1. Stroke Up 2 mm
Kruk as standar digeser big end sejauh 2 mm ke luar, dengan naik turun piston, langkah menjadi 45.6 + 4 = 49.6 mm. Crankcase harus diperlebar 1 mm pada dinding kruk as nya agar tidak menabrak.
stroke up 2 mm |
2. Piston Suzuki FR80 dengan diameter 49 mm
Boring standar masih mampu melayani piston diameter 49 mm. Pin piston sama, yaitu berdiameter 12 mm. Kepala piston diubah dan pantat piston menyesuaikan as kruk. Selain itu, porting juga dihaluskan dan diarahkan (porting polish).
3. Porting Polish + Squish kop
piston FR80 |
Squish kop bermain untuk putaran tinggi, yaitu 49% luasan piston (6.3 mm), dengan volume kubah sekitar 8.5 cc sehingga menghasilkan rasio kompresi statis 7.5 : 1. Durasi langkah buang bermain sekitar 190 derajat dengan tinggi porting exhaust dari bibir blok sejauh 26.5 mm. Porting diubah semi-oval dan dihaluskan. Transfer port sendiri diperlancar aliran nya.
blok mesin V80 |
4. Knalpot 3v3 mini
5. CDI RX-S dan Koil standar modif
CDI menggunakan orisinil Yamaha RX-S yang tinggal plug n play. Jumlah kabel hanya 4 saja. Koil dipotong 2 cm dan dililit kawat email sebagai ground strap.
cdi RX-S |
6. Membran V-Force + Karburator PWK28
Membran menggunakan V-Force dikombinasi dengan intake kodok F1ZR. Karet intake menyesuaikan dengan milik Keihin PWK 28. Settingan ini mirip dengan motor trail Yamaha YZ85, yaitu dengan menggunakan pilot jet #38 dan main jet #135
membran VForce-3 |
7. Kopling Manual
Rumah kopling menggunakan milik F1Z-R dengan costum main shaft standar. Bak kopling yang di bor dan dikombinasi stut kopling assy F1ZR.
kalter kopling V80 |
8. 4 Speed Rasio Yamaha FIZR
Rasio dapat menggunakan milik Yamaha Force 1 atau juga Alfa. Versi racing alias rasio rapat pun semakin kencang di motor. Pemasangan harus memodifikasi sedikit di stopper presneling dan rumah botolan.
presneling 4 di V80 |
Kalo dikasi piston suzuki rc 100
BalasHapusBuat harian aman apa tidak bang?
Setara os 450.. beda tinggi kepala piston 3 mm.. ubahan nya lumayan
HapusSaya sih nggak pakai cara itu
Aman banget
HapusDimana beli bak kopling manual mas?
BalasHapusBikin sendiri standar dibor.. pakai fizr bisa diakali sedikit bagian depan
HapusMas kalau buring v80 di ganti punya tornado ngrubah banyak gk ya mas
BalasHapusBeda.. jelas ngerubah dudukan atau buat plendesan
HapusCuma ngurabah dudukan aja kan mas lubang transfer nya sama gk
HapusBeda lah.. nanti dari adaptor itu sebagai perantara..
HapusMas mau tanya piston fr diameter 49 itu maksudnya os 0 ya
BalasHapusIya pakai os 0
Hapusmas laher pen strokenya pake apa? musti pake laher bambu yang belah?
BalasHapusKalau cuma stroke up kecil masih bisa standar.. dibongkar pen laher bambu nya, rumahnya dimasukkan big end, pen nya dipasang lagi, baru pasang bandul
HapusKalo pake blok kop fiz r tanpa mindah baut sunduk sate, plat adaptornya pake yang brap mili om
BalasHapusWah berapa mm ya.. diukur sendiri aja.. ga pindah baut memang
HapusMesin Yamaha v80 pake piston Suzuki fr ov 50. PNP gak ya
BalasHapusTidak.. harus kolter, bubut blok bagian atas 3 mm..
HapusMas nanya. Kalo v80 suoer deluxe kalo mau ganti.mesin alfa seglondong apa pnp pak dudukan bautnya?
BalasHapusBisa tapi rangka ada yg butuh disesuaikan dikit untuk membran
HapusMas mau tanya,membran fizr apakah pnp ke v80 apa perlu rubahan ?
BalasHapusMengubah.. bor tuner crankcase diperlebar.. membran fizr kan kotak tuh, ga masuk d crankcase standar
Hapuspake blok kop f1zr di v80 baut tanam nya sama atau harus geser om?
BalasHapusBeda jauh baik lokasi dan model
HapusDerajat squish nya brapa bang ?
BalasHapusMinta Solusi v80 piston rc ngejim. Apakah harus d porting dan squish bg? Atau ckup brmain d squih? Sklian mnta saran ukuran squishny bg. Mksh
BalasHapusMacet biasanya karena olsam kurang maupun setelan bensin terlalu kering.. untuk masalah squish head sebetulnya mengikuti diameter piston yg digunakan, dengan memperhatikan volume kompresi
HapusBang klo rasio nya tetep 3 mentok di up smpe brp cc?
BalasHapusRasio ga pengaruh ke cc mesin. Bebas, suka" aja bore up gimana..
Hapus