Cara Menggulung Spul Lampu Honda Supra X 100 - Cara melilitkan kawat untuk spul lampu dan pengisian pada motor Honda Supra X 100 atau seri lain dapat dilihat seperti gambar di bawah. Kern pertama adalah di nomor 1 dengan menggunakan kaidah tangan kiri, yaitu ketika tangan kirimu menggenggam kern, jempol kita menghadap keluar dari kern dan perhatikan arah keempat jari. Arah lilitan awal adalah searah jarum jam.
melilit/gulung spul supra X 100 |
Lalu, sebanyak 4 kern digulung bolak balik lalu keluar sebagai sumber tegangan lampu (kuning) dan ditambah 1 kern lagi lalu sebagai sumber tegangan pengisian ke kiprok (putih). Untuk diameter kawat standar sebesar 1.0 mm.
Berapa jumlah lilitan
BalasHapus50 lilitan tiap kern bisa.. sampai penuh saja biar maksimal
HapusApa dampaknya bila lilitan lebih dari 50 lilitan ?
BalasHapusSampai 60 lilitan masih bisa
HapusKalau kelewat banyak ya voltase terlalu tinggi, kiprok mudah jebol atau kawat spul gosong terbakar..
Jika lilitan terbalik apa efek nya π
BalasHapusKalau dilihat visual seperti tidak ada pengaruh nya.. mungkin yg pernah mengamati dari osciloscope lebih faham
HapusYg no 5 di beri warna merah maksudnya ap ya kawan
BalasHapusDilanjutkan gulungan kuning nya sebagai pengisian aki
HapusBang boleh tanya2 lewat sosmed gtu? hehe biar enak
BalasHapusBang ada Sosmed kaga Bang buat tanya2 lebih detailnya gtu
BalasHapusSaya pakai kawat email yang 1,2 mm 50 lilitan, nambah berapa voltase dan ampernya?? Aslinyakan pakai 0,8mm mohon balasππ
BalasHapusAmpere jelas naik karena diameter kawat diperbesar.. voltase tergantung hasil tahanan diukur ohmmeter..
HapusBang, Mo Nanya.Kalo Barang Nya Di Perbesar, Apa Lubang nya Masih Muat??
HapusMuat hingga penuh tahanan samping aja.. aslinya kan ga full
HapusIni kabel outputnya ada 4 atau 5 mas?. Kuning dan putih ke kiprok, merah ke cdi (pengapian), hijau ke ground atau massa, biru pulser. Seperti itu mas?
BalasHapusIya sama seperti ori nya..
HapusApa yang terjadi jika di balik kabel kuning yg aslinya ke lampu kita arahkan ke aku.
BalasHapusLangsung kabel kuning ke aki?
HapusAki nya jadi rusak, airnya kering karena kepanasan overvolt..
Kalau kabel kuning masuk kiprok ke jalur pengisian, jadinya kurang tegangan input kiprok nya.. ga ada pengisian ke aki/lemah
Abis berapa ons bang kira2 ?
BalasHapusUmumnya 1 ons lebih dikit
HapusRentang 1,25 sampai 1,50 ons
waw ternyata masih ada komentar terbaru di blog ... mantap
BalasHapusKENAPA DISINI REKOMENDASI PAKAI KAWAT IMAEL 1.0mm? BUKANKAH ORIGINALNYA 0.8mm? BIAR LEBIH TERANG LAMPUNYA?AMPER NAIK gitu?
BalasHapusOriginal nya lebih kecil (0.8 mm) karena jumlah lilitan bisa banyak = tahanan tinggi, volt tinggi, ampere kecil
HapusBagi yg ingin upgrade maka pakai yg lebih besar, namun jumlah lilitan sebisa mungkin sama atau bahkan ditambah agar arus besar namun volt tidak turun signifikan
bro, kasusku voltase dibawah 10v kondisi idle/langsam, spull udah penuh sekitar 70lilit.
BalasHapusastrea impressa
Nilai tahanan spul akhir berapa ohm? Mungkin kawat terlalu besar, jadi jumlah gulungan minta lebih dari 70 lilitan agar pengisian terjadi saat idle juga..
HapusNilai tahanan spul akhir berapa ohm? Mungkin kawat terlalu besar, jadi jumlah gulungan minta lebih dari 70 lilitan agar pengisian terjadi saat idle juga..
HapusDari gambar yg ada, sepertiya spul 1 justru berlawanan arah jarum jam. Untuk yg spul lampu( putih) yg mana?
BalasHapusMenggulung spul itu bolak balik.. kern 1 searah kern 2 berlawanan, begitu juga sebaliknya.. spul lampu (kuning) out kern 4, dilanjutkan ke gulungan kern 5 out spul pengisian kiprok (putih)
HapusJika kern lampu pakai 3 dan pengisian 2kern apa bisa gan?
BalasHapusDan apa pengaruhnya?
Kalau begitu kiprok bagian lampu (kabel kuning) akan kelebihan kerja, kiprok over panas membatasi tegangan 12 VAC dan jebol
HapusSelain itu input pengisian aki kurang, aki tidak mendapatkan pengisian. Tekor
Kalau begitu kiprok bagian lampu (kabel kuning) akan kelebihan kerja, kiprok over panas membatasi tegangan 12 VAC dan jebol
HapusSelain itu input pengisian aki kurang, aki tidak mendapatkan pengisian. Tekor