Rabu, 05 Agustus 2015

Fungsi Tutup Pentil Ban (Valve Cap)

Fungsi Tutup Pentil Ban (Valve Cap) - Tutup pentil (valve cap) sering dianggap sepele oleh pemilik kendaraan. Entah karena fisiknya yang kecil atau akibat harganya murah. Padahal komponen ini punya peran penting dalam menjaga ban tetap dalam tekanan ideal. Fungsi utama valve cap adalah melindungi pentil ban dari kotoran. Debu atau air yang masuk ke pentil dapat merusak katup, membuat material karet sebagai sil di dalam valve menjadi getas,atau menyebabkan terjadinya korosi.
tutup pentil ban
Kalau kerusakan ini terjadi, udara di dalam ban akan keluar secara perlahan. Akibatnya tekanan angin ban menurun. Dan bila pemilik kendaraan jarang memeriksa tekanan ban, efeknya konsumsi bbm menjadi lebih boros, dan ban menjadi cepat rusak. Kebocoran kecil ini sulit dideteksi. Padahal menurut data NHTSA (National Highway Traffic Administration), 85% penyebab berkurangnya tekanan angin ban adalah akibat kebocoran halus yang terjadi dalam periode lama. Salah satu penyebabnnya adalah tidak adanya tutup pentil.

Fungsi lain dari valve cap adalah mereduksi kebocoran pentil agar tekanan angin ban tidak menurun secara drastis. Selain itu, tutup pentil ban juga berfungsi sebagai pelindung part yang ada dalam pentil ban. Kalau dilepas, pentil yang berbahan logam itu isinya ada sil berbahan karet, penonjok dan per berpotensi kemasukan air, debu bahkan tanah. Tutup pentil juga berfungsi memperlambat proses keluarnya udara secara tiba-tiba, bila ada masalah pada pentilnya. Bayangkan kalau ban tidak ada tutup pentilnya, ban langsung kempis dan berbahaya bagi pengendaranya.

Minggu, 02 Agustus 2015

Bagian Motor Yang Sering Dikorek Harian

Bagian Motor Yang Sering Dikorek Harian - Tentunya bagi kalian pecinta otomotif roda dua sudah tahu istilah korek harian. Yah paling tidak artinya korek harian adalah memodifikasi motor agar lebih responsif dibandingkan kondisi standar namun motor tetap dapat digunakan seperti motor standar. Berikut bagian motor yang sering dikorek untuk korek harian.
  1. Modifikasi Knalpot
    Knalpot merupakan langkah awal karena pengerjaan paling mudah. Untuk pemula biasanya suka bermain knalpot terlebih dahulu. Bisa standar dimodif atau sekalian beli jadi. Tujuannya entah untuk mencari suara ataupun tenaga.
    knalpot modif
  2. Upgrade Kompresi
    Untuk menaikkan rasio kompresi sering dilakukan dengan cara melepas paking blok atau mengganti dengan paking yang lebih tipis. Ada juga yang memakai piston dome alias jenong.
    gasket/paking blok
  3. Reamer Karburator
    Karburator diperbesar venturi nya agar pemasukan udara dan bahan bakar lebih banyak. Tujuannya agar performa motor lebih enak. Tentunya diimbangi dengan setting spuyer ya.
    karburator reamer
  4. Porting Polish
    Melebarkan sedikit lubang masuk dan keluar yang ada di blok tentu diharapkan menambah pasokan bahan bakar ke ruang bakar. Tentunya lebih optimal apabila porting mampu diarahkan alias intake facing. Tidak lupa pula bagian exhaust atau lubang porting ke knalpot dihaluskan hinggal licin (polish).
    porting polish

Bore Up GL100 Jadi 125 cc

Bore Up GL100 Jadi 125 cc - Bagi yang punya motor GL100 maupun CB100 bisa bore up motor nya menjadi 125 cc. Untuk ubahan sangat minim, dan piston bisa langsung plug n play di head standar. Caranya mudah sekali, yaitu:

  1. Liner yang lebih besar
  2. Piston kit GL Max 125
  3. Gasket kompresi.
  4. Modif knalpot
  5. Setting spuyer
Berikut salah satu foto blok GL100 dengan piston GL Max 125 yang sempat saya abadikan.

piston GL Max 125 di GL100
GL100 nya jadi 125 cc
Hasilnya, kompresi menjadi lebih padat. Tentunya rasio kompresi menjadi naik karena piston GL Max 125 lebih jenong dibandingkan piston standar GL100. Akselerasi motor lebih ringan karena power dan torsi naik. Untuk panas mesin masih dalam taraf normal.

Indikator Kampas Rem Tipis/Habis

Indikator Kampas Rem Tipis/Habis - Mungkin ini hal yang sudah umum diketahui banyak orang. Namun tentu tidak salah apabila hal ini diposting lagi agar pengetahuan tidak hilang ditelan jaman, Jadi, untuk tahu kondisi kampas rem kita, terdapat indikator yang perlu diperhatikan. Indikator tersebut biasanya digunakan untuk mencari tahu sisa kampas rem atau batas pemakaian kampas rem. Berikut indikator kampas rem yang tipis atau telah habis.
  1. Rem Cakram Hidrolik
    Untuk rem hidrolik, mudahnya melihat minyak rem di kaca intip, atau melihat batas cekungan kampas rem. Tentunya apabila kampas rem semakin tipis, minyak rem akan semakin turun ke kaliper. Jadi jumlah minyak di reservoir akan terus turun, bahkan jika habis akan ngeblong akibat kemasukan udara. Untuk cekungan di kampas rem itu merupakan batas pemakaian. Apabila cekungan kampas sudah menyentuh ke cakram, dianjurkan menggantinya.
    lubang intip reservoir minyak rem
    batas pemakaian kampas rem cakram
  2. Rem Tromol
    Untuk rem tipe drum alias tromol bisa dengan melihat indikator pada lever/tuas rem. Biasanya ada jarum penunjuk dan garis batas pemakaian. Selain itu kita juga bisa mengukur sisa ketebalan kampas rem. Biasanya pada motor batas maksimalnya adalah 1 - 2 mm saja.
mengukur ketebalan kampas rem
jarum indikator keausan rem tromol

Rabu, 29 Juli 2015

Pertalite - Bahan Bakar Motor Bensin

Pertalite - Bahan Bakar Motor Bensin - Pertamina resmi menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis baru dengan research octane number (RON) 90, yakni pertalite, di ratusan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Pertalite dijual dengan harga promo Rp 8.400 per liter. Dari kadar oktan dan harga, pertalite diposisikan di antara premium dan pertamax.
iklan Pertalite
Pertalite merupakan BBM baru yang diluncurkan Pertamina di akhir Juli untuk memenuhi Surat Keputusan Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 313 Tahun 2013 tentang Spesifikasi BBM RON 90. Dari sisi teknologi, sebenarnya kendaraan roda empat di Indonesia rata-rata bisa mengonsumsi BBM RON 90-92. 
spesifikasi Pertalite
Beberapa keunggulan pertalite versi Pertamina adalah:
  1. Lebih bersih ketimbang premium karena memiliki RON di atas 88.
  2. Dibanderol dengan harga lebih murah dari pertamax.
  3. Memiliki warna hijau dengan penampilan visual jernih dan terang.
  4. Tidak ada kandungan timbal serta memiliki kandungan sulfur maksimal 0,05 persen m/m atau setara dengan 500 ppm.

Selasa, 28 Juli 2015

Hubungan Antara Torsi Dan Power Mesin


Hubungan Antara Torsi Dan Power Mesin - Pada spesifikasi engine kendaraan, tertulis daya dalam satuan horsepower atau kilowatt pada putaran engine tertentu, dan momen puntir atau torsi dengan satuan kgm atau lbf-ft pada putaran engine tertentu. Apakah hubungan antara daya dengan torsi dan dengan putaran engine?
grafik performa mesin
Pada motor pembakaran dalam (internal combustion engine), gas hasil pembakaran akan menekan piston yang terhubung dengan poros engkol (cranksaft) dengan setang piston (connecting rod). Gaya tekan gas tersebut menghasilkan torsi pada poros engkol dan membuat poros engkol berputar. Daya adalah torsi dikalikan putaran (kecepatan sudut):

P = τ * ω
Pada System International (SI):
  • satuan daya P adalah watt
  • satuan torsi τ adalah Nm (newton meter)
  • satuan kecepatan sudut ω adalah radian per detik.
Rumus untuk satuan lain adalah:
P = τ * ω * 2 phi / (60 * 76.04)

Dimana satuan yang digunakan adalah:
  • Daya P dalam horsepower (HP)
  • Torsi τ dalam newton meter (Nm)
  • Kecepatan sudut ω dalam Revolution Per Minutes (RPM)
Pada internal combustion engine, torsi maximum tidak diperoleh pada putaran yang persis sama dimana diperoleh daya maximum. Pada kendaraan yang digunakan untuk menarik beban berat seperti truck, maka daya maximum yang dihasilkan engine berada pada RPM rendah sehingga torsi maximum juga pada RPM rendah. Pada kendaraan yang digunakan untuk kecepatan tinggi dengan beban ringan seperti sedan dan sepeda motor, maka daya maximum yang dihasilkan engine berada pada RPM tinggi, sehingga torsi maximum juga pada RPM yang tinggi.

Jumat, 24 Juli 2015

Bore Up Kawasaki Ninja RR 250 Pakai Piston Honda CBR 250

Bore Up Kawasaki Ninja RR 250 Pakai Piston Honda CBR 250 - Bagi pemilik Kawasaki Ninja RR Mono 250 yang bersilinder tunggal dapat bore up motor nya menggunakan piston dari Honda CBR 250. Pen piston sama 17 mm, dan dome lebih tinggi 1 mm milik CBR 250. Dome dapat dibentuk ulang dengan mesin bubut untuk menyesuaikan rasio kompresi. Pantat piston CBR 250 lebih pendek dan terdapat lapisan molybdenum khusus, sehingga lebih minim friksi. Diameter piston standar Ninja RR Mono 250 adalah 72 mm, sedangkan CBR 250 lebih besar 4 mm, yaitu 76 mm. Jadi volume mesin akibat bore up ini sebesar 277.7 cc. Untuk pen piston sendiri dapat menggunakan bawaan motor Ninja RR Mono dan disesuaikan di piston CBR 250 yang akan digunakan.
piston Kawasaki 250 cc
piston Honda CBR 250

Mengakali Kampas Kopling Matic yang Tipis

Mengakali Kampas Kopling Matic yang Tipis - Pada motor matik juga terdapat kopling yang bertipe sentrifugal. Cara kerja nya ialah secara otomatis mengembang mengikuti putaran mesin dan gaya sentrifugal yang terjadi. Saat kampas kopling masih bagus dan tebal, motor akan memiliki respon yang cepat untuk berjalan dari keadaan diam. Namun ketika kampas kopling sudah aus alias tipis, diperlukan bukaan gas lebih dalam demi mengawali jalan motor. Belum lagi getaran dan suara yang ditimbulkan tidaklah nyaman.
kampas kopling Vario yang sudah tipis
Kalau sudah demikian, kita dapat menebus kampas kopling baru pada motor matik kita agar kondisi nya kembali prima. Apabila mangkuk kopling juga aus disarankan mengganti 1 set. Harga dari komponen kopling matik tersebut tentunya tidaklah murah. Bagi yang kantong nya pas-pasan, mereka akan lebih memaksa untuk mengakali nya terlebih dahulu. Oleh karena itu, penulis blog freecharz ini akan memberi sedikit tips dalam mengakali kampas kopling matik yang tipis agar berfungsi normal kembali. Berikut tips nya, silahkan disimak penjelasan di bawah ini.

Agar respon motor tetap cepat, maka kita harus tahu penyebabnya. Semisal memang kampas kopling kita telah tipis alias aus, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa gap antara kampas ke mangkuk telah jauh. Berarti pemikiran kita adalah harus mendekatkan kembali gap antara kampas ke mangkuk nya. Caranya adalah dengan memberi ganjal pada dudukan kampas atau kampas diganti baru dengan cara pantek.
  1. Ganjal Kampas Kopling
    Proses mengganjal kampas bisa dengan memberi lem besi seperti gambar di bawah. Bisa juga dengan memberi selang pada dudukan nya. Kedua cara tersebut membuat jarak per cvt semakin jauh, dan berarti per cvt menjadi semakin keras. Untuk itu kita harus melebarkan dudukan per agar tarikan per tidak terlalu keras.
    ganjalan lem besi agar kuat
    tempat per dilebarkan sedikit
  2. Pantek Kampas Kopling
    Untuk cara pantek kampas kopling juga tergolong merogoh kocek namun tidak semahal membeli part baru. Kelebihannya adalah luas permukaan bidang gesek kampas dapat dibuat lebih lebar dibandingkan orisinil nya. Tentu diperlukan tukang pantek kampas yang berpengalaman.
    beda permukaan kampas kopling
    pantek (kiri), orisinil (kanan)

Diameter Luar Liner/Boring Honda Supra X 125

Diameter Luar Liner/Boring Honda Supra X 125 - Untuk keperluan bore up, banyak yang bertanya seberapa jauh blok Supra X 125 alias Kharisma mampu di bore up dengan liner standar. Oleh karena itu, penulis mengukur diameter luar liner/boring dari blok Honda Supra X 125. Caranya adalah dengan menggunakan jangka sorong dan diukur diameter luar liner. Terbaca diameter luar liner Honda Supra X 125 adalah sebesar 58.1 mm. Ini berarti bore up maksimal ialah diameter terserbut dikurangi 4 mm, yaitu 54.1 mm. Namun keperluan balap liar yang dipakai hanya sebentar mampu dipaksa hingga 56 mm.
liner Honda Supra X 125
hasil diameter liner Supra X 125

Diameter Crankcase Honda Supra X 125

Diameter Crankcase Honda Supra X 125 - Untuk kali ini adalah diameter dari lubang crankcase  yang terhubung dengan blok Honda Supra X 125. Pengukuran menggunakan jangka sorong alias sigmat seperti pada gambar di bawah ini. Diameter lubang crankcase Honda Supra X 125 terbaca 59.5 mm.
diameter crankcase Honda Supra X 125

Rabu, 22 Juli 2015

Modifikasi Filter Udara dari Kertas ke Busa/Spons

Modifikasi Filter Udara dari Kertas ke Busa/Spons - Kebanyakan motor saat ini menggunakan filter udara berbahan dasar kertas yang dilumuri minyak. Fungsi nya adalah agar lebih banyak menyaring debu agar tidak masuk ke dalam mesin dibandingkan bahan busa/spons. Selain itu, penggantian praktis karena langsung ganti tanpa perlu merawat filter udara. Itu merupakan kelebihannya.
filter udara Beat yang sudah kotor
Sedangkan kelemahannya, karena tidak dianjurkan dibersihkan, kita harus menebus part filter udara kertas tersebut yang tidaklah murah. Ini berarti pengeluaran kita untuk merawat kendaraan kita lumayan merogoh kantong. Demi melakukan penghematan, filter udara kertas kita yang kotor dapat kita modifikasi sendiri dan diganti dengan bahan busa/spons. Namun ini cara diperkenankan bagi kita yang siap merawat ekstra, karena perlunya perawatan khusus. Perawatan tersebut adalah membersihkan busa filter secara rutin. Bisa dengan mencuci busa tersebut dan diberi oli kembali. Perlu diketahui juga bahwa daya penyaringan lebih baik kertas dibandingkan busa, sehingga udara masuk kurang bersih. Berikut contoh gambar secara sederhana dalam proses modifikasi filter udara kertas menjadi busa/spons.
potong busa/spons secukupnya
busa tersebut diberi oli secukupnya
oli tadi diremas agar meresap ke dalam busa
beri tahanan agar busa tidak lepas/jatuh

Minggu, 19 Juli 2015

Perbandingan Connecting Rod/Stang Seher Vega ZR dan Jupiter Z1

Perbandingan Connecting Rod/Stang Seher Vega ZR dan Jupiter Z1 - Berikut merupakan perbandingan connecting rod alias stang piston dari Vega ZR/New Jupiter Z dengan Jupiter Z1. Untuk spesifikasi ternyata sama persis. Perbedaan hanya pada big end Jupiter Z1 yg lubang.

detail stang piston Vega ZR dan Jupiter Z1
stang piston Vega ZR dan Jupiter Z New
stang piston Jupiter Z1