Cara Memajukan Timing Pengapian - Memajukan timing pengapian dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu menggeser posisi magnet, menggeser dudukan pulser, mengubah tonjolan pick-up magnet, ganti cdi programmable, dsb. Cara mana pun boleh saja, namun tetap memperhatikan keselamatan, kenyamanan, dan perawatan motor maupun pengendara.
- Geser posisi magnetMenggeser posisi magnet merupakan cara paling mudah. Spi (key) pada poros dilepas dan magnet digeser sesuai timing yang diinginkan. Lalu pengencangan mur atau baut magnet ini benar - benar kencang agar posisi magnet tidak berubah. Namun cara ini sering bergeser posisi magnet nya, dan juga mur/baut pengencang sering aus.
magnet tidak memakai spi - Geser dudukan pulser
- Ubah tonjolan pick-up magnetMengubah tonjolan pick-up magnet lebih banyak diambil oleh mekanik karena timing tidak akan bergeser dan biaya yang murah. Caranya adalah tonjolan pick-up ditambah daging las dan dibuang beberapa bagian yang lama. Anggap tonjolan bergeser dari letak semula. Kelemahannya gaya magnet rawan hilang akibat panas yang berlebih dari api las.
memajukan timing lewat tonjolan pick-up magnet - Ganti CDI
Cara ini lebih mahal daripada yang lain, namun lebih praktis. Bisa adopsi CDI motor lain yang kurva pengapian nya berbeda (tentu menyesuaikan pulser/pick-up, AC/DC, dll.) atau CDI aftermarket yang memang sudah disetting berbeda dari cdi standar (plug n play). Bisa juga ambil CDI Programmable yang bisa disetting lewat PC maupun fitur dualband.CDI Programmable
mas klau mjuin timing smash pick up ny dibikin brp mili
BalasHapus2 mm saja ckup buat sehari2
BalasHapusMas tonjolan magnet Supra x 125 saya di potong bagian belakang tapi tenaga nya gk berubah
HapusBang..misi numpang nanya..
HapusKan sya ngurangangin 2mm di bagian belakang pick up ..trus ganti cdi racing type single band kok malah nahan gitu tapi klw di cdi standarnya malah enak ..jdi klw untuk mempertahankan cdi racing apa perlu di ubah balik lagi
Terlalu maju justru nahan.. potensi meledak mesin nya seperti bom di dalam silinder..
HapusPosisi depan atau belakang dilihat darimana bang?
HapusDepan itu sisi yg lebih cepat ketemu pulser ikut putaran mesin
HapusMas saya mau nanya kereta saya Shogun 125 CDI std saya Uda bubut asklep papas deksel..semenjak dari situ kereta saya digas menengah nahan saya tanyak sama mekaniknya naikkan timing pengapiannya..tapi saya bingung yang mana harus diubah belakangnya yang dipotong atau didepannya?? Apa didepannya harus dilas apa dibelakangnya izinmas
HapusSalah bubut noken as nya.. timing ga bener.. durasi mengecil.. pengapian diubah malah tambah ngaco, mesin over panas..
HapusMas klo nya majuin timing fiz r berapa Mili mas sebalah mana yang harus d tambah
BalasHapusItu poin ketiga kalau merubah tonjolan pickup.. bagian depan ditambah, belakang dipapas
Hapusmas kalok megapro brp mili mas
BalasHapusBerarti...bagian depan misal di tambah 2mm,yg belakang di buang 2 mm juga ya bang,klo buat fizr
BalasHapusIya betul.. untuk semua motor yang ada tonjolan pickup caranya sama.. dicari yg sesuai dengan mesin
HapusOm Klo di potong tonjolan nya Ajah yg belkang 2mili gk ditambah di depanya ngaruh gk ya?
BalasHapusPengapian jadi maju
HapusMass. Shogun 110 sya udah bore up an thunder sma klep sonic atas bawah. Mau mainin pengapian yang enak brapa mili an mas. Yang tenaga enak suaranya juga berubah dikit lah dri skrang
BalasHapusSuzuki new smash brp cm bro klo mau dimajuin?mesin std os 50
BalasHapusVega zr gw dipotong 2mili bagian bepalakang. Larinya mentok 80km/h
BalasHapusSue ah
Sapa suruh cuma dipotong hahaha
HapusBukan ide dari blog saya seperti itu
Sebelum potong brp km/jam emg
HapusMas kalau motor saya rx king tp pakai cdi fiz r.. bisa gak
BalasHapusBisa saja.. tinggal urut kabel.. harus ketemu timing pulser nya
Hapuskalau geser fulser nya . kebelakang /kedepan mas
BalasHapusBebas, maunya maju apa mundur menyesuaikan kemauan mesin
HapusMas motor tiger saya kan sudah stroke up bore up dan ganti cdi grand, untuk itu pick up magnit di rubah berapa mm ya?
BalasHapusCDI grand butuh pick up 15 mm.. posisi nya menyesuaikan kebutuhan mesin
HapusKalau mio apakah potong magnitnya seperti gambar di atas
BalasHapusPrinsip sama saja semua motor.. tinggal dilihat arah putar magnet aja, semakin tonjolan cepat bertemu pulser maka pengapian semakin maju
HapusCara majuin oengapain ninja r sendri gmn caranya.mksh
BalasHapusKlo gl100 modif Dr platina ke cdi,pulsar pake grand,dan letak pulser didudukan platina.lebar besi reluctor brp cm bang?
BalasHapusMas milik saya yang dilas malah di belakang yang depan gak dipotong apakah aman² aja cdi pakai shogun.makasih
BalasHapusSelama enak ga ada masalah ya gpp
HapusPangepaian di majukan dengan kompresi mesin standar apakah bisa ngaruh atau sama saja
BalasHapusSangat pengaruh.. dicoba saja supaya tau
HapusMas kalau cdi brt dual band untuk motor megapro primus, itu hal yang paling bagus dirubah bagian di geser pulsernya atau tambah tonjolan pick up magnet atau geser magnetnya mas?
BalasHapusPakai CDI BRT, kondisi harus standar semua.. karena CDI nya sendiri sudah geser" timing nya otomatis
Hapusmas kenapa motor f1zr putaran Magnit nya bisa terbalik..jadi jalan motor nya mundur..apa sebabnya ya mas?
BalasHapusPaling sering timing pengapian tidak tepat.. 2 tak kan tidak ada yg ngatur putaran mesin, salah timing ya salah arah
Hapuskalo force 1 titik top ny gimana
BalasHapusPiston nya posisikan paling depan, kasih garis d magnet
HapusBagaimana kalo magnet di las bagian depan tapi bagian belakang tidak di potong
BalasHapusYa dicoba saja, yg pasti sedikit ngaco
HapusHahaha
HapusMaaf gan mau tanya, ada kasus mtr vega zr pakai cdi new mio (mio smile), itu mesti timing geser naik?
BalasHapusDi sini yg di maksud timing geser naik, bagaimana ya...
Mohon pencerahannya...trimakasih..!!
Timing geser naik mungkin yg dimaksud maju/advance..
HapusMisal CDI vega ZR puncak pengapian 30 derajat sebelum TMA, pakai Mio itu 32 derajat sebelum TMA..
Mas klx saya geser pulser cdi brt,tiba2 suka mati tapi of on kontak hidup kembali
BalasHapusMas magnet saya potong nelakang saja 2mm kok motor jadi mbrebet ya motor saya jupe z
BalasHapusIya kalau cuma dipotong dan banyak jadi ngaco..
HapusTerlalu maju saat rpm rendah, rpm tinggi ga kebaca..
Udah susah hidup ga enak juga
Mas motor sya skydrev .sy potong dari belakang menjadi 14mm.pake cdi revo. Waktu di engkol jadi membanting.mohon pencerahannya??
BalasHapusKok belakang? Yg dibuang yg kiri dong.. sisa 14 mm kanan alias dekat TOP
HapusTerlalu maju pengapian gara" salah potong
Bg motur fu saya yang versi barong kan udah turun mesin udah ganti piston ring rantai kamprat dan seting sim terus saya waktu masang noken yang in di mundurin 1mata kalau magnet saya majuin 2mm dan potong 2mm terus saya bikin twin spark atau dobel pengapian setelah mesin hidup di gas enak tapi setelah di bawak jalan kok limit ya dari gigi 1 sampai limit nya cepet lagi dari motor bisa lari 132km sekarang cuma 90km tolong pencerahannya bg
BalasHapusPengapian kembalikan standar.. itu pengapian jadi mundur efek tonjolan dicoak jadi 2, ga ada twin spark nya sama sekali
HapusNoken as gpp dicoba setting begitu, akselerasi lebih lemah tapi power lebih merata
Bg rupanya saya tanya sama yang pertama kali punya motor pengapiannya udah dimajuin 15mm tambah saya 2mm jadi 17mm kata orang yang punya pertama dimajuin pengapian karna udah lepas dekompresi agar mudah hidup jadi solusi agar tidak limit lagi gimana bg dan twin spark nya itu di buang atau pakai aja bg terimakasih sudah menjawab pesan saya bg 🖒🖒
HapusDengan ini bg kalau limitnya itu sekarang digeber pun cepet limitnya dan jalannya sekarang cuma 60km bisanya tolong banget ya bg dijawab soalnya udah kebengkel gak ada yang bisa nangani saya pun di tempat terplosok nyari bengkel yang tepat itu susah bg terimakasih sudah menjawab pesan saya bg
HapusKembalikan standar semua saja pengapian
HapusMelepas dekompresi ga ada hubungannya sama harus merubah timing pengapian
Justru dengan dekompresi, lebih mudah starter dan ringan.. lagian ketika motor dah hidup, dekompresi sudah tidak bekerja kok
Bg kalau udh kebalikan standar bikin twin spark bol3h atau kagak bh
HapusBg ada bengkel ya dimana tu atau ada chanel youtube bg kasih tau saya dan abg punya akun sosmed gak biar gampang nanti saya kalau bisa bayar abg untung betulin ni motor walau pun cuma ngasi saran bg soalnya saya bingung harus diapain lagi saya sayang ni motor karna peninggalan dan banyak kenangan
BalasHapusGan Gl spek krukas Tiger ku udah Pake CDI grand masalah nya stater Kik sering njelepat/ nendang balik. Apa karena pengapian terlalu maju? Tips biar nggak jelepat bagian pickup mna yg dikurangi dan ditambah, serta brp mm ngurangin/nambah, catatan langsam tetep enak atasan ngisi juga smp limit? Tks jawabannya 🙏
BalasHapusMas klo mundurkan pengapiannya cuma potong depannya aja bisa ya gak usah di tambah las lagi motor f1zr
BalasHapusBang kalo shogun110 udh pkek kopling kampas ganda apakh harus dilepas?
BalasHapusBebas.. saya lebih suka tidak dilepas
HapusHallo bro sy punya vega lama adopsi cdi shogun tonjolan sdh sy buat 16 mm putaran tingginya ngedrop gmn solusinya
BalasHapusTiming nya salah mungkin.. ketika putaran tinggi terlalu mundur
HapusMantap
BalasHapusMas kalau sudah potong magnet 2mm di supra 125 kalau makai cdi brt pengaruhnya apa ya mas?
BalasHapusNgaco timing nya.. ga sesuai rekomendasi BRT.. bisa susah hidup, atau overheat..
HapusMas mau nanya vixion saya sudah stroke up dan bore up,dan saya menganut sistem pengapian shogun/megapro,nahh yg saya mau tanyakan kira2 pasnya di berapa derajat timing pengapiannya apakah msh di 15 derajat ato harus ke 31 derajat,mohon pencerahannya masse tolong dibalas,maturnuwun
HapusDicari timing yg pas yg dimau.. paling mudah diikuti standar CDI yg dipakai.. kalau Megapro ya idle di 15-17° BTDC.. panjang pickup 15 mm
HapusMas mautanya.kalau memotong pik up Magnit dari 16 Mili jadi 14 Mili itu yang dipotong yang kiri apa yang kanan yamas
BalasHapusTergantung mau cari apa.. mau dimajukan ya yg dipotong yg terjauh dari pulser.. intinya semakin cepat tonjolan bertemu pulser, semakin maju..
HapusMz,, ni mau ty supra x series saya udah saya pakai cdi brt tipe dc,untuk mengeser pulser itu ke depan apa ke belakang ya mz biar pengapiannya pas?
BalasHapusmas cdi ptrdator kok ngelitik
BalasHapusMas saya mau tanya kl mou motong tonjolan magnit utk mx ol agar tambah pengapianya atau majuin pengapianya itu yg di papas depan atau belakang mas, mohon pencerahanya mas. Mksh..
BalasHapusWah ga dibaca posting poin 3 nya.. gambar nya dah jelas tuh yg belakang digerinda, yg depan dilas.. jangan banyak" supaya ga susah starter mesin nya
HapusMio stroke up paling bagus geser brp mm y boss
BalasHapusMenyesuaikan keinginan dan kebutuhan mesin aja
HapusMas kalau GK max Neo Tek bor up Tiger pengapian standar mau geser pick up biar garang mana yang d potong dan d tambah
BalasHapusMas kl Vega lama dikasih CDI grand biar tenaga atas ga loyo panjang pickup berapa ya...udh kupotong 14mm atasnya msh kurang
BalasHapusMemang lebih enak punya vega daripada grand.. Vega balapan sama grand menang mana?
HapusMas..suprax 125 kalau ngelitik ketika panas, kalau dimundurkan timing pengapiannya pengaruh gak ya.. kalau iya caranya bagaimana.. trims..
BalasHapus