Senin, 05 November 2012

Part Kelistrikan DC Booster

Part Kelistrikan DC Booster - Bagi para pengguna sepeda motor khususnya yang memakai pengapian DC, alat ini dapat membantu menyempurnakan pembakaran sehingga lebih responsif dan akselerasi lebih mantab. Alat ini berfungsi meningkatkan/memperbesar pengapian serta mampu menstabilkan pengapian sepeda motor yang menggunakan pengapian arus DC. Karena listrik pengapian DC stabil dan lebih besar, menghasilkan percikan api pada busi lebih besar sehingga mampu mendongkrak tenaga dan pastinya lebih hemat BBM.
DC Booster handmade
Keuntungan pemakaian alat ini adalah :
  1. Tenaga mesin bertambah (akselerasi/tarikan lebih ringan)
  2. Torsi mesin bertambah.
  3. Pembakaran lebih sempurna.
  4. Ruang bakar menjadi bersih.
  5. Mengurangi emisi gas buang.
  6. Suara mesin lebih halus.
  7. Mesin menjadi awet & tahan lama.
  8. Starter lebih mudah.
  9. Irit bensin
  10. Suara klakson lebih keras.
  11. Lampu-lampu lebih terang.
  12. Tidak merusak komponen pengapian & mesin.
  13. Kelistrikan motor menjadi stabil.
  14. Umur aki dan CDI lebih panjang.
  15. Bisa dipasangkan dengan CDI racing.
Komponen inti dari alat ini adalah kapasitor atau elco yang berfungsi sebagai penyetabil arus dan penyimpan muatan yang menuju CDI DC. Para penggemar otomotif sudah tidak asing lagi dengan capasitor bank. Capasitor bank sering dipakai dalam perangkat audio mobil yang berguna sebagai penyimpan muatan listrik dari accu supaya arus yang mengalir menuju perangkat audio mobil lebih mantab. Alat sebenarnya capasitor bank yang nilainya lebih kecil dari capasitor bank yang beredar dipasaran. DC boster pengapian DC sudah beredar di toko-toko variasi motor dengan harga 100 ribuan dengan indikator lampu yang menarik. Kalau kita kreatif kita dapat membuat sendiri dengan harga yang relatif murah dan lebih handal dari pada produk yang ada dipasaran. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat gambar dibawah ini :

gambar skema DC Booster
Komponen yang dibutuhkan :
  • R1.3,3K.
  • Led warna Merah.
  • 5 Buah Capasitor 2200Mf/35V > untuk hasil yang maxsimal Kita dapat mengganti nilai capasitor menjadi 6800Mf/35V. 
Cara pemasangannya yaitu : 
  • Jalur huruf A dihubungkan pada positif CDI DC.
  • Jalur huruf B dihubungkan dengan negatif accu atau dihubungkan dengan masa(body). Saat kunci kontak ada posisi ON maka lampu led akan menyala.
Berikut ini adalah isi sebuah boster jika di buka
isi DC Booster handmade
DC Booster + layar 7 segment
isi DC Booster
CARA PEMASANGAN:
  1. Lepas kabel negatif (-) aki yang berwarna hitam.
  2. DC BOOSTER mempunyai 3 kabel. Yaitu: merah, hitam & kabel ground berwarna hitam.
  3. Kabel merah DC BOOSTER dipasang pada terminal positif (+) aki.
  4. Kabel hitam DC BOOSTER dipasang pada terminal negatif (-) aki.
  5. Kabel hitam tambahan adalah kabel ground (ground wire). Dipasang dari terminal negatif (-) aki menuju ke ground/chasis motor.
Apabila hasil yang diperoleh kurang maksimal, bisa ditambah 1 DC BOOSTER lagi dengan cara dipasang paralel di aki. Letakkan DC BOOSTER di tempat yang tidak terjangkau oleh air. Untuk memperoleh hasil yang lebih bagus, ubahlah setting karburator dan sesuaikan. Atur jarak gap / kerenggangan elektroda busi dan pastikan motor dalam keadaan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar