Jumat, 21 Februari 2014

Mengakali Rumah Bearing Oblak

Mengakali Rumah Bearing Oblak - Bearing atau laher roda oblak dan tidak lekas diganti bisa bikin rumahnya pada tromol terkikis, makin longgar. Jika sudah begitu, mesti ganti berikut tromolnya. Masalahnya harga tromol ori mahal bos, rata-rata di atas Rp 130 rebuan, belum termasuk ongkos bongkar pasangnya.
gambar proses mengakali
Tapi tenang masih bisa diakali kok untuk sementara. Caranya dengan mengganjal bagian yang oblak dengan pelat kaleng bekas oli atau cat. Jangan bekas minuman ringan cepat kalah. Prosesnya juga nggak sulit alias bisa dipraktekkan sendiri di rumah.

Langsung, seperti biasa sebelum kerja siapkan peralatannya seperti palu, obeng min, as roda bekas, tang, gunting dan plat kaleng oli/cat. Hanya dengan alat ini langkah-langkahnya bisa tuntas. Tanpa ini, ya itu namanya mengkhayal. Silakan comot roda motor sampeyan yang rumah lahernya longgar. Urusan ini pasti sudah pada jago.

Lanjut lepas laher yang rumahnya longgar, nggak perlu digetok pake palu, sudah akan lepas sendiri, kan sudah oblak. Sekarang pelat kaleng oli/cat lalu gunting memanjang(gbr-1), panjangnya sesuain dengan celah laher dan rumahnya. Makin longgar otomatis makin panjang. Sedang lebarnya lebih tinggi dari kedalaman rumah laher ditromol, biar gampang motongnya.

Kemudian pasang pelat tadi bersamaan dengan lahernya lalu getok dengan as roda belas berikut palu (gbr-2). Pastikan posisi laher kembali sesuai aslinya. Sekarang tinggal potong sisa platnya, caranya getok perlahan dengan obeng min dan palu (gbr-3) lalu tarik dengan tang (gbr-4).

Tips ini sifatnya hanya sementara kalo sudah cukup uang langsung ganti. Ya itung-itung sambil tunggu honor dari kantor. Demikianlah tips kepepet ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar