Sabtu, 30 Mei 2015

Cara Memajukan Timing Pengapian

Cara Memajukan Timing Pengapian - Memajukan timing pengapian dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu menggeser posisi magnet, menggeser dudukan pulser, mengubah tonjolan pick-up magnet, ganti cdi programmable, dsb. Cara mana pun boleh saja, namun tetap memperhatikan keselamatan, kenyamanan, dan perawatan motor maupun pengendara.
  1. Geser posisi magnet
    Menggeser posisi magnet merupakan cara paling mudah. Spi (key) pada poros dilepas dan magnet digeser sesuai timing yang diinginkan. Lalu pengencangan mur atau baut magnet ini benar - benar kencang agar posisi magnet tidak berubah. Namun cara ini sering bergeser posisi magnet nya, dan juga mur/baut pengencang sering aus.
    magnet tidak memakai spi
  2. Geser dudukan pulser
    Geser dudukan pulser lebih sulit karena letak nya di dalam bak magnet terbatas. Namun cara ini lebih stabil dibandingkan mengubah magnet.
    dudukan pulser dibuat dpat bergeser
  3. Ubah tonjolan pick-up magnet
    Mengubah tonjolan pick-up magnet lebih banyak diambil oleh mekanik karena timing tidak akan bergeser dan biaya yang murah. Caranya adalah tonjolan pick-up ditambah daging las dan dibuang beberapa bagian yang lama. Anggap tonjolan bergeser dari letak semula. Kelemahannya gaya magnet rawan hilang akibat panas yang berlebih dari api las.
    memajukan timing lewat tonjolan pick-up magnet
  4. Ganti CDI
    Cara ini lebih mahal daripada yang lain, namun lebih praktis. Bisa adopsi CDI motor lain yang kurva pengapian nya berbeda (tentu menyesuaikan pulser/pick-up, AC/DC, dll.) atau CDI aftermarket yang memang sudah disetting berbeda dari cdi standar (plug n play). Bisa juga ambil CDI Programmable yang bisa disetting lewat PC maupun fitur dualband.
    CDI Programmable

81 komentar:

  1. mas klau mjuin timing smash pick up ny dibikin brp mili

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Mas tonjolan magnet Supra x 125 saya di potong bagian belakang tapi tenaga nya gk berubah

      Hapus
    2. Bang..misi numpang nanya..
      Kan sya ngurangangin 2mm di bagian belakang pick up ..trus ganti cdi racing type single band kok malah nahan gitu tapi klw di cdi standarnya malah enak ..jdi klw untuk mempertahankan cdi racing apa perlu di ubah balik lagi

      Hapus
    3. Terlalu maju justru nahan.. potensi meledak mesin nya seperti bom di dalam silinder..

      Hapus
    4. Posisi depan atau belakang dilihat darimana bang?

      Hapus
    5. Depan itu sisi yg lebih cepat ketemu pulser ikut putaran mesin

      Hapus
    6. Mas saya mau nanya kereta saya Shogun 125 CDI std saya Uda bubut asklep papas deksel..semenjak dari situ kereta saya digas menengah nahan saya tanyak sama mekaniknya naikkan timing pengapiannya..tapi saya bingung yang mana harus diubah belakangnya yang dipotong atau didepannya?? Apa didepannya harus dilas apa dibelakangnya izinmas

      Hapus
    7. Salah bubut noken as nya.. timing ga bener.. durasi mengecil.. pengapian diubah malah tambah ngaco, mesin over panas..

      Hapus
  3. Mas klo nya majuin timing fiz r berapa Mili mas sebalah mana yang harus d tambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu poin ketiga kalau merubah tonjolan pickup.. bagian depan ditambah, belakang dipapas

      Hapus
  4. mas kalok megapro brp mili mas

    BalasHapus
  5. Berarti...bagian depan misal di tambah 2mm,yg belakang di buang 2 mm juga ya bang,klo buat fizr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul.. untuk semua motor yang ada tonjolan pickup caranya sama.. dicari yg sesuai dengan mesin

      Hapus
  6. Om Klo di potong tonjolan nya Ajah yg belkang 2mili gk ditambah di depanya ngaruh gk ya?

    BalasHapus
  7. Mass. Shogun 110 sya udah bore up an thunder sma klep sonic atas bawah. Mau mainin pengapian yang enak brapa mili an mas. Yang tenaga enak suaranya juga berubah dikit lah dri skrang

    BalasHapus
  8. Suzuki new smash brp cm bro klo mau dimajuin?mesin std os 50

    BalasHapus
  9. Vega zr gw dipotong 2mili bagian bepalakang. Larinya mentok 80km/h
    Sue ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sapa suruh cuma dipotong hahaha
      Bukan ide dari blog saya seperti itu

      Hapus
    2. Sebelum potong brp km/jam emg

      Hapus
  10. Mas kalau motor saya rx king tp pakai cdi fiz r.. bisa gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja.. tinggal urut kabel.. harus ketemu timing pulser nya

      Hapus
  11. kalau geser fulser nya . kebelakang /kedepan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebas, maunya maju apa mundur menyesuaikan kemauan mesin

      Hapus
  12. Mas motor tiger saya kan sudah stroke up bore up dan ganti cdi grand, untuk itu pick up magnit di rubah berapa mm ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. CDI grand butuh pick up 15 mm.. posisi nya menyesuaikan kebutuhan mesin

      Hapus
  13. Kalau mio apakah potong magnitnya seperti gambar di atas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsip sama saja semua motor.. tinggal dilihat arah putar magnet aja, semakin tonjolan cepat bertemu pulser maka pengapian semakin maju

      Hapus
  14. Cara majuin oengapain ninja r sendri gmn caranya.mksh

    BalasHapus
  15. Klo gl100 modif Dr platina ke cdi,pulsar pake grand,dan letak pulser didudukan platina.lebar besi reluctor brp cm bang?

    BalasHapus
  16. Mas milik saya yang dilas malah di belakang yang depan gak dipotong apakah aman² aja cdi pakai shogun.makasih

    BalasHapus
  17. Pangepaian di majukan dengan kompresi mesin standar apakah bisa ngaruh atau sama saja

    BalasHapus
  18. Mas kalau cdi brt dual band untuk motor megapro primus, itu hal yang paling bagus dirubah bagian di geser pulsernya atau tambah tonjolan pick up magnet atau geser magnetnya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai CDI BRT, kondisi harus standar semua.. karena CDI nya sendiri sudah geser" timing nya otomatis

      Hapus
  19. mas kenapa motor f1zr putaran Magnit nya bisa terbalik..jadi jalan motor nya mundur..apa sebabnya ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling sering timing pengapian tidak tepat.. 2 tak kan tidak ada yg ngatur putaran mesin, salah timing ya salah arah

      Hapus
  20. kalo force 1 titik top ny gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston nya posisikan paling depan, kasih garis d magnet

      Hapus
  21. Bagaimana kalo magnet di las bagian depan tapi bagian belakang tidak di potong

    BalasHapus
  22. Maaf gan mau tanya, ada kasus mtr vega zr pakai cdi new mio (mio smile), itu mesti timing geser naik?
    Di sini yg di maksud timing geser naik, bagaimana ya...
    Mohon pencerahannya...trimakasih..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Timing geser naik mungkin yg dimaksud maju/advance..

      Misal CDI vega ZR puncak pengapian 30 derajat sebelum TMA, pakai Mio itu 32 derajat sebelum TMA..

      Hapus
  23. Mas klx saya geser pulser cdi brt,tiba2 suka mati tapi of on kontak hidup kembali

    BalasHapus
  24. Mas magnet saya potong nelakang saja 2mm kok motor jadi mbrebet ya motor saya jupe z

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau cuma dipotong dan banyak jadi ngaco..
      Terlalu maju saat rpm rendah, rpm tinggi ga kebaca..

      Udah susah hidup ga enak juga

      Hapus
  25. Mas motor sya skydrev .sy potong dari belakang menjadi 14mm.pake cdi revo. Waktu di engkol jadi membanting.mohon pencerahannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok belakang? Yg dibuang yg kiri dong.. sisa 14 mm kanan alias dekat TOP

      Terlalu maju pengapian gara" salah potong

      Hapus
  26. Bg motur fu saya yang versi barong kan udah turun mesin udah ganti piston ring rantai kamprat dan seting sim terus saya waktu masang noken yang in di mundurin 1mata kalau magnet saya majuin 2mm dan potong 2mm terus saya bikin twin spark atau dobel pengapian setelah mesin hidup di gas enak tapi setelah di bawak jalan kok limit ya dari gigi 1 sampai limit nya cepet lagi dari motor bisa lari 132km sekarang cuma 90km tolong pencerahannya bg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengapian kembalikan standar.. itu pengapian jadi mundur efek tonjolan dicoak jadi 2, ga ada twin spark nya sama sekali

      Noken as gpp dicoba setting begitu, akselerasi lebih lemah tapi power lebih merata

      Hapus
    2. Bg rupanya saya tanya sama yang pertama kali punya motor pengapiannya udah dimajuin 15mm tambah saya 2mm jadi 17mm kata orang yang punya pertama dimajuin pengapian karna udah lepas dekompresi agar mudah hidup jadi solusi agar tidak limit lagi gimana bg dan twin spark nya itu di buang atau pakai aja bg terimakasih sudah menjawab pesan saya bg 🖒🖒

      Hapus
    3. Dengan ini bg kalau limitnya itu sekarang digeber pun cepet limitnya dan jalannya sekarang cuma 60km bisanya tolong banget ya bg dijawab soalnya udah kebengkel gak ada yang bisa nangani saya pun di tempat terplosok nyari bengkel yang tepat itu susah bg terimakasih sudah menjawab pesan saya bg

      Hapus
    4. Kembalikan standar semua saja pengapian

      Melepas dekompresi ga ada hubungannya sama harus merubah timing pengapian

      Justru dengan dekompresi, lebih mudah starter dan ringan.. lagian ketika motor dah hidup, dekompresi sudah tidak bekerja kok

      Hapus
    5. Bg kalau udh kebalikan standar bikin twin spark bol3h atau kagak bh

      Hapus
  27. Bg ada bengkel ya dimana tu atau ada chanel youtube bg kasih tau saya dan abg punya akun sosmed gak biar gampang nanti saya kalau bisa bayar abg untung betulin ni motor walau pun cuma ngasi saran bg soalnya saya bingung harus diapain lagi saya sayang ni motor karna peninggalan dan banyak kenangan

    BalasHapus
  28. Gan Gl spek krukas Tiger ku udah Pake CDI grand masalah nya stater Kik sering njelepat/ nendang balik. Apa karena pengapian terlalu maju? Tips biar nggak jelepat bagian pickup mna yg dikurangi dan ditambah, serta brp mm ngurangin/nambah, catatan langsam tetep enak atasan ngisi juga smp limit? Tks jawabannya 🙏

    BalasHapus
  29. Mas klo mundurkan pengapiannya cuma potong depannya aja bisa ya gak usah di tambah las lagi motor f1zr

    BalasHapus
  30. Bang kalo shogun110 udh pkek kopling kampas ganda apakh harus dilepas?

    BalasHapus
  31. Hallo bro sy punya vega lama adopsi cdi shogun tonjolan sdh sy buat 16 mm putaran tingginya ngedrop gmn solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Timing nya salah mungkin.. ketika putaran tinggi terlalu mundur

      Hapus
  32. Mas kalau sudah potong magnet 2mm di supra 125 kalau makai cdi brt pengaruhnya apa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngaco timing nya.. ga sesuai rekomendasi BRT.. bisa susah hidup, atau overheat..

      Hapus
    2. Mas mau nanya vixion saya sudah stroke up dan bore up,dan saya menganut sistem pengapian shogun/megapro,nahh yg saya mau tanyakan kira2 pasnya di berapa derajat timing pengapiannya apakah msh di 15 derajat ato harus ke 31 derajat,mohon pencerahannya masse tolong dibalas,maturnuwun

      Hapus
    3. Dicari timing yg pas yg dimau.. paling mudah diikuti standar CDI yg dipakai.. kalau Megapro ya idle di 15-17° BTDC.. panjang pickup 15 mm

      Hapus
  33. Mas mautanya.kalau memotong pik up Magnit dari 16 Mili jadi 14 Mili itu yang dipotong yang kiri apa yang kanan yamas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung mau cari apa.. mau dimajukan ya yg dipotong yg terjauh dari pulser.. intinya semakin cepat tonjolan bertemu pulser, semakin maju..

      Hapus
  34. Mz,, ni mau ty supra x series saya udah saya pakai cdi brt tipe dc,untuk mengeser pulser itu ke depan apa ke belakang ya mz biar pengapiannya pas?

    BalasHapus
  35. mas cdi ptrdator kok ngelitik

    BalasHapus
  36. Mas saya mau tanya kl mou motong tonjolan magnit utk mx ol agar tambah pengapianya atau majuin pengapianya itu yg di papas depan atau belakang mas, mohon pencerahanya mas. Mksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ga dibaca posting poin 3 nya.. gambar nya dah jelas tuh yg belakang digerinda, yg depan dilas.. jangan banyak" supaya ga susah starter mesin nya

      Hapus
  37. Mio stroke up paling bagus geser brp mm y boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyesuaikan keinginan dan kebutuhan mesin aja

      Hapus
  38. Mas kalau GK max Neo Tek bor up Tiger pengapian standar mau geser pick up biar garang mana yang d potong dan d tambah

    BalasHapus
  39. Mas kl Vega lama dikasih CDI grand biar tenaga atas ga loyo panjang pickup berapa ya...udh kupotong 14mm atasnya msh kurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang lebih enak punya vega daripada grand.. Vega balapan sama grand menang mana?

      Hapus
  40. Mas..suprax 125 kalau ngelitik ketika panas, kalau dimundurkan timing pengapiannya pengaruh gak ya.. kalau iya caranya bagaimana.. trims..

    BalasHapus