Selasa, 27 Januari 2015

7 Penyebab Ban Oleng ala FDR

7 Penyebab Ban Oleng ala FDR - Langsung lihat gambar di bawah ini tentang penyebab ban terasa oleng ala FDR.
penyebab ban terasa oleng

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda Vario 110

Profil Camshaft/Noken As Standar Honda Vario 110 - Berikut detail profil noken as di motor Honda Vario 110.

Durasi : Open + 180 + Close = x Derajat
IN :  33 + 180 + 62 = 265º
EX : 45 + 180 + 45 = 270º
Overlap : 78º

Celah renggang klep :
IN :  0.10 mm
EX : 0.15 mm

Ø pinggang = 28.2 mm
Ø lift = 33 mm
Lift Kem = 4.8 mm
noken as Vario 110

Rabu, 21 Januari 2015

Spesifikasi Yamaha RS 100


Mesin
Tipe mesin : 2 tak, silinder tunggal, berpendingin udara
Kapasitas mesin : 97 cc
Diameter x Langkah : 52 x 45.6 mm
Max. Power : 10.5 hp/7500 rpm
Max. Torsi : kgf.m
Rasio kompresi : 6.8 : 1
Fuel control : Membran Reed valve
Pengabut bahan bakar : Karburator
Gearbox : 5 speed

Dimensi
Berat kering : 93 kg
Kapasitas tangki bensin : 9 L

Kaki-kaki
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Lengan ayun, shockabsorber
Ban depan : 2.50 18"
Ban belakang : 2.75 18"
Rem depan : Tromol
Rem belakang : Tromol

Tarikan Pompa Oli RX King Menggunakan Operan Sepeda

Tarikan Pompa Oli RX King Menggunakan Operan Sepeda - Kebanyakan motor 2 tak ogah menggunakan cabang kabel yang menghubungkan handle ke karburator dan pompa oli. Akibatnya pompa oli disetel permanen, alias keluaran oli hanya segitu saja. Ketika dipakai pelan pada rpm rendah tidak masalah. Namun ketika motor berteriak di rpm tinggi pasti butuh oli samping lebih agar tidak overheat. Perlu mengakali lagi masalah ini.
setelan pompa manual di tangan
Akal ditemukan. Caranya adalah menggunakan operan sepeda gunung yang bisa didapatkan seharga 25 ribu di onderdil sepeda. Cara pasang nya adalah dengan meletakkan operan di stang setir, atau rangka, atau dimanapun. Lalu kabel dihubungkan ke pompa oli melalui jalur yang ada. Naple kabel sendiri perlu dibuatkan ulang menggunakan timah.
penggunaan setelan oli
Untuk penggunaan cukup seperti operan sepeda. Geser saja ke samping. Oh ya, sebelumnya disetel dulu jarak main pompa oli nya.

Mur Setelan Celah Klep Dibalik

Mur Setelan Celah Klep Dibalik - Maksud dari judul ini adalah bahwa letak mur setelan klep yang standar ada di atas pelatuk dipindah di bawah pelatuk. Cara ini dilakukan jika noken as sudah di papas atau di bubut melebihi batas penyetelan standar. Kira-kira apabila dipapas/bubut noken 3 mm lebih akan membutuhkan cara ini. Juga cara ini mudah dipakai untuk motor yang tutup klep nya lebar seperti Jupiter, Smash, dsb. Apalagi tutup kop nya terpisah, seperti Beat, Vario, dsb. Lain halnya dengan GL series.
posisi mur setelan klep
Caranya tinggal memindahkan posisi mur. Setel ulang celah klep yang diinginkan. Kencangkan seperti biasa. Beres.

Jumat, 16 Januari 2015

Spesifikasi Yamaha Mio 125 M3

yamaha Mio 125 M3
Mesin
Tipe Mesin : 4 langkah, tunggal, berpendingin udara, SOHC
Diameter x Langkah : 52.4 x 57.9 mm
Perbandingan Kompresi : 9.5 : 1
Max. Power : 9.4 hp/8000 rpm
Max. Torsi : 9.6 N.m/5500 rpm
Sistem Starter : Elektrik dan kick starter
Sistem Pelumasan : Wet-sump
Kapasitas oli mesin : 800 mL
Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
Tipe Kopling : Kering, sentrifugal
Tipe Transmisi : Sabuk V-Belt

Dimensi
P x L T : 1.870 x 685 x 1.035 mm
Jarak sumbu roda : 1.260 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi jok : 750 mm
Berat : 92 kg (SW) ; 94 kg (CW)
Tangki bahan bakar : 4.2 L

Kaki - kaki
Tipe Rangka : Underbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Unit swing
Ban depan : 70/90 - 14" M/C 34P
Ban belakang : 80/90 - 14" M/C 40P
Rem depan : Single disc brake
Rem belakang : Drum brake

Kelistrikan
Sistem pengapian : TCI
Aki : YTZ 4V / GTZ 4V
Tipe Busi : NGK CR6HSA

Kamis, 15 Januari 2015

Korek Standar Honda Absolute Revo 110

1. Piston Honda Vario 110 dengan diameter 50 mm
Piston jenong agar kompresi lebih padat sehingga power dan torsi lebih terkatrol. Ubahan ada pada coakan piston diperdalam dan dipaskan lagi. Tidak perlu kolter apabila liner masih sehat.
piston Vario 110
2. Noken as Kawahara
Noken as menggunakan merk Kawahara agar karakter tidak terlalu jauh dibanding standar. Apabila sulit mencari untuk Absolute Revo, maka tinggal tanya milik Blade karena sama.
noken as racing

Rabu, 14 Januari 2015

Korek Harian Yamaha Vega RR 125 cc

1. Piston Jupiter Z oversize 100 dengan diameter 52 mm
Pemasangan cukup kolter boring standar dan mengecilkan pantat piston karena akan membentur bandul kruk as. Pembuangan pantat piston 1 mm kiri dan kanan atau sekalian dipotong saja.
piston Jupiter Z
2. Karburator reamer 20 mm
Skep diganti dengan milik Suzuki RC dengan diameter 19 mm. Venturi sendiri diangkat hingga 20 mm saja dengan lebar 18 mm. Spuyer karburator berubah menyesuaikan mesin.
karburator reamer
3. Knalpot modif
Bagian muffler dibobok sekat nya agar pembuangan lebih lancar.
knalpot bobok

Korek Touring Honda MegaPro 190 cc

1. Noken As Costum
Ubahan yang utama ada di noken as. Noken as standar terlalu sempit LSA nya sehingga power mesin kurang merata ke rpm tinggi. Durasi dibuat lebar 280º baik IN maupun EX dengan LSA 110º dan overlap 60º. Lift dibuat rata IN dan EX sejauh 7.5 mm.
noken as MegaPro
2. Piston Scorpio dengan diameter 70 mm
Piston menggunakan Yamaha Scorpio dengan dibuatkan boss pen piston nya. Pen piston MegaPro 15 mm, sedangkan Scorpio 16 mm. Liner juga diganti kepunyaan diesel agar piston awet dan tidak terlalu panas saat dipakai jarak jauh. Dome piston dibentuk ulang.
piston bore up
3. Klep 35/30 mm
Klep turut diperbesar agar mesin tidak tertahan power nya di rpm tinggi. Kubah dibuat lebih lebar menyesuaikan piston agar kompresi tidak terlalu tinggi dan bisa minum premium. Lari motor dipastikan berbeda dengan standar tapi tidak perlu sampai motor drag.
klep 35/30 mm
4. Knalpot Tiger Revo
Selain membuat tampilan motor terlihat gagah, gas buang knalpot lebih lancar dibanding standar. Pemasangan hanya mengubah leher agar bisa pas terpasang.
MegaPro dengan knalpot Tiger
5. Karburator Yamaha RX King
Karburator untuk performa mulai dr rpm bawah hingga atas. Spuyer karburator disetting ulang menyesuaikan mesin. Ubahan ada pada kabel gas dan joint intake.
karburator RX King

Selasa, 13 Januari 2015

Cara Mudah Membersihkan Klep Dengan Bor

Cara Mudah Membersihkan Klep Dengan Bor - Apabila klep kita kotor dan tertumpuk kerak, aliran bahan bakar maupun gas buang akan tidak lancar. Performa motor akan berkurang. Alangkah baiknya saat kita melakukan servis besar dilakukan bersih-bersih kepala piston, klep, porting, dsb. Untuk pembersihan klep secara cepat dan bersih kita dapat menggunakan bor dan mata gergaji sebagai alat kerik nya.
membersihkan klep
Cara ini tergolong cepat, mudah, dan efisien. Kotoran akan terlepas semua dan kita tidak susah. Caranya tinggal memasang klep sebagai mata bor dan kita putar layaknya mesin bubut. Mata gergaji digunakan sebagai pahat yang mengangkat kotoran. Cukup kita tekan pelan saja agar klep tidak tergerus. Hati - hati pada dudukan seating klep jangan ikut dikerik. Setelah bersih kita coba pasang apakah ada kebocoran pada klep. Lakukan proses skur klep apabila diperlukan.

Pengganti Per Tensioner Astrea Yang Kuat

Pengganti Per Tensioner Astrea Yang Kuat - Sistem rantai timing di mesin Honda C-series dikenal dengan kelemahannya yang mudah kendor, berisik, dan cepat ganti roller dan rantai nya. Cara mengatasi nya adalah dengan modifikasi arm penekan rantai dan mengganti per tensioner astrea dengan yang lebih keras. Per yang cocok adalah per tahanan rem tromol bebek.
per tensioner C-series
Cara memasangnya mudah, cukup potong panjang per sesuai kebutuhan. Apabila terlalu keras akan menimbulkan dengung dan apabila terlalu lembek ya kelebihan memotong per nya. Terpaksa beli lagi dan diulang. Agar optimal diperlukan pemapasan arm penekan rantai. Rantai nantinya lebih kencang dan aman, serta tanpa pakai suara berisik.
penekan rantai dimodif
per tahanan rem tromol

Cara Membaca Kode di Dinding Ban

Cara Membaca Kode di Dinding Ban - Pada setiap ban yang diproduksi oleh pabrikan pasti diberi kode di dinding ban nya. Tujuannya adalah untuk mempermudah orang untuk mengecek karakter ban. Berikut penjelasan secara singkatnya.
arti kode di dinding ban
Seperti tertulis pada contoh. 130/70 di awal menunjukkan lebar ban dan tinggi ban. Angka 130 dihitung dengan milimeter (mm) adalah lebar tapak ban. Sedang angka 70 merupakan tinggi ban dihitung persen dari lebar ban. Selama ini 70 dianggap tinggi 70 mm, padahal ini merupakan hitungan persentase dari lebar tapak. Artinya tinggi ban 91 mm dari 70 persen lebar tapak yang 130 mm.

Sedang huruf M/C pengertian dari motorcycle yang diartikan ban sepeda motor. Lalu tulisan 62 paling belakang adalah kode kemampuan ban menerima bobot maksimal. Selanjutnya dengan huruf ‘S’ adalah batas aman kecepatan putar ban. Dalam keadaan baru aman digeber sampai 200 km/jam. Tetapi kalau sudah setahun dipakai ya jangan diartikan begitu lagi, sudah menurun daya tahannya terhadap panas. 

Jangan lupa melihat arah panah pada dinding ban, itu arah rotasi ban. Anak panah ini juga ada di setiap ban yang kembangnya alias pattern dilarang terbalik