Selasa, 11 Februari 2014

Substitusi Blok Mesin Vega ZR dan Mio

Substitusi Blok Mesin Vega ZR dan Mio - Secara spek teknis, Yamaha Mio dan Vega ZR sangat mirip. Terlihat dari kapasitas mesin sama-sama 113,7 cc yang didapat dari diameter x stroke yaitu 50 x 57,9 mm. Ini yang bikin muncul pertanyaan, apakah komponen atau part kedua tipe Yamaha itu bisa saling tukar. Terutama mesin atas alias mulai dari blok silinder hingga head cylinder. Biar nggak penasaran, baiknya bedah aja keduanya. Kita cari tahu persamaan dan perbedaanya. Apakah cuma sekedar bore x stroke doang yang sama. Atau memang banyak perbedaan lainnya.
blok mio dicoba masuk ke Vega ZR
Dari banyaknya part aftermarket racing Mio, blok dan kepala silinder banyak ditawarkan. Itu karena cukup dengan menggati part bolt-on tersebut, speedgoers pun sudah bisa melaju kencang di lintasan. Cara bore up, banyak ditempuh. Untuk Yamaha Mio, mulai dari piston 58 mm hingga 70 mm bisa diaplikasi. So, buat Yamaha Vega baru alias ZR ini gimana ya? Langsung aja empat baut kepala silinder dilepas.

Kelar head silinder dan blok dilepas, blok aftermarket Mio pun coba dipasang. Melewati empat baut pemegang blok dan kepala silinder, blok enggak ada masalah! Jarak lebar lubang baut yang ditawarkan ZR, sama dengan blok Mio. Bahkan, untuk bos blok atas dengan kepala silinder dan bos blok bawah dengan crankcase pun bisa saling subsitusi. Yap! Antara bos blok dengan baut empat sama sekali enggak ada masalah.
baut tusuk samping mesin
Tapi begitu blok ketemu bibir crankcase, baru muncul persoalan. Lubang baut samping kiri pemegang head dan blok Mio dengan crankcase ZR berbeda jarak. Bagian luar blok Mio, lebih kecil dari ZR. Untuk bagian atas, selisih lubang baut di crankcase ZR lebih tinggi sekitar 4,26 mm. Sedang bagian bawah, lebih pendek 3,13 mm. Tapi untuk lubang linner-nya, tidak ada masalah tuh. Piston tepat ada di tengah.

Penasaran dengan hal ini, blok silinder ZR pun coba dipasang kembali. Selanjutnya coba kombinasi-kan part antara kepala silinder aftermarket Mio dengan blok ZR. Ternyata, tetap saja kendala yang sama muncul kembali. Ya, beda jarak dua baut samping pemegang blok dan kepala silinder. Buat yang ingin memaksakan aplikasi part aftermarket, bisa saja sih. Tapi, itu artinya kudu buat dudukan ulang baut samping di crankcase. Begitunya, kekuatan pemegang blok pun tidak berubah drastis.
piston Mio dan Vega ZR
Tidak cuma sampai di situ perbedaan engine Mio dengan ZR. Meski memiliki stroke X bore sama, tapi lubang pen piston yang dimiliki keduanya taunya juga beda. Milik Yamaha Mio, aplikasi diameter pen piston 15 mm. Sedang yamaha Vega ZR, lebih kecil ketimbang Mio. Yaitu, 13 mm. Begitunya, piston bolt-on aftermarket yang ditawarkan Mio pun gak bisa diaplikasi langsung. Kalau ingin ganti piston bore-up, maka harus ganti setang piston pakai punya Mio.

Sebenarnya bisa aja kalau mau paksa pakai setang ZR. Itu artinya diameter pen piston atas, kudu diperbasar lagi 2 mm. Tapi, langkah ini boleh dibilang cukup berisiko. Karena luas bagian setang menjadi lebih tipis. Belum lagi jika rasio kompresi yang diaplikasi tinggi. So, kuat enggak ya?

Atau kalau mau bore up abis bisa pakai piston Honda Sonic stau City Sport–1 (CS-1) yang diameternya 58 mm. Atau pakai yang oversize 100 menjadi 59 mm. Punya diameter pen piston yang sama dengan Vega ZR yaitu 13 mm. Dengan begini kapasitas silinder bisa naik 150 cc.
tebal liner + aluminium liner
Lanjut ke soal bore up alias memperbesar isi silinder dengan cara ganti piston. Tentu dengan diameter lebih besar. Jadi, kapasitas pun makin bengkak lebih banyak. Nah, aslinya diameter piston ZR adalah 50 mm. Githu juga Mio. Nah, di pasaran banyak Mio aplikasi piston 58 mm buat kohar alias korek harian. Kapasitas pun bengkak dari 113,7 cc jadi 152,8 cc. Sayangnya, buat aplikasi piston seperti ini, ZR gak bisa langsung.

Karena liner alias boring yang dimiliki ZR cukup terbatas. Ya! Hanya bisa dioversize hingga pakai piston 52 mm. Itu pun jarak dinding liner menjadi tipis. Cukup berisiko juga. Ya! Setelah diukur, jarak liner yang dimilik ZR hanya 2,83 mm. Kalau disesaki piston 52, maka liner tersisa hanya 0,83 mm. Belum lagi dikurangi jarak toleransi alias clearance piston dengan liner. Buat terapkan bore up, salah satu caranya adalah kudu ganti boring dulu dengan yang lebih besar. Langkah ini masih bisa diaplikasi. Itu karena dinding blok untuk liner ZR masih memungkinkan.
noken as Vega ZR dan Mio
Dari sekian banyak perbedaan antara ZR dengan Mio, juga ada persamaan lainnya. Yaitu noken-as alias peranti yang berputar buat gerakan pelatuk klep. Untuk bentuknya, hanya ada perbedaan di bearing dalam. Noken-as aftermarket Mio bisa dipasang di kepala silinder ZR dengan cara membubut bagian bearing dalam.

101 komentar:

  1. Kalo tutup timing nya sama ngga punya mio di aplikasikan ke vega zr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. enak ada tambahan selang hawa nanti

      Hapus
    2. Bang kalo ZR diganti blok sama head nya make 5tp harus ngerubah apa saja?

      Hapus
    3. Beda baut samping kiri, beda dudukan gigi timing, lubang intake.
      Sebaiknya jangan ditukar kalau ga niat modif total

      Hapus
    4. Jalur oli nya sama ga bng blok Vega ZR dan Mio?

      Hapus
    5. Sama dari tusuk kanan atas. Beda lubang rantai

      Hapus
    6. Kalo pake liner boring UK 65mm masuk ga di krengkes stdr Vega zr 2013 kk?

      Terima kasih sblmnya🙏🤩

      Hapus
    7. Liner 64 mm langsung masuk ke crankcase standar
      Maklum standar nya vega zr itu ada jaket aluminium ukuran segitu

      Hapus
  2. Kalau vega zr pakai blok jupiter Z1 apakah PNP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyesuaian dimananya bang? Banyak kah?

      Hapus
    2. Banyak.. baut beda, manifold, knalpot..

      Hapus
    3. Kalau baut 2 samping nggak di pasang resikonya apa bang?

      Hapus
  3. kalo Lubang krengkes std vega zr mentok liner uk berapa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Vega ZR besar dari awal, bisa liner 64 mm

      Hapus
  4. Kalo panjang liner berapa mm ya?

    BalasHapus
  5. Maximal oversize nya berapa ya? Apakah aman pakai piston ukuran 52,4?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok pakai 52.4 mm.. yamaha mah tebal"

      Hapus
    2. Kalau pakai 55mm masih bisa gak sih?

      Hapus
    3. Habis liner besi nya.. ganti liner dulu yg tebalnya seperti lapisan aluminium luar baru bisa 55 mm

      Hapus
    4. Blok saya STD 5d9 asli vega ZR di pake piston 54.5mm dan pistonnya pake punya kaze merk FIM alhamdulillah belom ada troble

      Hapus
    5. Masih ada berapa mm ka

      Hapus
    6. itu di oversize brapa kak klo 54

      Hapus
    7. 54 mm bisa pakai kaze os 100

      Hapus
  6. Klau motor m3 bisa bor up 58,5 tidak bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dong.. masih lebar tusuk nya.. perbesar crankcase ganti liner besar

      Hapus
  7. Vega zr pake head Jupiter robot bisa ga ya?

    BalasHapus
  8. Bang vega zr 2009 bs ga bore up pakai piston 60 mm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. ubahan lumayan banyak

      Hapus
    2. Tanam liner minimal 64 mm, itu untuk blok..
      Head sendiri dirombak total meliputi klep besar, yg notabene mewajibkan porting polish mengikuti klep yang digunakan
      Karburator juga ganti yg besar menyesuaikan kapasitas silinder yang membengkak
      Knalpot juga
      Banyak dah

      Hapus
  9. Apakah motor Vega ZR mau ganti seher ke yang os 50 harus di bubut botol boring nya?

    BalasHapus
  10. Bang apakah pompa oli mio dan vega zr bisa saling tukar?

    BalasHapus
  11. Pega ZR memakai boring Mio yang bersepek bisa gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mio dan vega zr berbeda di baut pengikat samping

      Hapus
  12. Maksimum bore up boring vega zr std mampu sampe berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. OS 200 alias piston 52 mm
      Kecuali tanam liner baru yg besarnya setara aluminium selimut boring bawaan

      Hapus
    2. Max pake piston kaze ov200

      Hapus
  13. Bang mau tanya nih lubang krengkes vega zr std diler diameter nya berapa bang
    Klo pake piston 58mm apa harus memperbesar krengkes nya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 64 mm kalau ga salah
      Kan blok vega zr itu ada aluminium menyelimuti linernya

      Patokan nya itu dibuat jdi liner besi, bisa sampai piston 58 mm tanpa ubah crankcase

      Hapus
  14. Rekomendasi seher oversize yg aman buat harian banh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jupiter Z os std.. dibuat jenong 1 mm mengikuti piston bawaan Vega ZR kepala nya.. setara os 100 Vega ZR

      Hapus
  15. vega zr pakai piston uk53 apa masih bisa?

    BalasHapus
  16. Vega ZR pakai bureng Mio bisa gak bang?,terus pistonnya pakai Sonic os0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blok Vega ZR nya ditanam liner 64 saja.. jangan ribet

      Hapus
  17. Bang kalo ganti liner buat vega zr pake liner apa yang ccok tanpa rubah krengkes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksimal liner 64 mm polos tanpa perbesar crankcase

      Hapus
  18. bang
    liner 64 itu liner punya motor apa ya bang?
    pakai liner mp apa masih ada yg perlu d rubah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan cari punya motor apa, tinggal beli aja ukuran liner nya..

      Butuh 64 ya beli saja liner 64 mm

      Hapus
  19. Berarti kalo mau balap harian make liner bawaan hanya bisa maksimal piston 52 yah bg??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya untuk keawetan segitu.. kalau mau enak memang harus tanam liner besar

      Hapus
  20. Kalau vega zr pake liston cs 1 itu berarti harus ganti liner?

    BalasHapus
  21. Bg bengkel dmna lokasi ,klw vega zr ane mo di pasangin blok head mio brpa ongkos nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tinggal di Cirebon saat ini dan tidak buka bengkel.. blok head mio di vega zr mah cukup bikin drat samping aja.. manifold dan knalpot menyesuaikan

      Hapus
  22. Kalo vega new pake piston Sonic Angel ada apakah mengubah krengkes

    BalasHapus
  23. Vega ZR apakan bisa blok + head Vixion, supaya dapat VVAnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja.. perlu sepaket ECU nya juga dong biar aktif VVA nya

      Hapus
  24. Tanya bos Vega RR pake poring Dan kop Mio sporty satu set Aja Aja Yang Di rubah ?

    BalasHapus
  25. Pompa oli Mio sama Vega ZR sama ga bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bentuk nya mirip, gtw jumlah gigi sama atau tidak

      Hapus
  26. Jika blok silinder vega zr di aplikasi kan ke jupiter z1 apakah sama bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beda bentuk gan
      Tp disamakan sih bisa masuk

      Hapus
  27. Batas maksimal lemeran vega zr jatuh di koma brapa bang.?

    BalasHapus
  28. Vega ZR seher 62 enaknya pake klep berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbicara teori ideal ya 31/27
      Mudahnya setara tiger/megapro

      Hapus
  29. Bang saya mau tanya jika Vega ZR pakai piston 59,5 apakah harus di ubah crangkes untuk liner besarnya kalau ga salah 65

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liner nya ganti dulu yg besar sesuai aluminium blok lama.. crankcase bawaan udah sangat besar kok

      Hapus
  30. Bang lubang krengkes motor vega zr brp mili ya?

    BalasHapus
  31. Bang diameter lubang krengkes Jupiter robot berapa mili, bisakah pakai liner diameter luar 67

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standar nya sekitar 65 mm, perbesar crankcase dulu sebelum pakai liner besar

      Hapus
    2. Pnyku std jupiter robot diameter crankcase 67

      Hapus
  32. Bang klw vega zr piston 58, apa harus ubah squish bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alangkah baiknya diameter piston sama dengan diameter squish..

      Hapus
  33. Berapa diameter lubang crangkes pada Vega ZR bng?

    BalasHapus
  34. pakai piston 66 apakah bisa bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbesar crankcase dulu dan ganti liner besar..

      Hapus
  35. jdi gni bg mau coba coba eksperimen mesin vega zr gtu dibikin brutal gtu ekspektasi nya si cc 300 an gtu kira kira bisa ga yah klo bisa coba kasi saran apa aja gtu rinci klo bisa sama klo kubahnya dicustom bikin hemi gtu gmna yah biar pistonnya jenong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tp riset nya mahal.. dapet motor lagi 🤣 crankcase vega zr besar kok, muat kruk as dan piston jumbo

      Hapus
  36. Min klo pke liner luar uk 67 bisa masuk ga ke crengkes std ga di gedein

    BalasHapus
    Balasan
    1. Digedein dulu
      Kalau di bawah 65 mm seperti standar aluminium bloknya bisa masuk

      Hapus
  37. Bang klo vega zr dipkein 54 ap rubah diameter krengkes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, diameter crankcase vega zr sangat besar yaitu 65 mm
      Pemakaian piston 54 mm cukup tanam liner lebih besar saja di blok standar

      Hapus
  38. bg vega zr tanem liner diameter dalam 57,5 luar 62 tinggi 120 kuping 66 bisa ga bg klo bisa enaknya pake piston berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liner luar vega zr itu aluminium 64 mm kalau ga salah
      Sangat bisa ditanam liner 62 mm
      Ukuran dalam segitu ya piston 58 mm

      Hapus
    2. Bang kalok diameter kerengkes 65 pindah baut sunduk sate tidak

      Hapus
    3. Yamaha tidak, karena mampu sampai 80 mm

      Hapus
  39. Vega ZR pakai liner luar 62 tanpa bubut kerengkes apa bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa
      Selimut aluminium standar nya saja 64 mm, lubang crankcase 65 mm

      Hapus
  40. bang jadi gni niatnya mau beli blok set piston aftermarket yg 58,5 nah diameter liner luarnya itu kan 63,5 berarti ga perbesar krengkes yah? dan buat head nya juga kan pasti gedein lagi kira kira biayanya berapa bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga perlu ubah crankcase lagi
      Biaya tergantung bengkel

      Hapus
  41. bg mau nnya cara maksimalin motor sehabis bore up gmna bg biar power nya tras motor jupiter robot

    BalasHapus