Selasa, 02 Mei 2023

Collar Per CVT Vario 160 Meleleh! Bahan Plastik Dan Pemakaian Touring Penyebabnya

Collar Per CVT Vario 160 Meleleh! Bahan Plastik Dan Pemakaian Touring Penyebabnya - Segera ganti collar bawaan motor Vario 160 anda menggunakan milik Vario 150 yang berbahan besi. Daripada resiko kampas kopling terkena lelehan dan harus merogoh kocek lebih dalam. Berikut salah satu contoh kasus nya.


Jumat, 28 April 2023

Spesifikasi Stator/Spul Yamaha Vixion Lightning 1PA

Spesifikasi Stator/Spul Yamaha Vixion Lightning 1PA - Diameter kawat email tembaga 0.95 mm. Lilitan tiap kern 38 lilit. Nilai tahanan standar yaitu  0.45-0.67 ohm.



Jumat, 24 Februari 2023

Diameter Crankcase Honda Vario 110 Karburator

Diameter Crankcase Honda Vario 110 Karburator - Berikut diameter lubang crankcase Honda Vario 110 Karburator Standar yaitu 58 mm dengan sisa ketebalan lubang oli hanya 2 mm.

Diameter Crankcase Honda Vario 110 sebesar 58 mm


Senin, 26 September 2022

Perbandingan AFR Reaksi Pembakaran Bensin, LPG, dan DME

Perbandingan AFR Reaksi Pembakaran Bensin, LPG, dan DME - Saat ini bahan bakar minyak (BBM) sedang ramai diperbincangkan. Penyebabnya ialah harga BBM yang kembali naik mengikuti harga minyak dunia. Banyak di masyarakat yang kembali terngiang akan ide menggunakan LPG sebagai bahan bakar. Dari pemerintah sendiri lebih memilih meneruskan riset DME alias gasifikasi batu bara. Tak perlu panjang lebar, berikut ini perhitungan singkat AFR dari ketiga jenis bahan bakar tersebut menurut stoikiometri unsur dan massa atom relatif.

1. 100% Oktana
Asumsi bensin yang digunakan ialah bensin oktan 100, maka AFR nya bertemu 14.9:1 mirip dengan 14.7:1 di teori bahan bakar bensin.
Bensin AFR 14.9:1

2. 100% Propana
Asumsi LPG yang digunakan ialah gas propana murni. AFR nya bertemu 15.4:1 untuk LPG. Dengan tentu jika suplai LPG terlalu besar debitnya, maka mesin kendaraan justru brebet karena kekurangan udara yang masuk.
LPG AFR 15.4:1

3. DME pengganti LPG
Dimetil Eter yang diwacanakan sebagai substitusi LPG saat ini memiliki AFR 8.93:1 saja. Dengan tentu pasokan udara motor bensin harus dikurangi atau suplai BBM ditambahkan jika ingin menggunakan DME sebagai pengganti bensin di kendaraan.
DME AFR 8.9:1

Mohon koreksi apabila terdapat ketidaksesuaian akan isi materi. Terima kasih sudah mampir.

Jumat, 09 September 2022

Knalpot Jupiter Z Untuk Vega R New

Knalpot Jupiter Z Untuk Vega R New - Sejatinya kedua motor ini masih satu tipe atau generasi. Oleh karenanya banyak komponen yang dapat bertukar atau digunakan bersama. Salah satu yaitu alat peredam suara mesin alias knalpot. Sekilas kedua knalpot motor Jupiter Z dan Vega R New ada perbedaan yang mencolok yaitu tampilan!

Knalpot Jupiter Z terlihat mengkilap dengan adanya lapisan anti karat sedangkan Vega R New hanya diberi cat hitam saja. Tentu secara harga lebih mahal milik Jupiter Z. Bagi pengguna Yamaha Vega R New yang knalpot nya sudah keropos dapat menggunakan milik Jupiter Z.
Knalpot Jupiter Z mengkilap (atas)

Untuk dudukan sama persis keseluruhan baut dan lubang baut. Pokoknya tinggal salin saja deh. Berikut contoh Yamaha Vega R New yang sudah menggunakan knalpot Jupiter Z.


Rabu, 06 Juli 2022

Diameter Liner/Boring dan Crankcase Honda Beat Karburator

Diameter Liner/Boring dan Crankcase Honda Beat Karburator - BeAT, Spacy FI, Scoopy sama saja.

Diameter luar liner 56 mm, crankcase 58 mm. Ukuran tersebut sudah tipis ke jalur oli apabila akan diperbesar.






Selasa, 26 April 2022

Oring Karet As Garpu Persneling V80

Oring Karet As Garpu Persneling V80 - Substitusi karet ini dapat menggunakan oring injektor motor apa saja. Salah satunya produk Honda BeAT namun versi KW. Maklum versi ori sepaket dengan injektor. Selamat mencoba agar oli tidak bocor lagi!

Karet Oring injektor BeAT

Oring injektor terpasang di as garpu V80


Rabu, 03 November 2021

Bearing/Laher dan Oil Seal Dinamo Starter Yamaha Mio

Bearing/Laher dan Oil Seal Dinamo Starter Yamaha Mio - Berikut ukurannya.

Komponen dinamo starter
Yamaha Mio karburator
Untuk bearing atau laher menggunakan 6901 yaitu diameter dalam 12 mm dan luar 24 mm. Untuk oil seal sendiri 12-20-4 yang artinya diameter dalam 12 mm, diameter luar 20 mm, dan lebar 4 mm.


Sabtu, 25 September 2021

Yamaha Jupiter Pakai Kick Starter Vega ZR

 Yamaha Jupiter Pakai Kick Starter Vega ZR - Ada saja rasa penasaran pengguna bebek Jupiter ataupun sejenisnya. Salah satunya adalah mengubah kick starter asli yang memiliki model belah menjadi model tetap. Eits, model tetap yang dimaksud bukan dilas ya! Sebelum masuk ke topik, mari kita lihat kick starter asli Yamaha Jupiter ataupun Jupiter Z.

Kick starter Jupiter Z model belah

Kick starter model belah yang kemudian dikancing dengan baut merupakan model asli Yamaha Jupiter. Ketika memasang starter model ini harus memperhatikan posisi dan kekencangan baut pengikat. Seringkali baut sudah aus namun tetap dipaksakan dipasang. Baut yang tidak dikencangkan semestinya, lalu kick starter kita gunakan, seringkali menyebabkan gigi antara as dengan kick starter rompal. Inilah kelemahan model kick starter model belah.

Melihat model kick starter dari saudara nya yaitu Yamaha Vega ZR atau New Jupiter Z/Z1 memunculkan ide. Bagaimana jika kick starter model tetap tersebut jika digunakan di Yamaha Jupiter? Mari kita lihat model tetap terlebih dahulu.

Kick starter Vega ZR model tetap

Kick starter model tetap ini tidak mengalami perubahan bentuk ketika dipasang. Jika model belah akan berubah bentuk ketika dikencangkan baut, maka model tetap ini tidak seperti itu. Memasangnya hanya cukup dimasukkan ke as dan dikunci dengan mur 14 agar tidak lepas. Simpel, bukan?

Kembali ke topik, bagaimana cara mengaplikasikan kick starter Vega ZR di Jupiter Z? Ternyata mudah sekali. Hanya saling bertukar isi komponen kick starter dan memperbesar lubang as di bak kopling Jupiter. Berikut detailnya.

Perbandingan kick starter secara utuh
Jumlah gigi pada kick starter
Panjang dan model di sisi dalam sama
Perbedaan ada pada as luar
Perbandingan komponen kick starter

Seperti yang terlihat dari detail foto di atas, bagian yang saling bertukar hanya komponen yang berbeda saja. Komponen yang ditukar ialah gigi starter, tahanan per, per starter, tutup per. Kalian akan mengetahui ketika kalian mencoba sendiri memasang bagian-bagian kick starter tersebut.

Ubahan yang paling penting ada pada lubang as pada bak kopling. Saya memilih untuk memperbesar lubang dengan cara bor freis. Diameter asli 15 mm diperbesar menjadi 16 mm. Proses memperbesar ini harus tetap memperhatikan center lubang! Berikut hasilnya.

Unit kick starter terpasang di mesin 
Tinggal memasang kick starter dan mur

Pemasangan pada crankcase sama persis antara menggunakan as kick starter Vega ZR maupun Jupiter. Untuk bak kopling atau kalter kanan pun tidak ada kendala. Sama persis dengan kondisi standar nya. Satu terakhir, seal oli juga memakai standar Jupiter walaupun as kick starter lebih besar 1 mm dari kondisi awal.

Selasa, 28 Juli 2020

Gunakan BBM Sesuai Dengan Rasio Kompresi Mesin

Gunakan BBM Sesuai Dengan Rasio Kompresi Mesin - Motor kita baiknya diisi bahan bakar jenis apa ya? Ada pilihan bensin yaitu Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo yang merupakan produk Pertamina, dan ada juga bensin jenis lain dari perusahaan lain seperti Shell dan Petronas. Semakin banyak lagi pilihan kita.

Mesin motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Perlu dicermati bahwa rasio kompresi mesin masih berhubungan dengan oktan bahan bakar. Rasio kompresi yang dimaksud adalah rasio kompresi dinamis (kompresi efektif mesin), bukan rasio kompresi yang tertera di brosur. Banyak yang salah kaprah di poin tersebut!


Rasio kompresi seperti pada tabel di atas akan memerlukan oktan bahan bakar seperti dalam tabel di atas juga. Namun ingat, rasio kompresi yang tertera pada brosur, khususnya kendaraan 4 tak saat ini bukanlah rasio kompresi dinamis melainkan rasio kompresi statis. Jadi meski pun di brosur rasio kompresi tertera tinggi, belum tentu  rasio kompresi dinamis nya tinggi juga. Sehingga jika kita mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin motor kita, belum tentu menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga.

Contoh:
Pada mesin Vixion tertera di brosur bahwa rasio kompresi nya sebesar 10.4 : 1 tapi masih aman minum premium. Mengapa? Karena profil noken as nya menutup klep IN 65º setelah TMB sehingga selama pergerakan piston dari TMB ke titik tersebut belum terjadi kompresi. Rasio kompresi dinamis terjadi setelah 65º setelah TMB sehingga RKD hanya sebesar 8.3 : 1. Masih aman bukan sesuai tabel?

Lain cerita pada mesin RX King tertera di brosur bahwa rasio kompresi 6.9 : 1 yang dari pabrikan memang dihitung rasio kompresi berdasarkan lubang exhaust. Jika dihitung layaknya motor 4 tak jaman sekarang, maka seharusnya RX King tertera rasio kompresi 11.5 : 1 loh! Silahkan cari perbandingan rasio kompresi motor pada brosur pabrikan Jepang dengan pabrikan Eropa.

Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah?
Bensin dengan oktan rendah bersifat lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai Rasio Kompresi pada mesin akan membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi) dan akan menjadi masalah. Masalah timbul ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas pada tahap kompresi, bensin menyala mendahului busi. Piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Perlahan namun pasti membuat piston seperti permukaan bulan dan bahkan bisa berlubang.

akibat detonasi piston jadi berlubang
Saat terjadi ‘ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Sekali lagi, mesin yang rasio kompresi nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai perbandingan rasio kompresi, bensin harus semakin lambat terbakarnya yaitu bensin yang ber-oktan tinggi. Jadi untuk teman-teman, cermati nilai rasio kompresi mesin motor kita.

Bagaimana kalau diisi bensin dengan oktan lebih tinggi?
Bensin dengan oktan lebih tinggi (pertamax, pertamax turbo, dsb), umumnya dilengkapi dengan aditif pembersih, dan sebagainya. Namun tidak banyak memberi penambahan tenaga, jadi angka oktan tinggi bukan artinya lebih bertenaga. Karena benefitnya kurang sebanding jika dibanding harganya yang tinggi, maka ujung-ujungnya hanyalah merupakan pemborosan uang saja.

Kamis, 16 Juli 2020

Substitusi Rasio Oplosan Untuk Racik Transmisi Yamaha Jupiter

Substitusi Rasio Oplosan Untuk Racik Transmisi Yamaha Jupiter - Untuk mengubah nilai rasio transmisi tidak selalu menggunakan part racing. Salah satu opsi nya adalah mengadopsi atau substitusi dari motor lain. Karena comot part motor lain, diperlukan proses ubahan seperti bubut dan las agar dapat dipakai di Yamaha Jupiter. Berikut bahan rasio yang dapat digunakan untuk Yamaha Jupiter sepengetahuan penulis.

GIGI 1
(12/38) standar
(13/36) GL series
(14/35) CB100 K2

GIGI 2
(17/33) standar
(16/29) RX King - V80/FIZR
(18/32) C70/C800 - GL/CB100

GIGI 3
(21/29) standar

GIGI 4
(21/23) standar
(20-22) TRS - RX King
(20/23) TRS - standar
(22/23) RX King - standar
(23/26) L2S/YB100