HCS Sederhana Menggunakan Uap di Tangki Bensin - Penghemat bahan bakar yang sudah ada sebelumnya telah saya terapkan kembali pada motor saya dengan model yang lebih praktis. Sebelumnya saya menggunakan wadah tersendiri yang dinilai kurang bagus, baik segi tampilan maupun kepraktisan. Apabila HCS sebelumnya menggunakan uap etanol, kali ini HCS model final ini menggunakan uap bensin di tangki saja.
HCS - pemanas uap bensin di knalpot |
Bahan yang diperlukan:
- Selang secukupnya (± 2 meter)
- Kran aquarium (2 buah)
- Airstone (1 buah)
- Sambungan selang aquarium T (2 buah)
- Filter tembaga kulkas
- Klem secukupnya
Cara Pembuatan/Perakitan HCS
Deskripsi singkatnya adalah sebagai berikut. Filter yang terbuat dari tembaga diklem di leher knalpot agar dapat menerima panas. Pada intake manifold harus terdapat saluran/naple kecil, yang nantinya menjadi saluran masuk HCS ke mesin. Sambungkan naple tadi ke filter di knalpot dengan menggunakan selang. Sambungan ini diputus, entah di tengah atau di mana, sekiranya posisi enak untuk diberi T dan dihubungkan lagi dengan kran dan airstone.
diagram sederhana HCS |
Pada tangki bensin, kita beri lubang dan diberi sambungan sebagai lubang uap bensin yang diambil sistem HCS. Di sisi lainnya dari filter tembaga, dihubungkan dengan lubang di tangki bensin menggunakan selang. Antara sambungan ini kita putus lagi dan kita ganti dengan kran aquarium sebagai setelan uap bensin.
Setting HCS, karburator, dan mesin
Spesifikasi singkat dari mesin yang saya gunakan adalah sebagai berikut. Motor Yamaha Jupiter tahun 2001, piston jenong 52.5 mm & stroke standar (116.9 cc), karburator Jupiter Z ori, intake manifold costum, exhaust manifold costum, noken as dan klep standar.
Sebelum diinstal HCS, pilot jet #20 dan main jet #105 dengan putaran angin-angin 1 putaran. Setelah diinstal HCS dengan bukaan kran HCS yang sudah disetting hingga pas, angin-angin karburator terbuka penuh → pilot jet kurang kecil. Ganti pilot jet #15 dan setting angin-angin + setting HCS, didapat putaran angin-angin sebesar 1½ putaran. Busi berwarna merah bata pertanda setting sudah pas.
NB: Setting ketika filter/katalis tembaga sudah panas.
Hasil
Terlihat kan perbedaan setelah menggunakan HCS? Dari setting saja dapat terindikasi bahwa konsumsi bensin harus dibuat lebih irit agar setting pas. Untuk uji coba masih belum dilakukan, tetapi berdasar HCS model II yang menggunakan etanol, 1 liter premium mampu menempuh jarak 51 km dengan 9.000 - 12.000 rpm.
Susah jg keknya om.. .
BalasHapusmudah banget bro.. dicoba aja.. biar biaya bbm dapat ditekan.. ehehe
HapusAda foto filternya mas??
Hapusitu foto filter tembaga yg di leher knalpot pada gmbr di atas bro.. hehe
Hapusbang kalo filter tembaganya di ganti ama selang tembaga gimana ?
BalasHapusbagus bro, melilitkannya yg rapat ya..
Hapusairstone apaan bang? bsa ksh fto nya?
BalasHapusdi google gambar ketik "air stone akuarium" hehe
Hapusfungsinya cuma sebagai filter udara, ga ada jg gpp
maaf bang tnya lagi. ga mudeng mesin nih..
BalasHapustu kan di blitz r. intake nya udh di pke vakum kan? trus klo d gnti hcs gmn bang? ap prlu d modif intake nya? jd 2 lubang? satu vakum . satu hcs? .
hhhi mf tanya ne konyol.. bkn jurusan mesin sih.. hhha.
ini bukan hal konyol kok bro haha
Hapusini mslah yg harus d selesaikan hehe
kalau dicabang selangnya bisa bro beli T hehe
kalau mau dibuat sendiri2 jg gpp cm lebih mahal
hahah. mantab bang .. kran di tangki.
BalasHapusitu klo bbm nya tumpah msuk ke hcs ya bang? kalo tangki full kan bsa muncrat kmna mana.. hhe
masih jd pe-er bro :D
Hapushaha
habis dana berapa om ?
BalasHapusuntuk model yg ikut dr tangki nggk habis 50 rb kok..
HapusBeli-nya di toko material aquarium semua om ? untuk filter tembaga belinya dimana yah ?
Hapusfilter tembaga di tukang kulkas, AC, pendingin, dan sejenisnya
Hapusselang pakai yg tahan panas yg dr knalpot, klem d toko bangunan/material, sisanya aquarium..
Terima kasih infonya om sungguh bermanfaat, bulan depan saya coba bikin :D
BalasHapus