Rabu, 06 Juli 2022
Diameter Liner/Boring dan Crankcase Honda Beat Karburator
Senin, 13 Juni 2022
Selasa, 26 April 2022
Oring Karet As Garpu Persneling V80
Oring Karet As Garpu Persneling V80 - Substitusi karet ini dapat menggunakan oring injektor motor apa saja. Salah satunya produk Honda BeAT namun versi KW. Maklum versi ori sepaket dengan injektor. Selamat mencoba agar oli tidak bocor lagi!
Karet Oring injektor BeAT |
Oring injektor terpasang di as garpu V80 |
Rabu, 03 November 2021
Bearing/Laher dan Oil Seal Dinamo Starter Yamaha Mio
Bearing/Laher dan Oil Seal Dinamo Starter Yamaha Mio - Berikut ukurannya.
Komponen dinamo starter Yamaha Mio karburator |
Sabtu, 25 September 2021
Yamaha Jupiter Pakai Kick Starter Vega ZR
Yamaha Jupiter Pakai Kick Starter Vega ZR - Ada saja rasa penasaran pengguna bebek Jupiter ataupun sejenisnya. Salah satunya adalah mengubah kick starter asli yang memiliki model belah menjadi model tetap. Eits, model tetap yang dimaksud bukan dilas ya! Sebelum masuk ke topik, mari kita lihat kick starter asli Yamaha Jupiter ataupun Jupiter Z.
Kick starter Jupiter Z model belah |
Kick starter model belah yang kemudian dikancing dengan baut merupakan model asli Yamaha Jupiter. Ketika memasang starter model ini harus memperhatikan posisi dan kekencangan baut pengikat. Seringkali baut sudah aus namun tetap dipaksakan dipasang. Baut yang tidak dikencangkan semestinya, lalu kick starter kita gunakan, seringkali menyebabkan gigi antara as dengan kick starter rompal. Inilah kelemahan model kick starter model belah.
Melihat model kick starter dari saudara nya yaitu Yamaha Vega ZR atau New Jupiter Z/Z1 memunculkan ide. Bagaimana jika kick starter model tetap tersebut jika digunakan di Yamaha Jupiter? Mari kita lihat model tetap terlebih dahulu.
Kick starter Vega ZR model tetap |
Kick starter model tetap ini tidak mengalami perubahan bentuk ketika dipasang. Jika model belah akan berubah bentuk ketika dikencangkan baut, maka model tetap ini tidak seperti itu. Memasangnya hanya cukup dimasukkan ke as dan dikunci dengan mur 14 agar tidak lepas. Simpel, bukan?
Kembali ke topik, bagaimana cara mengaplikasikan kick starter Vega ZR di Jupiter Z? Ternyata mudah sekali. Hanya saling bertukar isi komponen kick starter dan memperbesar lubang as di bak kopling Jupiter. Berikut detailnya.
Perbandingan kick starter secara utuh |
Jumlah gigi pada kick starter |
Panjang dan model di sisi dalam sama |
Perbedaan ada pada as luar |
Perbandingan komponen kick starter |
Seperti yang terlihat dari detail foto di atas, bagian yang saling bertukar hanya komponen yang berbeda saja. Komponen yang ditukar ialah gigi starter, tahanan per, per starter, tutup per. Kalian akan mengetahui ketika kalian mencoba sendiri memasang bagian-bagian kick starter tersebut.
Ubahan yang paling penting ada pada lubang as pada bak kopling. Saya memilih untuk memperbesar lubang dengan cara bor freis. Diameter asli 15 mm diperbesar menjadi 16 mm. Proses memperbesar ini harus tetap memperhatikan center lubang! Berikut hasilnya.
Unit kick starter terpasang di mesin |
Tinggal memasang kick starter dan mur |
Pemasangan pada crankcase sama persis antara menggunakan as kick starter Vega ZR maupun Jupiter. Untuk bak kopling atau kalter kanan pun tidak ada kendala. Sama persis dengan kondisi standar nya. Satu terakhir, seal oli juga memakai standar Jupiter walaupun as kick starter lebih besar 1 mm dari kondisi awal.
Selasa, 28 Juli 2020
Gunakan BBM Sesuai Dengan Rasio Kompresi Mesin
Mesin motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Perlu dicermati bahwa rasio kompresi mesin masih berhubungan dengan oktan bahan bakar. Rasio kompresi yang dimaksud adalah rasio kompresi dinamis (kompresi efektif mesin), bukan rasio kompresi yang tertera di brosur. Banyak yang salah kaprah di poin tersebut!
Rasio kompresi seperti pada tabel di atas akan memerlukan oktan bahan bakar seperti dalam tabel di atas juga. Namun ingat, rasio kompresi yang tertera pada brosur, khususnya kendaraan 4 tak saat ini bukanlah rasio kompresi dinamis melainkan rasio kompresi statis. Jadi meski pun di brosur rasio kompresi tertera tinggi, belum tentu rasio kompresi dinamis nya tinggi juga. Sehingga jika kita mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin motor kita, belum tentu menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga.
Lain cerita pada mesin RX King tertera di brosur bahwa rasio kompresi 6.9 : 1 yang dari pabrikan memang dihitung rasio kompresi berdasarkan lubang exhaust. Jika dihitung layaknya motor 4 tak jaman sekarang, maka seharusnya RX King tertera rasio kompresi 11.5 : 1 loh! Silahkan cari perbandingan rasio kompresi motor pada brosur pabrikan Jepang dengan pabrikan Eropa.
akibat detonasi piston jadi berlubang |
Kamis, 16 Juli 2020
Substitusi Rasio Oplosan Untuk Racik Transmisi Yamaha Jupiter
(18/32) C70/C800 - GL/CB100
(20-22) TRS - RX King
Kamis, 02 Juli 2020
Daftar List Produk Piston FIM Izumi
logo piston FIM |
FIM20 : pin 13 BeAT 150cc 58.75 59 high dome teflon (discontinue)
FIM21 : pin 14 Spin 150cc 58.75 high dome teflon (discontinue)
FIM22A : pin 14 Xeon 130cc 53.4 high dome teflon (discontinue)
FIM23 : pin 15 Mio 115cc 50.25 high dome teflon (discontinue)