Sabtu, 16 Mei 2015

Menurunkan Tinggi Shock Depan Jupiter MX

Menurunkan Tinggi Shock Depan Jupiter MX - Shock depan Jupiter MX memiliki tahanan di bagian pegangan shock nya, sehingga tidak bisa kita menurunkan shock hanya dengan menurunkan seperti pada motor biasanya. Bagi yang ingin menurunkan shock Jupiter MX setidaknya ada 4 pilihan cara yang dapat diambil. Berikut penjelasan keempat cara tersebut,

1. Kikis tahanan segitiga shock
Cara pertama ini bila di sepeda motor lain bisa sangat mudah dan murah. Yaitu dengan menaikkan batang shock depan ke atas. Bila di motor lain cukup melepas satu dari dua baut penahan yang ada di segitiga dan batang shock bisa lebih naik sehingga area depan bisa terlihat lebih menunduk, namun tidak demikian di Jupiter MX Series. Adanya pengganjal pada segitiganya. Untuk menghilangkan tahanan tersebut, kita dapat membubutnya agar rapi atau dikikis dengan gerinda.
shock dinaikkan
2. Memotong ulir per shock
Cara kedua tidak terlalu mudah tapi cukup murah dan cepat prosesnya. Yaitu dengan memotong 3-5 ulir per shock depannya. Kelemahannya adalah shock depan jadi terasa empuk dan kurang stabil.
per jadi lebih pendek
3. Menggunakan per shock Jupiter Z lama
Mengganti per shock depan Jupiter MX series dengan per shock depan Jupiter Z tahun 2005. Ciri Jupiter Z yang dimaksud adalah bentuk headlamp belum menyerupai burhan (burung hantu). Sebaiknya per menggunakan orisinil baru agar kestabilan motor tetap terjaga.
ganti per shock depan
4. Inner Tube + Per shock Jupiter Z lama
Ketiga cara di atas punya keunggulan murah di ongkos tapi untuk kenyamanan dan kestabilannya kurang baik. Cara yang aman dan nyaman tapi cukup mahal adalah dengan memakai inner tube dan per shock jupiter z tahun 2005.
inner tube Jupiter Z

Modif Knalpot Slip On Honda Vario 125

Modif Knalpot Slip On Honda Vario 125 - Pada Honda Vario 125 terdapat swing arm di sisi kanan yang berfungsi sebagai penyetabil. Konsekuensi nya adalah ketika penggantian ban, knalpot harus ikut dilepas agar arm dapat dilepas juga.
leher knalpot Vario 125 stainless
Menurut ahli knalpot Wawan Racing Concept (WRC), agar bongkar pasang roda belakang lebih praktis, salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu merevisi knalpot standarnya. Knalpot bisa dibikin slip-on agar tidak perlu melepas knalpot secara keseluruhan. Terlebih posisi baut leher knalpot Vario 125 yang menempel di head silinder berada cukup dalam, jadi agak susah untuk meraihnya. Jika dibikin slip-on, hanya perlu melepas sebagian knalpot saja untuk membuka swing arm dan melepas roda belakang.
knalpot Vario 125 slip on
Di WRC, jika membuat leher knalpot slip-on sekaligus menggantinya dengan bahan stainless steel biayanya sekitar Rp 350 ribu. Jika hanya membuat slip-on saja tanpa mengganti leher standar harganya tentu lebih murah lagi. Untuk jelasnya, bisa hubungi 0813 27490208 / 0897 1669349.

Sabtu, 09 Mei 2015

Head/Kop Belimbing YZ 125

Head/Kop Belimbing YZ 125 - Pada posting ini saya sedikit memberikan informasi mengenai head/kop belimbing milik YZ 125. Tentu desain berbeda dengan head/kop belimbing milik DT. Berikut detail yang saya ambil dari internet.
head/kop YZ 125
  • Head jenis ini milik Yamaha YZ berpendingin udara (hingga tahun 1980), yang artinya bisa berkapasitas 100cc, 125cc atau 250cc.
  • Bentuknya mengadopsi bentuk head motorcross merk Eropa, seperti Bultaco atau Sachs.
  • Yamaha juga menerapkan head jenis ini untuk mesin gokart kompetisinya.
  • Untuk Jenis YZ125, headnya berdiameter 55mm (keluaran 76 – 78) dan 56 (keluaran 79-80)
  • YZ125 keluaran 79 memiliki kode mesin 2X3, sedangkan yang tahun 78 kode mesinnya 1W1
  • Untuk digunakan di RXZ, RZR, RXS, RXK atau RX-King letak bautnya tidak masalah (keluaran 78-80).
  • Diameter squish tetap harus disesuaikan untuk RX-King. Untuk RXZ/RZR apabila menggunakan head keluaran tahun 1979 tidak perlu merubah squish.
  • Ada dua model squish untuk head ini. yang tahun 1978 ke bawah letak busi agak ke belakang, yang tahun 1979 letak businya tepat di tengah.
  • Berita dari pedagang spare part di Indonesia yang menyebutkan head ini milik YZ125 keluaran 1987 tidak benar. Sebab YZ125 keluaran 1987 sudah berpendingin air (radiator).

Head/Kop Belimbing RX King Milik Yamaha DT

Head/Kop Belimbing RX King Milik Yamaha DT - Sudah saya ketahui bahwa asal usul head/kop belimbing yang dipakai di RX King bukanlah murni milik SE YZ125, tetapi ada yang merupakan family DT. Kecurigaan bermula karena saya mengetahui pasti varian YZ baru menggunakan pendingin cairan (radiator) dan tusuk tanam berjumlah 5 dan 6. Yamaha DT sendiri ada 2 jenis, yaitu berpendingin udara dan berpendingin cairan. Head/kop belimbing yang sering digunakan di Yamaha RX King adalah versi DT125 dan DT175. Silahkan dibenahi pemikiran kita tentang head belimbing YZ 125 dan DT. Jangan salah kaprah. Salam nguook.
head belimbing
Yamaha DT 125, DT 175
head orisinil YZ 125
silinder YZ 85
silinder YZ 125
silinder YZ 250
silinder DT

Kamis, 07 Mei 2015

Noken As Modif Berisik, Mengapa?

Noken As Modif Berisik, Mengapa? - Sesuai judul posting kali ini, saya akan membahas alasan setelah membuat noken as modifikasi (bubut/papas) timbul suara berisik. Yang diperlukan adalah alat modif noken as yang memiliki catok seperti mesin bubut yang dapat disetel hingga noken as center, dial gauge, magnetic base, dan teknisi alat yang ahli mengoperasikan alat bubut maupun alat ukur. Mengapa noken as harus center terlebih dahulu? Karena kita memerlukan bulatan sempurna pada bagian base circle. Sebelum lanjut ke bahasan lainnya, terlebih dahulu pelajari lah bagian-bagian noken as.
nama bagian pada noken as
Mengapa berisik setelah modifikasi noken as? Alasan nya adalah :
  1. Base Circle tidak membulat. Pada titik TOP, jarum dial masih disetel nol. Tetapi setelah noken as diputar, jarum menjadi kurang dari nol akibat adanya bagian yang lebih kecil dibanding diameter di posisi TOP. Jadi walaupun celah klep sudah disetel rapat, suara berisik pasti terjadi. Limit naik atau pun turun jarum dial dari nol adalah 0.05 mm saja.
  2. Ramp dan Timing Point terdapat ketidakrataan. Apabila diukur dengan dial gauge, jarum tidak bergerak naik saja, melainkan naik turun dan naik lagi. Hal ini terjadi pada saat memodifikasi noken as secara tidak teliti. Jadi, meski telah menggunakan alat sekalipun masih saja bagian ramp tidak rata. Apalagi tidak menggunakan alat (menggunakan gerinda dan dipegang tangan)
  3. Celah Klep belum disetel dengan baik. Setelah noken as dikurangi diameter nya, tentu setelan sebelumnya tidak dapat dipakai karena jarak celah pasti melebar. Tentu diperlukan penyetelan ulang sesuai dengan hasil dial noken as costum.
  4. Klep menyentuh piston akibat lift yang tinggi. Piston harus diberi coakan klep lebih dalam agar klep tidak menyentuh piston. Apabila jarak sentuh terlalu banyak, klep biasa nya bengkok bahkan patah.
  5. Lift saat overlap terlalu banyak. Mengatasi nya adalah mengubah sudut klep IN dan EX atau mengurangi lift overlap noken as.
Berikut video dial noken as Mio. Terlihat base circle tetap nol walau di derajat manapun hingga ramp juga naik dengan tenang.

Contoh Proses Dial Noken As/Camshaft

Contoh Proses Dial Noken As/Camshaft - Dalam proses modifikasi noken as, kita perlu mengetahui profil dari noken as yang dikerjakan, maupun noken as yang sudah ada. Noken as Mio saya rekam saat proses dial. Teknik pengambilan secara Seat to Seat, yaitu celah klep 0.08 mm dan terpasang pada alat (bukan di mesin motor). Sebagai contoh berikut video yang saya buat secara sederhana karena keterbatasan. Klik di sini atau lihat video di bawah ini.

Selasa, 05 Mei 2015

Perbandingan Piston Suzuki Satria FU dan Kawasaki Boss 175

Perbandingan Piston Suzuki Satria FU dan Kawasaki Boss 175 - Banyak Satria FU yang bore up menggunakan piston dari Kawasaki Boss 175. Alasannya adalah pen sudah sama 16 mm, diameter Boss lebih besar daripada Satria FU, piston memiliki dimensi yang kecil, piston lebih mendem 2 mm daripada standar sehingga bisa stroke up. Diameter piston Satria FU standar adalah 62 mm dan diameter piston Boss 175 standar adalah 65 mm. Berikut detail perbedaan kedua piston tersebut.
detail piston FU dan Boss

Daftar Diameter Luar Boring Standar

Daftar Diameter Luar Boring Standar - Untuk menentukan piston bore up maksimal, kita harus tahu terlebih dahulu diameter luar liner alias boring. Cara mengetahui nya adalah mengukur diameter luar boring menggunakan jangka sorong. Berikut merupakan data diameter luar boring motor standar ala kaskuser.
  • Crypton : 59,15 mm, panjang 91 mm
  • RX King : 65 mm, panjang 122 mm
  • Scorpio : 80.1 mm, panjang 103 mm
  • Shogun : 60,5 mm, panjang 92,5 mm
  • Satria FU : 71 mm, panjang 98 mm
  • Supra : 54,5, panjang 98 mm
  • Kharisma : 58,1, panjang 105 mm
  • CB100 : 59,15 mm, panjang 94 mm
  • GL MAX : 63 mm, panjang 96 mm
  • Tiger : 69.5 mm, panjang 104 mm
  • Kaze : 62,15 mm, panjang 99 mm
  • Binter Mercy : 72.15 mm, panjang 110 mm
Rumus diameter maksimal piston bore up yang aman untuk harian adalah diameter luar boring dikurangi 4 mm. Sedangkan untuk keperluan balap yang relatif sebentar bisa diameter luar boring dikurangi 2 mm.

Sebagai contoh motor Supra sering bore up piston Kaze 53 mm. Apa alasan saya selalu memaksa ganti boring dan perbesar crankcase? Alasannya karena boring standar hanya sanggup piston os 50 saja alias 50.5 mm. Yang terjadi apabila memaksa boring standar dikolter hingga 53 mm ya rawan pecah boring nya.
boring motor

Rabu, 29 April 2015

Tips Meringankan Kopling Stut F1ZR

Tips Meringankan Kopling Stut F1ZR - Bawaan stut kopling F1ZR tergolong pendek dan berat. Apabila dianalisa berdasarkan prinsip tuas, maka paha kopling harus dibuat lebih panjang agar tarikan handle kopling menjadi ringan. Cara membuat paha kopling lebih panjang adalah dengan memotong paha kopling. Tetapi tidak hanya dipotong, tetapi ditambahkan plat besi sepanjang 1 - 1.5 cm dan disambung kembali dengan las. Efeknya tarikan handle kopling menjadi ringan namun lebih jauh daripada sebelumnya. Tali kopling menerima beban lebih kecil sehingga lebih awet.
paha kopling dipanjangkan

Minggu, 26 April 2015

Pemasangan Blok Jupiter Z di Crypton/Vega

Pemasangan Blok Jupiter Z di Crypton/Vega - Blok standar generasi 110 cc Jupiter Z, ataupun Vega R New, lebih panjang 2 mm dibanding bawaan generasi 102 cc Crypton, Vega, dan Jupiter. Diameter piston 102 cc adalah 49 mm sedangkan 110 cc adalah 51 mm. Untuk lubang tusuk baut sama sama antara kedua varian ini, termasuk diameter boring/liner nya juga sama. Gasket alias paking juga dapat saling tukar. Perbedaannya ada pada arah sirip heatsink. Pada generasi 102 cc sirip dari depan ke belakang, sedangkan generasi 110 cc sirip dari kiri ke kanan.
blok 4ST (kiri), blok 5TP (kanan)
Kembali ke masalah pemasangan. Apabila akan menukar blok, rantai kamprat wajib mengikuti perbedaan panjang blok. Untuk Crypton dkk dapat menggunakan rantai yang sudah aus (mulur) dengan lidah tensioner milik Jupiter Z, atau sekaligus gigi timing dan rantai kupu Jupiter Z. Begitu pula sebaliknya, Jupiter Z menggunakan blok Crypton harus menggunakan gigi timing dan rantai Jupiter. Piston sendiri mengikuti ubahan blok.

Blok Jupiter Z Bore Up Piston Scorpio

Blok Jupiter Z Bore Up Piston Scorpio - Bore up pada blok mesin Jupiter Z sanggup mencapai piston 70 mm (standar Scorpio). Itupun masih jauh dari tusuk baut. Boring dapat memakai bahan tebal dan aman dari panas. Yang menjadi masalah nantinya adalah lintasan rantai kamprat karena blok perlu dicor ulang agar blok lebih kuat menahan beban boring/liner yang terlampau lebar. Berikut foto blok Jupiter Z bore up piston 70 mm Scorpio.
blok Jupiter Z bore up piston Scorpio

Korek Suzuki Skywave 140 cc

1. Piston Suzuki Thunder 125 standar
Piston dapat menggunakan milik Thunder 125 dengan diameter 57 mm. Pin piston sama 14 mm. Kapasitas mesin melonjak menjadi 140.9 cc.
piston Thunder 125
2. Noken as costum
Noken as dapat dicostum dengan durasi 280 derajat. Artinya power dan torsi mesin akan sering keluar di rpm yang lebih tinggi daripada standar. Tentunya speed motor akan bertambah.
noken as Skywave racing
3. Jetting spuyer karburator
Pilot jet menggunakan 17.5 dan main jet bisa menggunakan 135. Angin-angin karburator juga disetel ulang.
karburator Skywave 125
4. Klep 28/24 mm
Piston yang sudah besar dapat diimbangi dengan diameter payung klep yang lebih besar. Per klep ambil Smash orisinil agar tidak terjadi floating.
kubah Skywave 125
5. CDI BRT Hyperband
Otak pengapian dapat menggunakan produk BRT agar pengapian lebih optimal dah power mesin tidak tertahan.
cdi BRT
6. Bobok knalpot standar
Untuk mengimbangi pemasukan yang lebih banyak, pembuangan harus dibuat lebih lepas. Modif knalpot standar di buang sekat nya atau sekalian ganti knalpot.
knalpot Skywave
7. CVT
Untuk kemiringan sliding shave bisa dibubut menjadi 14 derajat dan kerok rumah roller agar roller lebih mengembang ke luar.
cvt Skywave 125