastinya ongkos gantinya jauh lebih mahal dari ganti arang

Selasa, 03 Desember 2013

Tips Mengganti Minyak Rem Cakram

Tips Mengganti Minyak Rem Cakram - Minyak rem motor sama halnya dengan oli atau bagian motor yang lain, juga perlu untuk diperiksa kondisinya. Masa pemakaian minyak rem memang tergolong lama, yakni 1 hingga 2 tahun sebelum wajib diganti. Namun, karena masa pemakaian yang lama inilah kebanyakan orang cenderung lupa dan malas memeriksanya.
oli di dalam master rem
Cairan kimia yang menyusun minyak rem merupakan zat yang bisa berubah karena pengaruh lingkungan dan juga suhu. Pada suhu tertentu, cairan ini juga bisa menguap dan menghambat pompa rem yang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, ganti minyak rem motor Anda jika warna dan kekentalan nya sudah berubah.

Untuk mengganti minyak rem, pertama buka tutup master rem terlebih dahulu. Lalu masukkan minyak rem ke dalam tabung secara perlahan. Sebelumnya, lindungi dulu bagian sekitar tabung dengan kain atau lap bersih. Karena bahan minyak rem bisa merusak body motor Anda.

Jika sudah selesai, pasang slang pada nipel kaliper rem. Pompa handel rem berulang kali sampai terasa keras. Ini bertujuan untuk membuang udara yang terjebak dalam tabung. Tahan handle rem sekaligus kendorkan nipel kaliper secara perlahan sampai minyak rem dan gelembung udaranya keluar. Begitu selesai kencangkan kembali baut nipelnya.

Tekan lagi slang beberapa kali untuk mengeluarkan udara yang tersisa. Atur jarak main remnya lalu tutup kembali master rem sebelum mengecek kekerasan baut pada master rem dan kaliper. Segera bersihkan jika ada cairan minyak rem menetes pada bodi motor dengan bersih atau siram dengan air bersih.

Senin, 02 Desember 2013

Kopling Manual Jupiter Z1 SYS

Kopling Manual Jupiter Z1 SYS - Kopling manual Jupiter Z1, maupun New Jupiter Z, sudah didesain plug n play. Tidak asal kopling manual, tapi diproduksi macam buatan pabrik. Makanya memasangnya sudah satu paket. Kopling ini diproduksi oleh SYS. Tidak ada main akal sana dan akal sini, maksudnya mengakali ala bikin kopling manual. Nggak ada cerita gerinda sana dan di sini, lalu pergi ke tukang bubut untuk merangkai nya. Tinggal bongkar kopling yang lama diganti dengan SYS. Kalau bisa pasang sendiri juga bisa.
gambar potongan kopling manual Z1
Perhatikan saja fotonya, persis buatan produsen motor. As stut dan poros pendorongnya sudah didesain atau ditanam langsung pada bak kopling. Beli kopling ini telah bersama bak-nya, kampas kopling, pelat kopling, per kopling, tutup per, kabel kopling dan tuas kopling. Harga sekitar Rp. 775.000,- sudah bisa dibawa pulang.
part SYS untuk Z1
Juga nggak rugi, karena tarikannya bisa yahud dibanding standarnya. Maklum yang bikin bukan orang sembarangan. Maksudnya tarikan bisa bertambah, lantaran dimensinya berbeda dengan kopling standar. Ruas kampas lebih besar-besar. Per juga kenyal. Awalnya diproduksi untuk balap, tapi harian juga silakan, malah lebih bagus. Makanya bentuk bak koplingnya juga besar. Jangan lupa juga bak kopling dan isi standarnya disimpan, siapa tahu dikembalikan standar lagi.

Minggu, 01 Desember 2013

Korek Harian Honda CS1 150 cc

1. Piston NPP Tiger dengan diameter 63.5 mm
Piston kit sekitar 250 ribu dan pilih yang pin pistonnya 13 mm. Piston wajib re-design alias dibentuk ulang. Kapasitas mesin menjadi 149.4 cc alias dibulatkan menjadi 150 cc.
piston Tiger
2. Karburator PE 28
Karburator menggunakan milik NSR-SP dengan kombinasi spuyer 35/132. Setting tergantung pada kondisi daerah masing-masing.
karburator PE28 di CS1
3. Per kopling CLD dan kampas kopling BRT
Per kopling menggunakan milik CLD tipe medium agar proses kopling terasa kenyal di tangan. Kampas kopling sendiri menggunakan milik BRT agar daya cengkram semakin kuat sehingga power tersalur dengan baik ke roda.
per kopling CS1 aftermarket
4. Knalpot costum
Knalpot dapat mendesign ulang mulai leher hingga silencer menggunakan milik Satria FU. Ada baiknya porting polish juga dilakukan agar hasil lebih maksimal.

Sabtu, 30 November 2013

Menaikkan Kompresi Dengan Las Argon Pada Piston

contoh piston jenong
Menaikkan angka perbandingan kompresi untuk harian sudah tak jaman pangkas kepala silinder. Kalau balap sih tetap wajib. Menaikkan kompresi memang sederhana dan langsung terasa pada performa motor. Sekarang cukup pakai piston jenong. Tahu kan yang jenong-jenong? Itu sama dengan piston diibikin benjol lalu diatur ulang puncak pistonnya (dome). Bicara piston jenong spek racing, saat ini sudah banyak pilihan. Tapi beda cerita bila dana terbatas, tapi tetap ingin kencang. Atau ingin hasil karya tangan sendiri.
hasil las argon pada piston
Caranya adalah dengan memodifikasi piston standar dengan bentuk jenong. Misalnya, pada piston Yamaha Crypton yang berdiameter 49 mm, kepala pistonnya ditambah daging lewat las argon. Kemudian seperti langkah biasa dibubut ulang sehingga hasil customize ini membentuk dome melesak dalam ruang bakar.
hasil setelah dibubut
Jarak dome dibatasi 1 mm dari kepala busi. Kalau lebih dari itu, akan nabrak saat di TMA. Selisih piston dengan kubah disisakan 2 mm agar tidak terlalu padat. Untuk pengerjaan butuh tenaga ahli yang terlatih biar hasil optimal. Las argon punya kelebihan pada kekerasan nya. Lumayan kuat menahan kompresi dan suhu tinggi pada ruang bakar. Bentuk dome biasanya ikut desain kubah cylinder head. Yang penting punya jarak 2 mm dari dinding kubah. Itu tadi patokan tingginya 1 mm dari busi, selebihnya bebas berkreasi sesuai kompresi yang diinginkan.

Kamis, 28 November 2013

9 Aditif Pada Pelumas

9 Aditif Pada Pelumas - Kata aditif sudah tidak asing di telinga. Seperti kita tahu, aditif adalah salah satu komponen utama pada pelumas atau oli mesin. Oli mesin terbuat dari bahan dasar base oil, ada mineral atau sintetik yang kemudian harus dicampur dengan aditif agar bisa digunakan untu melumasi komponen mesin. Total ada 9 aditif pada oli mesin, komposisinya tinggal sesuai dengan kebutuhan.
semua oli terdapat aditif
Masing-masing merek oli pasti berbeda komposisinya. Perbedaan ini disesuaikan dengan keunggulan yang akan diberikan oleh pabrikan oli untuk konsumennya. Lalu apa saja aditif yang ada pada pelumas mesin ini? Berikut rincinannya satu persatu.
  1. Anti Oksidan, fungsinya untuk mencegah terjadinya proses oksidasi pada molekul pelumas.
  2. Detergent, untuk menjaga permukaan logam agar bebas dari kotoran.
  3. Dispersant, mengendalikan dan membawa kotoran agar terdispersi merata dalam pelumas.
  4. Anti karat atau korosi, untuk mencegah terjadinya karat pada bagian logam yang berhubungan dengan pelumas.
  5. Anti wear, mencegah gesekan dan keausan permukaan mesin.
  6. Friction modifier, untuk meningkatkan tingkat kelicinan film pelumas.
  7. Pour point despressant, mampu menjadikan pelumas tetap mudah mengalir pada temperatur rendah. 
  8. Anti foam, mencegah terbentuknya busa ada pelumas.
  9. Viscosity improver, untuk menjaga viskositas oli pada suhu rendah dan tinggi.

Rabu, 27 November 2013

ECU BRT Dualband - Juken 2

ECU BRT Dualband - Juken 2 - Inovasi baru dengan teknologi algoritma yang cerdas, melahirkan JUKEN-2. JUKEN-2 dirancang untuk meningkatkan performa motor harian, korek harian atau performa racing/balap. Beberapa fitur terbaru JUKEN-2 memudahkan pemakai untuk melakukan setting injeksi untuk menghasilkan performa terbaik .
Ecu BRT - Juken 2
JUKEN-2 dilengkapi teknologi DUAL BAND, sehingga biker dapat memilih langsung mapping ekonomis dan performance. Teknik pengaturan debit bahan bakar yang paling mudah digunakan adalah E-MAP (Easy Map), sangat cocok untuk pemula atau yang lebih ahli.

ECU ini dilengkapi dengan remote programmer, sehingga pemakai bisa mengatur parameter sbb:
  1. Injection Mapping (Koreksi Mapping)
  2. Ignition Timing (Kurva Pengapian)
  3. Revolution Limiter ( Batasan putaran Mesin)
  4. Injection Timing (Waktu penyemprotan)
  5. Kalibrasi TPS (Throttle Position Sensor)
Tersedia model :
Model : Vixion Old, Verza 150, Supra 125, Beat, Spacy, Scoopy, Jupiter Z1

Senin, 25 November 2013

Mengakali Rantai Keteng/Kamprat Honda Grand/Supra/Legenda Yang Berisik

Mengakali Rantai Keteng/Kamprat Honda Grand/Supra/Legenda Yang Berisik - Model setelan rantai kamprat generasi Honda C-series masih menganut model konvensional. Model ini hanya tahan hingga 8000 rpm dan cepat minta ganti rantai. Bila rantai keteng/kamprat Anda sudah minta ganti ada solusi hemat disaat dompet tipis. Yaitu dengan mengurangi tuas tensioner yang berdekatan dengan crankcase.
bagian yg dipapas
Caranya:
1. Buka Tuas Presneling, dan Bak Magnet
Untuk langkah ini membutuhkan Kunci 10 untuk tuas presneling, kunci T8 untuk membuka keempat baut pengikat bak magnet. Tidak perlu khawatir oli tumpah, karena daerah ini termasuk daerah kering tanpa adanya oli.

2. Lepas Magnet
Melepas magnet membutuhkan treker magnet khusus. Buka terlebih dahulu baut pengikatnya menggunakan kunci 14. Lepas magnet menggunakan treker.

3. Lepas Sistem Starter
Buka baut pengunci, lidah penahan rantai, gear starter, dan rantai starter.

4. Operasi dimulai
Buka tuas penonjok/tuas tensioner menggunakan kunci 17. Untuk melepas part ini, per tensioner harus dilepas terlebih dahulu. Caranya dengan menggunakan kunci 14, baut pada bagian bawah dibuka. Hati - hati per meloncat. Setelah terlepas, silahkan kikir tuas tersebut atau menggunakan gerinda. Tidak perlu banyak - banyak, hanya sampai tuas tidak menempel pada crankcase atau ada jarak bebas 1 - 2 mm. Pasang kembali tuas, masukkan per dan pasang. Setel ketegangan rantai keteng dan kencangkan.

5. Pasang kembali semua part.
Caranya dengan kebalikan proses di atas. Setelah beres, nyalakan mesin dan cek.