Kamis, 13 Februari 2014

Membuat Speedometer Indiglow Sederhana

Saat ini banyak dijumpai motor yang dimodifikasi agar tampil menarik. Bisa dari tampilan stiker, warna, ornamen, hingga tak luput speedometer ini. Produk variasi sudah banyak beredar di masyarakat dengan harga bervariasi mulai dari 800 ribu hingga 2 jutaan. Namun, karena keterbatasan dana, kita diharuskan berkreasi sendiri dengan dana secukupnya.
speedometer bercahaya indoglow sederhana
Contohnya adalah motor saya sendiri yang saya costum lampu background speedometer nya. Tampilan sederhana dengan aksen warna biru, hijau, dan merah (dapat dilihat pada gambar di atas). Kelebihannya adalah biaya yang murah dan simpel. Kekurangannya adalah jika ingin tampilan lebih menarik, maka dibutuhkan kreativitas lebih.

Bahan yang dibutuhkan antara lain adalah lampu LED (warna bebas), resistor, dan kabel. Cara merangkainya pun mudah, yaitu tinggal hubungkan secara seri (jika mengikuti milik saya). Lalu pada bagian kaki LED negatif diberi resistor. Selanjutnya tinggal hubungkan negatif ke massa dan positif ke kabel coklat kontak (pada motor Jupiter). Rapikan seluruh rangkaian agar aman dari korsleting dan hasil pengerjaan lebih teratur.
rangkaian yang digunakan di motor saya
  • LED 1 = warna merah
  • LED 2 = warna hijau
  • LED 3 = warna biru
  • R = 300 Ω; 1 watt
    tampilan pada Jupiter Z burhan

3 komentar:

  1. mantap kang, jd pengen modif punya smash titan. o iya, itu speedometernya dibongkar ? ataukah led nya cuma dipasang di bekas bohlam?
    thanks

    BalasHapus
  2. dibongkar dlu.. pemasangan melingkar ehhehe

    BalasHapus
  3. Bro mau donk belakar langsung k ente? Tinggal dmna? Mnta no nya juga donk? Motor ane juga jupiter juga! Sms k ane aja bro bls nya? 089632915645

    BalasHapus