Selasa, 30 April 2013

Cara Memasang Kopling Manual Jupiter

Cara Memasang Kopling Manual Jupiter - Apabila ingin menggunakan kopling manual alias kopling tangan, pertama belilah paket kopling manual. Untuk motor Jupiter bisa menggunakan merk TDR, SND, SYS, OEM, dll. Lalu belilah juga  seal bak kopling, seal kick starter, dan pack bak koplingnya.
kopling manual Jupiter
Berikut langkah - langkahnya.
1. Buka bak kopling
Membukanya dapat dengan melepaskan knalpot, footstep, kick starter, dan baut T8.
buka bak kopling lama
2. Buka per kopling dan ambil rod push nya
Rod push terletak di tengah dan ambil rod push ini lalu gantikan dengan rod push yang baru kalian beli. Jangan lupa laher bambunya dipasang kan kembali. lalu pasang kembali per kopling nya.
tukarkan stut kopling dengan yang baru
3. Pasang seal dengan rapat
Memasang seal tinggal memasukkan ke tempatnya. Bisa dibantu dengan pukulan halus menggunakan kunci busi dan dipalu perlahan.
seal bak kopling baru harus terpasang
4. Buka bak magnet dan ambil shift arm nya
Shift arm dapat diambil langsung dengan tangan karena ia tergantung saja pada dudukannya.
ambil beberapa komponen

Berikut kalau ingin menjadikan kopling full manual.
5. Lepas per kampas ganda atau las titik atau mengganti dengan balancer
Agar menjadi kopling full manual, kampas ganda harus dimatikan fungsinya. Kalau melepas per kurang maksimal dibandingkan dengan 2 cara yang lain. Kalau di las, kampas ganda bakal sulit dikembalikan kalau ingin di standard kan kembali. Kalau membeli balancer pastinya butuh dana tambahan kan? Bisa menggunakan milik Jupiter MX seharga 800rb.

Karakter Knalpot Freeflow Aftermarket di Indonesia

Karakter Knalpot Freeflow Aftermarket di Indonesia - Berikut beberapa karakter knalpot free flow dari berbagai merk yang tersebar di Indonesia.

1. SND
Knalpot SND memiliki leher knalpot model terompet, membesar pada bagian muffler. Dengan finishing chrome dan bahan yang ringan menghasilkan aliran gas buang yang lancar sehingga menambah akselerasi dan tenaga. Suara tergolong keras di kelasnya. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T.

2. AHRS
Knalpot AHRS memiliki karakter high power namun suara tetap enak didengar. Terdapat banyak tipe di AHRS dan tiap tipe sangat berbeda karakternya. Intinya AHRS lebih mengutamakan power dan mengutamakan suara yang dihasilkan. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T.

3. CLD
Knalpot CLD memiliki versi untuk standard, kompetisi, maupun racing. Knalpot ada yang berbahan stainless, titanium, dan carbon. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T.

4. CreamPie Jogja
Knalpot bisa pesan secara khusus, mulai dari karakter tenaga maupun suara. Knalpot yang diproduksi secara lokal Jogja mampu menarik minat konsumen hingga luar daerah. Suara yang dihasilkan bisa nyaring bisa juga tidak. Tergantung selera konsumen. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T.

5. R9 - Racing Generation
Knalpot R9 terkenal dengan warnanya yang dapat berubah menjadi biru. Sering disebut sebagai knalpot rainbow alias pelangi. Untuk karakter banyak tipe yang bisa digunakan. Suara lebih terdengar nge-bass dibandingkan knalpot freeflow yang lainnya. harga lumayan tinggi sekitar 1 juta. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T.

6. NOB1
Knalpot NOB1 mengutamakan akselerasi. Dapat diilhat di atas dyno bahwa power naik sedikit namun torsi naik banyak. Suara terdengar halus 2 suara, namun menurut saya kurang bulat. Terdapat DBKiller untuk mengurangi suara yang dihasilkan yang tinggal PnP. Knalpot saat ini masih khusus untuk sepeda motor 4T.

7. DBS
Knalpot DBS terbuat dari stainless steel dan merupakan impor dari Thailand. Terdapat tipe untuk sepeda motor 2T dan 4T. Warna knalpot sering muncul pelangi dengan kombinasi pink dan kuning.

Beberapa Penyebab Motor Terasa Bergetar

Toleransi RPM Aman Tiap Motor Berbeda - Seringkali motor kesayangan kita rewel. Entah rewel karena keausan komponen atau juga karena kesalahan pemasangan. Salah satu yang menggangu kita saat berkendara adalah rasa getar atau suara akibat getaran motor. Berikut beberapa penyebab motor terasa bergetar.

1. Periksa seluruh kekencangan mur baut
Baut dan mur yang kurang kencang membuat getar karena bagian yang tidak di-baut kuat masih dapat bergerak. Kencang kan kembali atau bila perlu ganti baru agar kekencangan mur baut lebih optimal. Biasanya terletak di footstep, knalpot, dan baut mesin (engine mounting).
baut, sekrup
2. Leher knalpot patah
Kejadian ini pernah saya alami. Walaupun baut sudah kencang betul, getaran di putaran atas sangat terasa. Hal ini terjadi karena adanya pulsa gas buang yang mendorong leher hingga timbul bunyi-bunyian dan menimbulkan getaran.
knalpot patah penyebab getaran
3. Velg dan jari-jari
Velg yang jari jarinya bengkok menyebabkan roda tidak lurus saat berputar.Semakin parah kondisi bengkok nya jari jari, maka semakin keras getaran-nya. Cara mengetahuinya sangat mudah, putar roda dan lihat lurus dari depan atau belakang.Jika ban terlihat berputar oleng/tidak lurus berarti jari jari sudah bengkok, bawa dan setel velg ke tukang agar normal kembali.
setel velg
4. Bantalan crankshaft aus
Bantalan poros engkol (crankshaft) yang aus adalah penyebab motor terasa bergetar keras saat dikendarai. Poros engkol adalah sparepart mesin yang bobotnya lebih berat dan dilengkapi dengan balans. Karena bantalan yang aus akan membuat putaran poros engkol menjadi tidak seimbang dan tidak stabil.Jika bantalan poros engkol ini sudah aus akan ditandai oleh getaran mesin tinggi, apalagi saat putaran mesin semakin tinggi. Untuk kasus ini penanganan-nya tergolong berat, karena harus membongkar mesin keseluruhan (turun mesin). Namun harga bantalan crankshaft tidaklah terlalu mahal, dan sebaiknya diganti dengan yang orisinal pabrik.

Jika motor Anda mengalami getaran lebih keras dari biasanya sebaiknya segera ditangani. Karena selain membuat tidak nyaman dikendarai, pada poin nomor dua bisa menyebabkan kerusakan merembet ke part yang lain.

5. Laher roda
Laher roda yang rusak membuat setir bergerak dan bergetar. Pengetesan laher oblak, cuci dulu laher dengan bensin. Lantas ditekan-tekan, bila goyang berarti oblak. Bila yang oblak cuma satu, cukup ganti satu saja. Sebelum memasang bearing baru, bersihkan rumah laher dengan bensin. Lalu olesi dengan gemuk secukupnya, termasuk as rodanya. Cara pasangnya lahernya, yang ada angka kodenya di bagian luar. Memasukkan laher kerumahnya.

Antisipasi Ban Matic Bergelombang

Tanpa disadari, permukaan ban depan skubek bergelombang. Gejala benjol di sekeliling ban 14 inci yang biasa dipakai semua merek matik. Terlebih jika usia pakai lebih dari 10~11 bulan atau mulai terlihat gundul. Sekilas memang tidak tampak seperti bergelombang. Namun jika ban mulai gundul dan ketika diraba, terasa sangat jelas. Bahkan saat melibas jalan halus, efek benjolan akan lebih terasa lagi. Apalagi coba di turunan dengan kondisi mesin off dan pakai satu tangan. Rasanya seperti diaduk-aduk.
ban bergelombang
Analisis penyebab awal dikarenakan tekanan angin kurang atau di bawah ukuran standar. Lantas sering melakukan pengereman depan secara mendadak dan berulang. Saat terjadi pengereman, spontan beban keseluruhan tertumpu di depan. Sehingga penerima beban paling berat ada di roda depan. Makanya jika dilakukan berulang menyebabkan permukaan tapak ban bergelombang.

Satu lagi penyebabnya, biasanya akibat jalan jauh. Ban jadi panas dan tekanan di dalam ban meningkat. Ketika pengereman, ruang dalam ban menye- mpit akibat pengereman. Tekanan itu dipindah pada bagian lain ban, sehingga menyebabkan benjol. 

Mengatasinya, biasakan cek angin ban sesuai tekanan yang ditentukan. Kurangi pengereman depan mendadak dan usahakan ganti angin sebulan sekali atau sesudah melakukan perjalanan jau

Toleransi RPM Aman Tiap Motor Berbeda

Toleransi RPM Aman Tiap Motor Berbeda - Untuk menghitung Kecepatan Piston Kendaraan di dapat dengan Menggunakan Rumus:

Piston Speed = ( 2 x Stroke#dalam satuan meter# x Rpm)/60

dengan:
  • Angka “2″ merupakan perwakilan dari gerak piston yang turun-naik saat mesin berputar 1 putaran penuh.
  • Stroke / langkah piston harus di kompersikan ke satuan meter dari milimeter
  • RPM merupakan putaran mesin tertinggi yang di inginkan.
  • Dan /60 merupakan pengalihan dari putaran RPM (Rotari per Menit) menjadi DETIK (second)
Adapun Kecepatan Ideal Piston (PS) adalah 21 meter/Detik (21 m/s).

Berikut beberapa batas RPM aman motor. 
  1. Yamaha Jupiter memiliki batas RPM 11.500 
  2. Yamaha V80 memiliki batas RPM 13.500 
  3. Yamaha New Jupiter Z memiliki batas RPM 10.800 
  4. Yamaha Jupiter MX memiliki batas RPM 10.700 
  5. Yamaha Vega ZR memiliki batas RPM 10.800 
  6. Yamaha Mio memiliki batas RPM 10.800 
  7. Yamaha Vega R memiliki batas RPM 11.500 
  8. Yamaha Scorpio Z memiliki batas RPM 10.800 
  9. Honda BeAT memiliki batas RPM 11.400 
  10. Honda Blade memiliki batas RPM 11.300 
  11. Honda Vario memiliki batas RPM 11.400 
  12. Honda SupraX 125R memiliki batas RPM 10.800 
  13. Honda Mega Pro memiliki batas RPM 12.700 
  14. Honda Tiger memiliki batas RPM 10.100 
  15. Honda CBR 150 memiliki batas RPM 13.300 
  16. Suzuki Smash memiliki batas RPM 12.900 
  17. Suzuki Satria F memiliki batas RPM 12.900 
  18. Suzuki Thunder memiliki batas RPM 12.900 
  19. Kawasaki Athlete memiliki batas RPM 12.400 
  20. Kawasaki KLX 250 memiliki batas RPM 10.200 
  21. Kawasaki ZX130 memiliki batas RPM 10.600 
  22. Kawasaki Ninja R memiliki batas RPM 11.500 
  23. Kawasaki Ninja 250 memiliki batas RPM 15.200

CDI Unlimiter Merk Varro

CDI Unlimiter Merk Varro - CDI Varro mulai banyak yang mencari saat ini. CDI Varro ini menawarkan kurva pengapian mirip standar motor, namun tanpa adanya limiter RPM. Jadi, sekuat power mesinnya sampai di RPM berapa pun, CDI Varro ini tetap mampu menyuplai pembakaran. Selain fitur non-limiter nya, harganya juga pas di kantong. Rata-rata tidak sampai Rp. 200.000,- Murah bukan? Tetapi jika dibandingkan dengan CDI racing milik BRT, Rextor, Kawahara, dsb. yah dapat dibedakan lah hasilnya. Kan CDI Varro memiliki kurva pengapian standar
cdi unlimiter merk Varro
Pemasangan CDI Varro ini juga mudah dan PnP dengan tipe motor yang digunakan. Tinggal pesan untuk merek dan varian apa bisa langsung menggantikan CDI bawaan motor. Top speed motor akan bertambah akibat limiter RPM menjadi hilang.

Saran
Karena CDI Varro non-limiter, jangan sering membawa motor lebih dari ambang batas RPM motor. Masing-masih motor memiliki toleransi RPM yang berbeda. Rata-rata batas RPM aman adalah 10.000 - 11.500 RPM. Lebih dari itu sebaiknya berhati-hati pada kondisi piston, klep, stang seher, dan kruk as. Jadi bawa motor jangan terlalu sering mencari top speed.

Kelemahan Bubut Magnet untuk Harian

Kelemahan Bubut Magnet untuk Harian - Bubut magnet bertujuan untuk meringankan massa magnet itu sendiri. Setelah ringan, diharapkan RPM jadi cepat naiknya sehingga akselerasi dapat bertambah. Namun, itu baru terjadi jika mekanik bisa mengerjakannya dengan hitungan yang cermat. Salah - salah bisa menyebabkan tenaga motor drop karena bubut magnet nya berlebihan.
magnet yang telah dibubut
Bubut magnet sangat sering digunakan di perlombaan, baik itu road race maupun drag. Namun ketika dipakai untuk harian, banyak dijumpai kelemahan dari bubut magnet tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Sumber listrik untuk penerangan berkurangAnda tidak akan bisa mendapatkan sumber listrik untuk penerangan (lampu) dari magnet tersebut. Listrik penerangan bisa diambil dari accu yg harus charge setiap saat jika sudah habis.
  2. Torsi berkurang akibat terlalu ringan magnet-nyaMeringankan magnet dapat membuat putaran cepat naik, power mesin naik, tapi torsi-nya turun. Kalau magnet terlalu ringan motor cuma njerit tapi tidak mau lari. Kalau mau menaikkan torsi ya bandul atau magnet harus diperberat. Salah satu caranya bisa naik stroke. Saat naik stroke bandul otomatis lebih besar jadi momen putar/torsi-nya juga lebih besar.

Kabel/Tali Kopling Vespa Bisa Untuk Semua Motor

Kabel/Tali Kopling Vespa Bisa Untuk Semua Motor - Kabel kopling vespa memiliki kekuatan material yang sangat kuat, namun harganya murah. Tidak lebih dari Rp. 8.000,- dan dapat dibeli kabel besinya saja. Cara ini terbilang mudah tanpa melepas body kendaraan dan hanya memasukkan kabel baru ke selongsong kabel yang lama. Setelah masuk, kunci kabel dengan pengunci yang ada bersama kabel, dan setel jarak main koplingnya.
tali kopling vespa
tali kopling vespa

Kabel Kopling untuk Jupiter Kopling Manual

Kabel Kopling untuk Jupiter Kopling Manual - Untuk kabel kopling biasanya sudah didapat sepaket dengan bak koplingnya. Ketika kabel kopling sudah tidak enak atau malahan putus, kita bakal bingung membeli kabel milik apa. Paling mudah punya GL100, hanya saja kabelnya kepanjangan. Jadi setelan berada dari ujung ke ujung. Solusi lain ya beli tali kopling vespa untuk kopling manual Jupiter.
kabel kopling

Stut Kopling Manual X1 TDR untuk Jupiter

Stut Kopling Manual X1 TDR untuk Jupiter - Setelah motor kalian menggunakan bak kopling manual, baik Jupiter, Vega R, maupun Crypton, pasti lama kelamaan stut koplingnya aus. Entah melintir ataupun habis karena tekanan terus menerus. Solusi termudah nya ialah produk TDR seharga 140 ribu sudah mampu menebus stut kopling X1 lengkap. Cari saja di toko variasi yang biasa menawarkan produk ini.
stut kopling manual X1 Jupiter merk TDR

Senin, 29 April 2013

Paket Hemat Kopling Manual Jupiter OEM

Paket kopling ini sudah termasuk stut kopling, kabel kopling, handle tangan, dan bak kopling. Harganya paling murah dibandingkan paket kopling X1 asli Thai, TDR, maupun SND yaitu 300rb saja. Di salah satu page motor menjual paket ini seharga 310rb saja. Murah, bukan?
bak kopling manual Jupiter OEM
Cara pasangnya pun tinggal plug n play tanpa mengubah apapun. Cuma kelemahannya tidak disertainya seal bak kopling yang ternyata sulit dicari di toko mana pun. Akhirnya menemukan seal asli Yamaha seharga 20 ribu di Apollo Motor Jember. Kalau tidak mau ribet ya ambil saja milik TDR, cuma bahan lebih tipis namun sangat lengkap jeroannya.

Kembali ke paket ini, bahan yang digunakan ialah bak kopling asli Yamaha Jupiter yang dimodifikasi dengan las yang rapi dan kuat. Warna sama sekali tidak berubah, sangat mirip dengan asli barunya. Tidak usah takut bocor sambungannya dan oli menetes keluar, karena stut sudah dilengkapi karet seal yang mampu menahan tekanan oli.
sil o-ring agar oli tidak rembes
Setelah membeli paket hemat kopling manual ini, sebaiknya belilah juga seal bak kopling satu dan seal kick starter satu, serta pack bak kopling.

Perbedaan Knalpot DBS Asli dan Palsu

Perbedaan Knalpot DBS Asli dan Palsu - Knalpot racing kalau sudah ngetop banyak dipalsukan. Karena alat produksi yang dipakai manual dan murah-meriah. Tukang las pinggir jalan juga bisa. Modalnya pipa, pelat dan las karbit langsung produksi.

Ini yang membuat produsen knalpot DBS membuat gerah. Upaya jalur hukum juga percuma. Akibatnya, para pemalsu pesta pora di negara ini. Hukuman antara pencuri ayam dan koruptor miliaran rupiah sama saja. Apalagi cuma pemalsu. Itu yang membuat merek terkenal seperti DBS memproduksi knalpot yang susah ditiru.

Biasanya knalpot DBS lokal itu ya termasuk knalpot DBS palsu soalnya dari bentuk pun sudah sangat berbeda, apalagi soal suara yang kurang gahar.

Sebenarnya cara membedakan knalpot DBS asli itu sangatlah mudah, dilihat dari kerapihan barang serta bentuk pipanya pun sudah bisa di bedakan. Biasanya untuk knalpot DBS palsu bentuk pipanya model cacing, serta untuk DBS asli dilihat dari model pipanya bentuknya diameternya lebih besar dari yang palsu.

kiri palsu dan kanan asli
Emblem knalpot DBS banyak warnanya akan tetapi tidak memastikan bahwa kalau emblem tersebut palsu, biasanya emblem knalpot DBS berwarna merah, kuning, biru, dan hitam. Akan tetapi jika emblem tersebut berbentuk tidak oval anda perlu curiga, karena selama ini banyak dipasaran bahwa emblem knalpot DBS yang palsu biasanya bentuknya bukan oval.

Kiri emblem palsu dan emblem asli kanan
Untuk model jenis knalpot DBS asli mempunyai 3 jenis bahan utama yaitu titanium,stainless, dan carbon. Bingung ingin pilih yang mana yang bagus. Sebenarnya semuanya bagus akan tetapi model titanium memiliki suara yang lebih gahar dari model lainnya tetapi model titanium ini warnanya aagak kusam, tidak cocok untuk anda bagi yang mengutamakan soal keindahanya. Untuk model stainless memiliki slincer yang lebih kinclong dan beda dengan model lainya. Model carbon yang memang lebih mahal dari yang lainya merupakan model yang paling banyak di cari buat para bikers karena bahan slincernya carbon yang tidak panas jika terkena kulit. 

Jika anda tertarik ingin membeli knalpot tersebut waspada lah karena di pasaran sudah banyak model knalpot asli tapi palsu, tanyakan kepada pembeli apa ini asli atau palsu, jika kurang percaya bisa ajak teman anda yang sudah paham benar dengan knalpot ini.