Jumat, 10 Juli 2015

Modifikasi Bearing Kanan Noken As GL/CB100

Modifikasi Bearing Kanan Noken As GL/CB100 - Untuk menambahkan laher noken as di sisi kanan milik motor GL100 atau CB100 sangatlah mudah. Tinggal kita lihat dudukan laher kanan di kop merupakan tipe kecil atau besar. Apabila tipe kecil, kita tinggal membeli laher noken as kanan Honda Grand (6902) dan menyesuaikan noken as CB100 kita di tukang bubut. Apabila tipe besar, kita tinggal membeli laher dengan kode 6002 dan menyesuaikan noken as GL100 kita di tukang bubut. Keduanya sama-sama tidak memodifikasi head. Jangan salah memodifikasi menggunakan laher noken as milik MegaPro atau Tiger, karena tipenya lebih besar.
noken as GL100 dengan laher kanan
noken as GL100 + bearing 6002
noken as CB100 + bearing 6902
beda noken as Gl100 dan MegaPro

Pemeriksaan Celah/Gap Ring Piston

Pemeriksaan Celah/Gap Ring Piston - Ring piston berfungsi untuk merapatkan celah antara piston dan lubang silinder blok. Ring piston bekerja menahan tekanan gas dan ledakan yang terjadi pada saat langkah usaha, sehingga tidak bocor ke ruang di bawah piston. Kerja ring piston tidaklah ringan, sebab ring piston harus menahan panas yang sangat tinggi dari panas pembakaran. Pemuaian berlebihan dapat mengakibatkan piston terkunci. Untuk itulah kualitas bahan dari ring piston sudah dipilih sedemikian rupa sehingga memiliki kemampuan menahan panas yang tinggi dan juga mampu menahan tekanan hasil pembakaran.
pemeriksaan celah ring piston
Selain itu ring piston yang berguna untuk merapatkan piston dan lubang silinder yang mengakibatkan juga terjadinya gesekan antara ring piston dan lubang silinder. Memang terdapat pelumasan antara ring piston dengan lubang silinder. Tapi lama kelamaan ring piston juga terkikis sedikit demi sedikit yang lama kelamaan keausan ini akan semakin besar. Keausan ring piston yang berlebihan membuat ring piston tidak mampu melakukan kerjanya untuk menahan tekanan pembakaran, dan juga merapatkan celah antara piston dan lubang silinder. Ring piston yang sudah aus harus diganti, sebab mesin akan sulit dihidupkan. Dan untuk mengetahui keausan ring piston ini, maka dilakukanlah pemeriksaan gap ring piston (celah kedua ujung dari ring piston). Langkah pemeriksaan gap ring piston adalah:
  1. Masukkan ring piston ke dalam lubang silinder di silinder blok.
  2. Ukur celah antara kedua ujung ring piston dengan menggunakan fuller gauge.
  3. Bandingkan hasil pengukuran dengan batas penggantian ring piston. Batas penggantian biasanya sebesar 0.25 mm. Jika hasil pengukuran melebihi batas tersebut, sebaiknya ring piston diganti.
Ring piston yang sudah aus pada sisi luarnya, akan membuat celah ring piston (gap ring piston) semakin besar saat masuk ke dalam lubang silinder. Inilah kenapa gap ring piston yang jadi pedoman dalam pengukuran untuk mengetahui keausan ring piston. Sebelum mengganti ring piston, sebaiknya lakukan juga pemeriksaan terhadap piston dan lubang silinder. Jika keausan piston dan lubang silinder juga sudah parah, maka harus dikorter. Artinya piston dan ring piston diganti dengan ukuran yang lebih besar, dan lubang silinder diperbesar. Perbaikan ini dilakukan di bengkel korter yang sudah berpengalaman dalam hal korter.

Diameter Luar Liner/Boring Honda GL100 dan CB100

Diameter Luar Liner/Boring Honda GL100 - Diameter luar liner/boring berfungsi sebagai acuan batasan bore up. Untuk diameter luar liner/boring dari Honda GL100 maupun CB100 sebesar 58.9 mm. Jadi setidaknya untuk harian maksimal dipaksa piston 55 mm masih aman. Kalau keperluan race yang sesaat bisa sampai 56.5 mm. Ingin bore up lebih dari itu ya ganti liner nya. Wong diameter crankcase masih lebar.
diameter luar liner GL/CB100

Diameter Crankcase Honda GL100

Diameter Crankcase Honda GL100 - Saya mengukur diameter dari lubang crankcase tempat dimana blok piston masuk. Diameter yang terukur sebesar 70.9 mm. Namun belum diketahui ini kondisi standar atau tidak karena saya tidak mengecek dengan pasti kondisi crankcase waktu itu.
diameter crankcase Honda GL100

Desain Noken As Terhadap Performa

Desain Noken As Terhadap Performa - Noken as pada motor 4 tak adalah kunci dari karakter mesin tersebut. Performa, torsi, konsumsi bahan bakar, dll berubah drastis apabila kita memainkan desain dari sebuah noken as tersebut. Perlu diingat bahwa noken as memiliki 4 poin utama, yaitu lift, durasi, overlap, dan LSA. Pelajari lagi durasi dan lift di artikel sebelumnya. Untuk teknik modifikasi noken as silahkan lihat di sini.
diagram noken as ala Comp Cams
Oke langsung saja. Silahkan dilihat gambar di bawah ini. Cermati diagram noken as dan juga efek yang dihasilkan di keterangan gambar.
efek dari desain noken as terhadap performa

Pengaruh Titik Overlap Kem Terhadap Powerband Motor

Pengaruh Titik Overlap Kem Terhadap Powerband Motor - Titik overlap merupakan saat dimana lift klep in dan ex adalah sama. Cara melihatnya adalah dengan mengira-ngira titik lift overlap in dan ex bertemu. Mudahnya saat overlap adalah saat seperti gambar di bawah. Apabila kita melihat letak titik overlap tersebut, maka kita dapat menyimpulkan sesuatu. Kesimpulan dari letak titik overlap tersebut bisa tepat di TMA, Advance, ataupun Retard. Masing-masing kriteria tersebut mempengaruhi powerband dari motor.
titik overlap
Letak titik overlap yang advance mengartikan bahwa powerband keluar lebih cepat dan juga berakhir lebih cepat. Cocok untuk motor yang bermain di rpm rendah dan trek pendek. Sedangkan letak titik overlap yang retard mengartikan bahwa powerband di rpm tinggi. Nafas motor terasa enak saat mesin sudah teriak rpm tinggi, namun tarikan rpm rendah kurang baik. Tentunya efek dari profil titik overlap kem hampir sama dengan kita mengubah posisi top timing. Dan juga hasil dari noken as juga dipengaruhi setting top nya.
retard vs advance
bila lift overlap ex lebih rendah dari in = advance
bila lift overlap ex lebih tinggi dari in = retard
Sebagai info tambahan, penulis sering menjumpai camshaft motor balap mayoritas titik overlap kem nya adalah advance. Kalau titik overlap yang retard dapat dijumpai di motor yang dipakai untuk jarak jauh alias butuh nafas panjang.

Kamis, 09 Juli 2015

Spesifikasi Honda Sonic 150

Honda Sonic 125
kakak dari Sonic 150
Mesin
Tipe mesin : 4-tak, DOHC, berpendingin air
Diameter x langkah : 57,3 x 57,8 mm
Kapasitas : 148,2 cc
Perbandingan kompresi : 11,3:1
Power maksimum : 15,4 dk/9.000 rpm
Torsi maksimum : 13,5 Nm/8.500 rpm

Dimensi
P x L x T : 1.941 x 659 x 977 mm
Sumbu roda : 1.275 mm
Tinggi jok : 754 mm
Ground clearance : 140 mm
Berat : 114,2 kg
Kapasitas tangki bensin : 4,3 liter

Kaki-kaki
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Cakram
Ban depan : 70/90 - 17"
Ban belakang : 80/90 - 17"

Selasa, 07 Juli 2015

Diameter Crankcase Suzuki Smash 110

Diameter Crankcase Suzuki Smash 110 - Diameter dari lubang crankcase yang menjadi tempat liner blok pada Suzuki Smash 110 adalah 62 mm. Untuk diameter liner sendiri sudah 60.6 mm standar nya. Jadi kalau bore up piston besar lebih aman perbesar crankcase juga.
mengukur diameter crankcase Smash 110

Sabtu, 27 Juni 2015

Perbedaan Camshaft/Noken As Honda Verza dan New MegaPro

Perbedaan Camshaft/Noken As Honda Verza dan New MegaPro - Jelas sekali dua produk Honda ini mirip jika dilihat dari mesinnya. Namun sempat dijelaskan di situs otomotif nasional bahwa banyak perbedaan antara Honda Verza dan New MegaPro. Salah satunya adalah dari noken as alias camshaft.
noken as Verza dan New MegaPro
Berikut artikel yang saya ambil.
berdasarkan salah satu artikel otomotif
Dilihat dari detail yang diberikan, ternyata hanya nol kem dan titik top saja yang bergeser. Jadi noken as Verza seolah terpasang lebih advance. Silahkan hitung sendiri Lobe Center (LC) noken as sebagai pembuktian. Oleh karena itu puncak torsi Verza keluar di rpm lebih rendah dibandingkan New MegaPro.
berdasarkan salah satu artikel otomotif
Yah sekedar bayang-bayang, apabila ingin Verza dibuat lebih bermain rpm tinggi bisa mengganti noken as milik New MegaPro. Jika ingin minimal biaya dan memanfaatkan noken as standar Verza ya tinggal ubah top kem lebih retard. Bisa dengan modif gir timing atau beli gir timing adjustable. Pasti power mesin ikut naik sesuai rumus power - torque.

Karet Intake Joint RX King (Mirip Velocity Stack)

Karet Intake Joint RX King (Mirip Velocity Stack) - Sesuai dengan judul, dapat dilihat bahwa karet penghubung antara karburator RX King dengan box filter berbentuk velocity stack. Secara sederhana saja dapat disimpulkan bahwa aliran udara akan menjadi lebih terarah dan nafas motor panjang. Part ini juga menjadi salah satu pendukung mengapa RX King digemari untuk kecepatan. Tentunya intake joint yang mirip corong ini juga dapat dipasang di karburator lain yang sejenis seperti Keihin PWK, PE, PJ, dsb. Harga part ini berdasarkan website resmi Yamaha sebesar Rp. 17.000,- rupiah saja.
karet intake joint RX King
karet intake joint RX King

Detail 4 Speed F1ZR di Yamaha V80

Detail 4 Speed F1ZR di Yamaha V80 - Berikut beberapa penjelasan dan tambahan keterangan dalam part 4 speed bawaan motor Yamaha Force One, F1Z, F1ZR, Alfa, dsb., jika ingin dipasang di Yamaha bebek V80.
girboks 4 speed Yamaha F1ZR
1. Counter Shaft
Untuk dimensi counter shaft sama saja. Hanya susunan jumlah gigi yang berbeda.  Pada gigi 1 V80 gigi starter 26 mata, sedangkan fizr/alfa 28 mata. Untuk part ini tidak perlu ada ubahan.
counter shaft
F1ZR (kiri), V80 (kanan)
2. Main Shaft
Untuk dimensi main shaft juga bisa langsung tukar alias dipasang langsung di Yamaha V80. Jangan lupa untuk memasang ring di sebelah kanan gir (dilihat dari gambar di bawah). Untuk main shaft V80 (gambar di bawah bagian atas) sudah dipotong karena sebelumnya 3 speed dengan kopling manual.
main shaft
V80 sudah costum (atas), F1ZR (bawah)
3. Garpu
Tuas pemindah gir sebaiknya menggunakan bawaan F1ZR agar masuk di gir F1ZR. Diameter lubang ke pin masih sama sehingga bisa juga langsung dipasang. Hanya saja klip pengunci pin harus dilepas. Di bagian luar crankcase harus diberi tahanan agar pin tidak keluar dari mesin. Atau kalau tidak dengan cara itu, pin masih bisa dipakai namun harus mengurangi sedikit daging garpu dengan gerinda.
Garpu persneling
4. Botol presneling
Untuk botol pengatur presneling memiliki bentuk mirip. Berbeda di bagian dudukan crankcase antara V80 dan F1ZR. Untuk hal ini saya mengambil langkah modif botolan agar menyerupai V80, sehingga bisa PNP ke V80 manapun. Cara lain adalah mengubah crankcase (dudukan botolan) dengan las aluminium.
botol presneling standar
V80 (atas), F1ZR (bawah)
botol presneling F1ZR costum for V80
5. Gir Kickstarter
Untuk gir kickstarter membutuhkan milik F1ZR. Jumlah mata gir di counter shaft berbeda. Yamaha V80 berjumlah 26 mata dan FIZR 28 mata, sehingga harus ganti gir kickstarter F1ZR agar masuk ke girboks 4 speed.

6. Stopper
Untuk stopper menggunakan standar V80 namun dipotong dan dikurangi panjangnya. Setelah itu disambung kembali menggunakan las. Sebaiknya penyambungan dibuat lurus seperti bawaan dan dicoba harus tepat menahan botol presneling di tiap gir. Kalau tidak tepat, maka tidak akan bisa netral, atau masuk gigi dengan lancar.
stopper V80 harus costum di 4 speed
stopper V80 4 speed
7. As Presneling
Untuk as presneling bawaan V80 standar alias tidak ada ubahan.
as presneling V80
NB: Untuk ubahan 4 speed V80 memerlukan rumah kopling F1ZR assy dan wajib modif kopling manual tangan. Kecuali jika kalian mengoplos 2 rasio jadi 1 (bagian persneling dalam fiz as luar V80) maka dapat menggunakan kopling standar.

Jumat, 26 Juni 2015

Pin/Soket Kiprok Standar Yamaha, Suzuki, dan Honda

Pin/Soket Kiprok Standar Yamaha, Suzuki, dan Honda - Berikut merupakan letak posisi pin/soket kiprok standar dari motor Yamaha, Suzuki, dan Honda. Tentunya keterangan ini memudahkan kita memasang pin kabel agar tidak tertukar fungsi masing-masing pin nya.
pin/soket kiprok standar