Fungsi Produk 9Power - Komponen ini merupakan aksesoris pengapian dan hanya tambahan untuk mendorong pengapian bisa lebih tajam. Tentu saja, tak bakal merobek dompet seperti beli CDI racing. Pokoknya pakai ini lumayan tarikan motor bertambah, bahan bakar jadi irit. Nama barangnya 9Power. Penjualnya mengklaim bahwa 9Power bisa memaksimalkan akselerasi, tenaga dan top speed. Tarikan akan beda, lumayan bikin halus dan enteng mesin.
Rabu, 16 April 2014
Selasa, 15 April 2014
Paket Bore Up Honda Supra Series
1. Paket bore up SupraX 125
- Faito 57 mm → 147.8 cc || 800.000 IDR
- Shark 57 mm → 147.8 cc || 750.000 IDR
2. Paket bore up Supra 100
Senin, 14 April 2014
Paket Bore Up Yamaha 2 Tak
1. Paket bore up RXZ
- Shark 58 mm → 148 cc || 1.250.000 IDR
- Faito 58 mm → 148 cc || 2.200.00 IDR
- Ori Y3 up to 58 mm → 148 cc || 5.000.000 IDR
2. Paket bore up F1ZR
- Faito 57 mm → 139.6 cc || 2.000.000 IDR
- Faito 61 mm → 159.9 cc || 3.200.000 IDR
- Garris 60 mm → 154.7 cc || 1.500.000 IDR
4. Paket bore up RX King
NB: Harga hanya perkiraan saja.
NB: Harga hanya perkiraan saja.
Korek Suzuki Satria R 135 cc
1. Piston RG dengan diameter 59 mm
Piston diperdalam 1 mm pada bibir piston agar tidak menabrak kop. Perlu penggantian liner/boring agar aman untuk harian. Lubang exhaust dibuat 26 mm dari bibir blok dengan durasi sekitar 192 derajat. Lebar lubang exhaust diset 42 mm, lebih dari ini rawan patah ring piston nya. Lubang transfer diperbaiki arahnya saja.
![]() |
piston RG 150 |
2. Karburator RX King
Karbu standar RX King dapat diaplikasikan ke Satria R. Setting spuyer standar juga masih bisa digunakan.
![]() |
karburator RX King |
3. Bobok knalpot
Sabtu, 12 April 2014
Paket Bore Up Yamaha Jupiter Z
1. Paket bore up Shark
- 55 mm → 128.3 cc || 600.000 IDR
- 57 mm → 137.9 cc || 750.000 IDR
![]() |
paket bore up SHARK |
2. Paket bore up Faito
- 55 mm → 128.3 cc || 750.000 IDR
- 57 mm → 137.9 cc || 800.000 IDR
![]() |
paket bore up Faito |
3. Blok bore up TDR
- 63.5 mm → 171.1 cc || 900.000 IDR
blok bore up Tiger |
NB: Harga hanya perkiraan saja.
Jumat, 11 April 2014
Spesifikasi Yamaha R15
![]() |
Yamaha R15 |
Mesin
Tipe Mesin : SOHC, 4 klep, berpendingin cairan
Kapasitas mesin : 149.8cc
Diameter x Langkah : 57 x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi : 10.4 : 1
Max Power : 16.59 dk/8.500 rpm
Max Torque : 14.50 nm/7.500 rpm
Sistem Pengkabutan : Injeksi
Sistem Starter : Elektrik
Kapasitas oli : 1.15 L
Penggantian oli : 1 L
Sistem Starter : Elektrik
Kapasitas oli : 1.15 L
Penggantian oli : 1 L
Transmisi : 6 tingkat percepatan
Kaki - kaki
Ukuran Ban Depan : 90/80-17 Tubeless
Ukuran Ban Belakang : 130/80-17 Tubeless
Rem Depan : Cakram 245mm
Rem Belakang : Cakram 220mm
Suspensi Depan : Telescopic
Suspensi Belakang : Link Type Monocross
Kapasitas tangki : 12 Liter
Rangka
Rangka : Delta Box
Speedometer : Semi Digital
P x L x T: 1.975 mm x 660 mm x 1.070 mm
Jarak sumbu roda : 1.345 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 800 mm
Berat isi : 136 kg
P x L x T: 1.975 mm x 660 mm x 1.070 mm
Jarak sumbu roda : 1.345 mm
Jarak terendah ke tanah : 160 mm
Tinggi tempat duduk : 800 mm
Berat isi : 136 kg
Kamis, 10 April 2014
Waspada Penggunaan Ban Vulkanisir
Waspada Penggunaan Ban Vulkanisir - Mahalnya ban baru membuat beberapa orang mudah tergiur ban vulkanisir yang lebih murah. Ban vulkanisir adalah ban bekas yang dilapisi ulang permukaannya sehingga dapat kembang seperti baru lagi. Lebih buruk dari kategori asli tapi palsu. Kembang ban ini hanya tempelan, hanya kelihatannya segar, saat dipakai bahaya. Ban vulkanisir mampu menjadi murah nya nyawa pengendara di jalan raya.
![]() |
ban vulkanisir |
Membedakan antara ban vulkanisir dengan ban asli adalah hal mudah. Ya tanpa perlu keahlian khusus. Dari samping ban vulkanisir kembangnya tidak menyatu. Terlihat juga garis tipis seperti karet tempelan yang disatukan. Selain itu, harga ban vulkanisir juga jauh lebih murah dibanding ban baru. Perbedaan harganya bahkan bisa lebih dari 50 persen. Makanya bila ada ban yang bermutu dijual harga miring, nah hati-hatilah. Juga selagi ada dana, jangan deh dibeli.
Rabu, 09 April 2014
Arti Tanda Arah Pemasangan Piston
Arti Tanda Arah Pemasangan Piston - Di puncak atas piston (dome) ada tanda penunjuk ke bawah posisi piston. Tanda yang terdapat pada permukaan piston tersebut ada yang berupa huruf in-ex, titik dan panah (di 2-tak) agar panah ini menghadap ke bawah. Dengan adanya tanda tersebut, piston tidak salah pasang atau terbalik.
![]() |
tanda arah pemasangan pada piston |
Itu terkait dengan offset engine atau bentuk silinder yang ada pada masing-masing sepeda motor. Konstruksi pada diameter silinder menunjukkan titik tengah dari piston dan titik tengah poros engkol tidak segaris. Ya beda inersia piston mesin tidur dengan mesin tegak. Itu bukti piston nggak bulat-bulat amat.
![]() |
tanda IN menghadap klep IN |
Selain itu komponen juga cepat aus akibat banyak gesekan yang terjadi akibat bentuk piston dan silinder yang tidak simetris. Untuk itu perlu diingat-ingat saat pemasangan jangan sampai terbalik, perhatikan tanda pada permukaan piston. Tanda yang ada pada piston bermacam-macam ada IN tapi ada juga EX, kita tinggal menyesuaikan tanda tersebut. Misalkan pada permukaan piston ada tertulis IN maka tanda tersebut kita posisikan pada katup IN pada kepala silinder.
Selasa, 08 April 2014
Korek Harian Kawasaki Ninja 250 FI Standar
1. Piggyback
Piggyback dapat menggunakan merk Power Commander V ataupun Bazzaz. Pada Power Commander V, suplai bahan bakar dan timing pengapian dapat diatur ulang, sedangkan Bazzaz hanya suplai bahan bakar saja.
![]() |
piggyback bazzaz |
2. Papas blok
Pemapasan blok cukup 0.5 mm saja, karena rasio kompresi sudah meningkat menjadi 12.8 : 1 dari standar yang hanya 11.3 : 1.
![]() |
blok ninja 250 |
3. Porting Polish
Porting blok didesain ulang agar proses hisap dan bilas lebih lancar. Squish dan saluran exhaust dipolish agar semakin lancar.
4. Open filter K&N
Filter menggunakan tipe open merk K&N. Selain sudah terpercaya untuk mendongkrak performa, proses penyaringan udara pun tetap lancar. Tarikan mesin otomatis lebih responsif.
![]() |
open filter K&N |
5. Knalpot aftermarket
Knalpot racing juga mampu mendongkrak performa Ninja 250 FI. Selain itu suara yang dihasilkan dari dua silinder lebih terdengar khas dan nyaring.
![]() |
knalpot Ninja 250 FI |
Bearing Motor Yamaha V80
Senin, 07 April 2014
Seal Motor Yamaha V80
- As kruk kiri = 25.40.8
- As kruk kanan = 32.44.8
- Layshaft/As Gir Depan = 20.38.5
- Presneling = 12.22.5
Sabtu, 05 April 2014
Beberapa Keluhan Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS
![]() |
Pulsar 200NS |
Kalau di bengkel resmi belum puas, bisa coba cari obat ke bengkel spesialis P200NS. Apa saja penyakitnya?
![]() |
problem nomor 1 - 3 |
- Overheat
Sebagai motor dengan rasio kompresi 11:1, jangan heran jika panas yang ditimbulkan cukup tinggi, makanya pendingin pakai radiator. Untuk mengurangi panas saat macet, ada juga kipas di belakang radiator. Namun gejala overheat ternyata mendera beberapa P200NS, cirinya air radiator ngucur dan cadangan di tabung reservoir sampai garis low. Hal ini terjadi akibat putaran kipas melemah. Lemahnya putaran kipas ternyata diakibatkan enggak lancarnya kinerja brush di dalamnya. Seringnya nyangkut, kalau diperlancar dijamin kipas enggak lemah lagi. Caranya cukup kikis sedikit bagian yang menghalangi kinerja kabel dan per brush. - Baut KendurKendati finishing sudah di bawah pengawasan Kawasaki, namun ada saja bagian yang terlewat. Contoh gampang pemasangan baut. Sering ditemukan kendur, entah itu baut monosok, mesin sampai komstir. Makanya disarankan cek deh untuk memastikan sudah kencang, sebelum ada baut yang lepas.
- Enggan HidupNgeselin rasanya kalau sedang buru-buru tapi motor enggan menyala. Starter dipencet namun mesin cuma bunyi ‘cetek-cetek’ dari suara relay starter. Ternyata penyakitnya sepele, bukan lantaran aki drop, Paling baut kendur. Baut yang harus dicek yaitu baut aki, relay starter dan yang di dinamo. Starter langsung greng lagi deh.
problem 4 - 6 - Oli RembesSetelah ganti oli dan filter, ada yang mengalami oli rembes dari tutupnya. Masalahnya ternyata sepele juga, sebelum dipasang kotoran enggak dibersihkan dahulu, atau O-ring rusak. Nah kalau O-ring rusak gantinya gampang, Pakai saja O-ring tutup klep Pulsar 180 atau 200 sama kok.
- Spidometer RetakAda beberapa pengguna yang menemukan mika spido retak, bahkan jarum takometer lepas. Kalau ini terjadi wajib bawa ke bengkel resmi untuk minta ganti.
- Lampu Rem Berair
Kendati diset kedap air, namun ada unit yang lampu remnya mengembun, tentu bikin jelek. Jika mengalami tentu wajib klaim ke bengkel resmi, kabarnya proses klaim sekitar 3 bulan.
Langganan:
Postingan (Atom)