Detail 4 Speed F1ZR di Yamaha V80 - Berikut beberapa penjelasan dan tambahan keterangan dalam part 4 speed bawaan motor Yamaha Force One, F1Z, F1ZR, Alfa, dsb., jika ingin dipasang di Yamaha bebek V80.
|
girboks 4 speed Yamaha F1ZR |
1. Counter Shaft
Untuk dimensi counter shaft sama saja. Hanya susunan jumlah gigi yang berbeda. Pada gigi 1 V80 gigi starter 26 mata, sedangkan fizr/alfa 28 mata. Untuk part ini tidak perlu ada ubahan.
|
counter shaft
F1ZR (kiri), V80 (kanan) |
2. Main Shaft
Untuk dimensi main shaft juga bisa langsung tukar alias dipasang langsung di Yamaha V80. Jangan lupa untuk memasang ring di sebelah kanan gir (dilihat dari gambar di bawah). Untuk main shaft V80 (gambar di bawah bagian atas) sudah dipotong karena sebelumnya 3 speed dengan kopling manual.
|
main shaft
V80 sudah costum (atas), F1ZR (bawah) |
3. Garpu
Tuas pemindah gir sebaiknya menggunakan bawaan F1ZR agar masuk di gir F1ZR. Diameter lubang ke pin masih sama sehingga bisa juga langsung dipasang. Hanya saja klip pengunci pin harus dilepas. Di bagian luar crankcase harus diberi tahanan agar pin tidak keluar dari mesin. Atau kalau tidak dengan cara itu, pin masih bisa dipakai namun harus mengurangi sedikit daging garpu dengan gerinda.
|
Garpu persneling |
4. Botol presneling
Untuk botol pengatur presneling memiliki bentuk mirip. Berbeda di bagian dudukan crankcase antara V80 dan F1ZR. Untuk hal ini saya mengambil langkah modif botolan agar menyerupai V80, sehingga bisa PNP ke V80 manapun. Cara lain adalah mengubah crankcase (dudukan botolan) dengan las aluminium.
|
botol presneling standar
V80 (atas), F1ZR (bawah) |
|
botol presneling F1ZR costum for V80 |
5. Gir Kickstarter
Untuk gir kickstarter membutuhkan milik F1ZR. Jumlah mata gir di counter shaft berbeda. Yamaha V80 berjumlah 26 mata dan FIZR 28 mata, sehingga harus ganti gir kickstarter F1ZR agar masuk ke girboks 4 speed.
6. Stopper
Untuk stopper menggunakan standar V80 namun dipotong dan dikurangi panjangnya. Setelah itu disambung kembali menggunakan las. Sebaiknya penyambungan dibuat lurus seperti bawaan dan dicoba harus tepat menahan botol presneling di tiap gir. Kalau tidak tepat, maka tidak akan bisa netral, atau masuk gigi dengan lancar.
|
stopper V80 harus costum di 4 speed |
|
stopper V80 4 speed |
7. As Presneling
Untuk as presneling bawaan V80 standar alias tidak ada ubahan.
|
as presneling V80 |
NB: Untuk ubahan 4 speed V80 memerlukan rumah kopling F1ZR assy dan wajib modif kopling manual tangan. Kecuali jika kalian mengoplos 2 rasio jadi 1 (bagian persneling dalam fiz as luar V80) maka dapat menggunakan kopling standar.