Karburator Honda Grand di C70 - Agar performa Honda C70 tetap terjaga, biasanya perangkat karburator diganti dengan karburator berventuri lebih besar dari standar. Pilihannya bisa menggunakan milik Honda Grand/Supra yang murah atau milik Win 100, Jupiter Z, Shogun SP, dan Kharisma yang berperforma handal.
Jumat, 13 Desember 2013
Kamis, 12 Desember 2013
Ciri Kompresi Motor Lemah
Ciri Kompresi Motor Lemah - Tak perlu bongkar-bongkar mesin untuk mendeteksi kompresi motor sudah mengendur. Problem ini menghinggapi motor yang usianya di atas 3 tahun. Usia yang telah dipatok pabrik mulai melemahnya onderdil jaminan mereka. Kolo nggak melemah mana bisa dapat untung pabrik spare parts, kan begitu.
proses kompresi di dalam mesin |
Makanya, ia bilang ada lebih sederhana lagi mendeteksinya. Dengar baik-baik, gejalanya saat menghidupkan motor di pagi hari atau lama didiamkan. Bila kompresi masih ketat atau utuh, sekali tombol starter elektrik dipencet motor akan bruuuum, hidup. Starter kaki ditendang pelan-pelan pun, motor dengan mudah hidup. Sebab uap bahan bakar masih kuat digencet kompresi membuatnya mudah meledak.
Sebaliknya, walau sudah ditendang-tendang dan dipencet-pencet tak kunjung menyala. Ini merupakan tanda kompresi sudah lemah. Pemampatan bahan bakar sudah tak ketat, bahan bakar akan sulit pecah dan tidak mudah juga dipercik api busi. Pada umumnya akibat melemahnya ring piston atau sudah waktunya over-size.
Rabu, 11 Desember 2013
Jenis & Spesifikasi Piston HI SPEED
Jenis & Spesifikasi Piston HI SPEED - Berikut adalah beberapa piston produksi pabrikan Hi-Speed Thailand yang beredar di Indonesia.
1. RX piston
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Narrow body
Desain ring piston : Double ring
Piston pin : 13 mm, 14 mm, 15 mm
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
RX piston Hi Speed |
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Narrow body
Desain ring piston : Double ring
3. PRO X piston
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Wide body
Desain ring piston : Single ring
Piston pin : 13 mm, 14 mm, 15 mm
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Wide body
Desain ring piston : Double ring
Piston pin : 13 mm, 14 mm, 15 mm
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Size available : 50, 50.5, 51, 52, 52.5, 53, 53.5, 54, 54.5, 55, 55.5, 56, 57, 58, 58.5, 59, 59.5, 60, 60.5, 61, 61.5, 62, 63, 63.5, 64, 64.5, 65, 65.5, 66, 67, 68, 69, 70 mm.
Desain kepala piston : High dome
Desain bodi piston : Wide body
Desain ring piston : Double ring
Selasa, 10 Desember 2013
Memasang Klakson DENSO di Honda BeAT
Memasang Klakson DENSO di Honda BeAT - Saat ini marak/nge-trend pemasangan klakson mobil/Denso di motor. Kebanyakan ingin mencari gaya agar motornya dilirik saat tombol klakson ditekan. Selain itu, klakson Denso ini bersuara nyaring dan berfungsi agar lebih memberi peringatan bagi pengendara lain.
2 klakson Denso di Honda BeAT |
1. Beli klakson Denso/mobil.
Klakson yang dibeli seharga 88 ribu rupiah sudah terdiri atas 2 klakson + 1 relay klakson.
klakson Denso |
Untuk pemasangan relay dan klakson dapat dilihat di sini. Klakson ditempatkan pada dudukan yang telah ada.
hasil setelah terpasang |
Percobaan ini berhasil dan suara klaksonnya nyaring tanpa terjadi voltage drop karena relay ikut terpasang.
Senin, 09 Desember 2013
Korek Harian Honda BeAT Standar
1. Costum Rumah Roller
Untuk skutik BeAT, sebaiknya dilakukan pembenahan mekanis di seputar perangkat CVT. Permasalahan ada pada bagian terluar jalur roller yang tidak mulus. Hal ini terlihat dari permukaan alur terluar yang kasar seperti bekas cor. Untuk mengobatinya, alur yang kasar di bagian lebih ke luar itu mesti ditata dengan bor tune. Awas jangan mengambil banyak bagian alur ini karena akan berpengaruh pada perilaku roller. Cukup lakukan penghalusan permukaan.
rumah roller BeAT |
2. Roller 10 gram
Untuk tingkat awal bisa dilakukan tanpa bore up, bisa dengan ganti roller dengan standar Kymco Free LX . Beratnya sekitar 10 gram sedangkan BeAT 9 gram. Fungsi nya agar top speed lebih tinggi.
roller 10 gram |
3. Piston Vario 110 cc
Cara Memasang Relay Klakson Mobil di Motor
Cara Memasang Relay Klakson Mobil di Motor - Fungsi relay adalah sebagai pen-stabil arus sebelum arus memasuki komponen. Ada baiknya menggunakan relay ketika akan menggunakan komponen yang menggunakan arus yang besar pada motor. Jika tidak memasang relay, biasanya terminal saklar akan terbakar dan bisa lebih.
- Beli relay klakson tersebutRelay klakson ini dapat dibeli di toko onderdil mobil. Biasanya ketika membeli klakson turut disertakan relay nya.
relay klakson DENSO - Pahami rangkaiannya.
Terdapat 4 terminal pada relay. Lihat gambar agar lebih jelas.maksud nomor terminal - Rangkai kabelnya.
Rangkai kabelnya hingga dapat berfungsi penuh.
Sabtu, 07 Desember 2013
Memotong Rantai Aman Menggunakan Alat
Memotong Rantai Aman Menggunakan Alat - Kalau beli rantai baru yang kepanjangan, biasanya dipotong agar bisa dipasang. Namun enggak boleh sembarang. Jika tidak sesuai aturan dapat menyebabkan rantai tidak fleksibel saat memutar gir depan dan belakang.
Contoh potong rantai pakai paku dan martil ke arah pin mata rantai. Meski bisa dilakukan dengan susah payah, ada efek sampingnya. Bushing pin di mata rantai berubah struktur akibat dipukul paksa berulang-ulang dan bikin pin bengkok juga sebabkan lubang bushing menyempit atau melebar. Mending gunakan alat khusus yang dirancang untuk memotong rantai. Itu lebih aman.
Alat tersebut sudah banyak diproduksi. Alat tersebut dipercaya dapat memangkas jumlah mata rantai sesuai keinginan. Proses potong hanya menekan perlahan salah satu pin hingga terlepas karena sistemnya press. Sisi dalam pelat mata rantai ditahan ujung pengait berupa catok. Bushing pin di mata rantai enggak berubah bentuk.
Keuntungan pakai alat ini, konstruksi bushing rumah pin rantai tetap sempurna. Gerak rantai pun tetap fleksibel. Tapi, ingat, alat ini hanya dipakai untuk memotong rantai dan bukan menyambung rantai karena memang tidak direkomendasikan.
Jumat, 06 Desember 2013
Merawat Knalpot Racing Harian Tetap Joss
Merawat Knalpot Racing Harian Tetap Joss - Knalpot racing harian modern modelnya sudah slip on, bagian per bagian bisa diurai dan dirawat. Sambungan-sambungannya ada yang menggunakan baut dan per. Ada juga yang memakai klem, toh boleh dibuka. Fungsinya untuk rutinitas perawatan sekaligus mengganti glasswoll sebagai peredam suara.
knalpot racing sekarang model slip-on |
Kalau sudah begitu, ciri-cirinya selain bensin boros, juga tenaga akan sontoloyo. Suara juga jadi cempreng. Gas buang-nya lepas. Gas buang sudah tak bergasing semestinya dan sebagian tak kembali ke ruang bakar, untuk membantu pembakaran ulang.
Ada dua penyakit utama peredam bisa cepat kalah dan mengeras, yaitu:
- Pertama knalpot sering kemasukan air saat mencuci motor dan musim hujan.
Musim hujan genangan di mana-mana bro, seperti sekarang ini hujan deras di mana-mana. Apalagi genangannya sudah melewati moncong kenalpot dan pas di genangan mesinnya mati, air dengan mudah tersedot. Air akan merapatkan pori-pori peredam saat mengering dengan instan akibat dari panas mesin. - Yang kedua adalah oli.
Nah ini, banyak yang salah kaprah. Katanya kenalpot 4-tak harus diawetkan dengan mengisi oli. Ya memang untuk kenalpot standar bisa, tapi racing jangan sampai mengenai peredam suaranya. Minyak oli akan merapatkan serabut glasswoll dan akhirnya mengeras.
glasswoll yang masih baik |
Hati-hati juga bagi oli mesin yang bocor lewat pembakaran. Miisalnya sil klep koyak atau ring seher sudah lemah. Nah olinya akan dibuang lewat kenalpot. Ya, pastilah akan diserap oleh peredam. Akibatnya, gas buang tidak akan bertubulensi lagi pada tabung silincer, namun langsung ke atmosfer.
Cek Slide Pieces Vario 125 Jika CVT Berisik
Cek Slide Pieces Vario 125 Jika CVT Berisik - Ketika baru menghidupkan skutik Honda Vario 125, ada bunyi-bunyian aneh dari bagian CVT sisi depannya. Suaranya klak-klak-klak gitu sewaktu mesin langsam, anehnya pas digas suara itu hilang. Bunyi aneh ini karena tiga buah slide pieces (SP) yang sudah aus. Fungsi SP menahan getaran dari rumah roller, nah SP sendiri posisinya ada di ramp plate (RP), atau bahasa awamnya tutup rumah roller. Nah RP ini akan bergerak naik turun mengikuti gerak roller yang terpental ketika putaran mesin semakin tinggi.
Pergerakan itulah yang membuat sisi dalam SP lama-lama akan terkikis dan menimbulkan celah yang berujung keluar bunyi tadi bro. Solusi mudah tinggal ganti dengan harga Rp 8 ribu satunya, tinggal dikali tiga jadi Rp 24 ribu tuh. Murah kok, tapi sayangnya part ini harus inden dulu dari 2 minggu sampai 1 bulan di bengkel resmi Honda.
Nah, obat sementara sambil nunggu pesanan part datang bisa diakalin pakai mika tipis. Itu loh mika yang biasa jadi cover makalah, beli di tempat fotokopian cuma Rp 2 ribu. Gimana caranya? Simak di sini!
langkah kerjanya |
- Potong mika dengan lebar 1 cm dan panjang secukupnya. Bagian SP yang dilapisi bisa satu atau dua sisi, tergantung besar kecilnya celah.
- Gunakan lem super untuk merekatkan mika. Tunggu sampai kering dan potong mika secukupnya sesuai ukuran SP.
- Lumasi bagian face comp movable drive alias rumah roller yang bergesekan dengan SP pakai CVT grease.
- Nah terakhir tinggal pastikan pergerakan naik-turun RP lancar. Tinggal pasang lagi dan suara ketika langsam halus.
Kamis, 05 Desember 2013
Tips Motor Starter
Tips Motor Starter - Mungkin sebagian dari sobat pernah atau sering mengalami kendala ketika menghidupkan engine motor pakai elektrik starter. Tombol elektrik starter harus ditekan berulang-ulang kali, barulah engine bisa hidup. Atau, bahkan tidak bisa hidup dan akhirnya terpaksa menggunakan kick starter.
dinamo starter |
Brush memang didesain untuk aus dan lama-kelamaan pasti akan berkurang. Itu karena brush tersebut bergesekan dengan komutator ketika motor starter hidup. Sehingga, brush akan lebih cepat mengalami keausan dibandingkan komponen motor starter yang lain.
sikat kawat |
Untuk mengatasinya, harus bongkar motor alias dinamo starter. Cara pertama, lepas terlebih dahulu soket-soket kelistrikannya. Selanjutnya, lepas tutup bak mesin bagian kiri. Setelah terlepas, akan kelihatan cincin pengunci. Nah, lepas juga cincin pengunci itu. Setelah semuanya terlepas, berikutnya lepas baut pemasangan motor starter di mesin. Usai dilepaskan dari dudukan, tinggal buka penutup motor starter dengan cara melepas baut-baut penguncinya.
Dengan kondisi terlepas, barulah bisa melihat keausan brush di dinamo starter. Buat pacuan Honda, kalau menurut buku manual servis Honda, keausan yang diijinkan tidak lebih dari 4 mm.
komutator |
Rasanya, buat pacuan merek lain juga tidak jauh berbeda. Nah, jika keausan sudah melebihi batas minimum yang diijinkan, sudah selayaknya brush diganti dengan yang baru.
Sebelum merakitnya kembali, juga perlu melakukan pembersihan dan pengecekan pada komutator. Jangan biarkan part ini penuh dengan debu dan kotoran yang menempel. Ataupun, dari kerusakan yang diakibatkan oleh hubungan singkat. Yang perlu diperhatikan saat membersihkan komutator. Jangan sekali-kali membersihkan permukaan komutator yang berdebu dengan menggunakan amplas. Karena perlakuan itu akan merusak permukaannya.
Rabu, 04 Desember 2013
Cek Komponen Starter Elektrik
Cek Komponen Starter Elektrik - Apabila motor starter ngadat, orang awam menuduh kerusakan disebabkan oleh sikat di dalam motor starter. Padahal sebabnya bukan cuma itu. Komponen penunjang kerja motor starter juga perlu dilacak. Seperti tombol elektrik starter, soket kabel atau bendik starter yang punya tugas menyetabilkan arus listrik.
Kalau dari tombol elektrik starter, apakah sirkuit di dalam rumah sakelar mulai korosi. Apalagi tombol elektrik starter berada di luar sering kena air hujan. Sehingga sering gagal memberi perintah ke bendik starter.
Kalau dari bendik starter, biasanya kumparan kawat mulai lemah. Sehingga kerjanya tidak maksimal. Tidak bisa mengantarkan arus listrik yang dibutuhkan oleh motor starter.
Nah, kalau kedua alat itu baik-baik saja, terakhir periksa komponen di dalam dinamo starter. Bila motor starter nggak mau aktif coba cek ke-2 arang yang bergesek di poros dinamo. Bisa saja kotor atau benar-benar habis sehingga sulit mengantarkan arus listrik. Jika tidak segera diganti, poros dinamo bisa kena gesek. Dan kalau sampai poros yang diganti, pastinya ongkos gantinya jauh lebih mahal dari ganti arang
Selasa, 03 Desember 2013
Tips Mengganti Minyak Rem Cakram
Tips Mengganti Minyak Rem Cakram - Minyak rem motor sama halnya dengan oli atau bagian motor yang lain, juga perlu untuk diperiksa kondisinya. Masa pemakaian minyak rem memang tergolong lama, yakni 1 hingga 2 tahun sebelum wajib diganti. Namun, karena masa pemakaian yang lama inilah kebanyakan orang cenderung lupa dan malas memeriksanya.
oli di dalam master rem |
Untuk mengganti minyak rem, pertama buka tutup master rem terlebih dahulu. Lalu masukkan minyak rem ke dalam tabung secara perlahan. Sebelumnya, lindungi dulu bagian sekitar tabung dengan kain atau lap bersih. Karena bahan minyak rem bisa merusak body motor Anda.
Jika sudah selesai, pasang slang pada nipel kaliper rem. Pompa handel rem berulang kali sampai terasa keras. Ini bertujuan untuk membuang udara yang terjebak dalam tabung. Tahan handle rem sekaligus kendorkan nipel kaliper secara perlahan sampai minyak rem dan gelembung udaranya keluar. Begitu selesai kencangkan kembali baut nipelnya.
Tekan lagi slang beberapa kali untuk mengeluarkan udara yang tersisa. Atur jarak main remnya lalu tutup kembali master rem sebelum mengecek kekerasan baut pada master rem dan kaliper. Segera bersihkan jika ada cairan minyak rem menetes pada bodi motor dengan bersih atau siram dengan air bersih.
Langganan:
Postingan (Atom)