Cara Memasang Kopling Manual Jupiter - Apabila ingin menggunakan kopling manual alias kopling tangan, pertama belilah paket kopling manual. Untuk motor Jupiter bisa menggunakan merk TDR, SND, SYS, OEM, dll. Lalu belilah juga seal bak kopling, seal kick starter, dan pack bak koplingnya.
Berikut langkah - langkahnya.
1. Buka bak kopling
Membukanya dapat dengan melepaskan knalpot, footstep, kick starter, dan baut T8.
Rod push terletak di tengah dan ambil rod push ini lalu gantikan dengan rod push yang baru kalian beli. Jangan lupa laher bambunya dipasang kan kembali. lalu pasang kembali per kopling nya.
Memasang seal tinggal memasukkan ke tempatnya. Bisa dibantu dengan pukulan halus menggunakan kunci busi dan dipalu perlahan.
Shift arm dapat diambil langsung dengan tangan karena ia tergantung saja pada dudukannya.
Berikut kalau ingin menjadikan kopling full manual.
5. Lepas per kampas ganda atau las titik atau mengganti dengan balancer
Agar menjadi kopling full manual, kampas ganda harus dimatikan fungsinya. Kalau melepas per kurang maksimal dibandingkan dengan 2 cara yang lain. Kalau di las, kampas ganda bakal sulit dikembalikan kalau ingin di standard kan kembali. Kalau membeli balancer pastinya butuh dana tambahan kan? Bisa menggunakan milik Jupiter MX seharga 800rb.
gan. saya kurang ngerti. untuk gambar ke 2 rod push dan laher bambunya yang mana, kiri / kanan. untuk kopling sentripugallnya kalo ga di lepas, atau tidak dirubah ga apa apa ya?
BalasHapussaya mau belajar gan memasang kopling manual. mohon bimbingannya
owh..ia bro
BalasHapuslaher bambunya yang pertama nempel ke tutup kopplingnya
trus kasih ring bru deh rod pushnya pasang..
kalo bingung biar saya kasih penjelasan lagi ya
hehe
Bang saya mau tanya. .Bak saya itu di bor ke tukang bubut. .Tapi nyari stut nya gak ada soalnya rata2 stut nya bak TDR. .kalo saya pake stut fiz r bisa nggak bang?
HapusSoal x bak saya di bor...
gpp bro kalo fungsinya ga dimatikan...
BalasHapusseperti punya saya karena belum menemukan toko yg jual balancer d Jember,,
mirip Force-1 yamaha yang mengadopsi kopling manual tapi belum full clucth
gpp aja
kalo boleh gan buat videonya, biar gampang buat belajar. terutama saya. yang belum pernah buka bagian mesin.
BalasHapussalam kenal bro,
BalasHapusgambar no 4 yg as panjang tuh dimana letaknya bro?
klo tidak diambil, apa ada efeknya?
Terima kasih sebelumnya bro
@riko cahyono
BalasHapussalam kenal juga bro
kalau tidak diambil juga tidak apa2..tidak mengganggu
letak ada di dalam rumah kopling, caranya sewaktu kamu ambil bagian2 di dekat magnet, ada tuh yang agak ke belakang, lurusnya rumah kopling..
dorong pakek lidi juga bisa..
@anonim yang minta video
BalasHapusnanti saya tambahkan kalau mau buka bak kopling lagi..
tapi kualitas gambar nya kurang bagus, soalnya lewat HP Nokia C2-00
hahaha
ok saran saya terima..terima kasih
ga apa apa gan. saya tunggu videonya
BalasHapusSalam kenal mas bro,
BalasHapusaku wong banyuwangi nih pengen tanya!
gini bro, klo mau merubah jupiter z menjadi kopling manual gmn caranya,
tapi pake bak kopling asli.
kata temen aku sih di suruk ke tukang bubut untuk di kasi lubang.
tapi aku masih bingung nih.
kalo bisa tolong ya buatin artikel tentan cara merubah kopling otomatis ke manual pake bak kopling aslinya dan apa aja yg harus di siapin.
thanks ya...
di tungku infonya!
@aray normall
BalasHapusia memang bisa ke tukang bubut + las..biaya bisa 250rb maksimal (mending beli yg OEM cuma 300rb)
yang diperlukan adalah stut koplingnya dan tuas rem + kabel kopling..
belinya ke toko variasi, minta stut X1 TDR seharga 140rb-an, beserta kelengkapannya..
untuk dudukan bisa membuat sendiri di tukang las..
nanti hasilnya mirip nomer.3 tapi ga sehalus dan ga serapih itu..
dudukannya sendiri mirip ke gambar awal..tapi jangan panjang seperti milik saya, cz nariknya di tangan kerasa
hahaha
@Anonim
BalasHapusberikut link videonya..masih di upload.. hehe
http://adf.ly/PPuJq
Gan. Blok kopling antara tdr dan yamaha x1. Bagusan mana y gan. Dari harga kan murah yg tdr ya. Bedanya dari segi apanya y?
BalasHapus@Anonim
BalasHapuskalo yamaha X1 thailand itu bak nya tebal..part2 jeroan asli X1 dan sudah ada patokan standar barangnya..pasti bagus dan presisi
kalo TDR bagus juga sih, lengkap..tapi bak nya super tipis..setengahnya lah..rawan pecah menurut gw..
kalo OEM kyk punya saya bak asli dibuat lagi.. <<ga ada yg tanya wkwkwk
inilah alasan saya ga mengambil TDR hehe
Kalo OEM berapa harganya gan?
HapusTerimakasi gan untuk penjelasannya.
BalasHapusuntuk videonya udah ada belom gan?
gua beli OEM seharga 300rb sudah ada stut, handle, lever, dll.
BalasHapustapi seal harus beli dulu seal kick starter dan seal bak kopling..
Video nya baru upload satu..
BalasHapushttp://www.youtube.com/watch?v=QiM2N3JUX48
masih upload yang kedua hehe
terimakasih gan untuk videonya.
BalasHapusgan saya nemu di inet yang jual Balancer Kopling Manual DWE untuk jupiter z. harga 450rb gan. ada 2 berat 500g dan 400g. menurut agan bagus yang mana yang berat atau yang ringan. teman saya juga punya jupiter z pake kopling manual. tanpa pake balancer, dengan mengelas apa di baud saya kurangtau. baru 1 bulan suara mesin jadi seperti ada yang rusak. saya cari di inet. ternyata pemasangan balancer dengan cara di las dan di baud sentrifugalnya kalo ga se imbang bisa mengebabkan kerusakan. dapat dari inet penjelasannya itu juga gan
BalasHapusMisi om... mw tanya klo seandai nya ngk pke balancer tp menggunakan bagian tengah pada rumahan kampas ganda,itu kan jadi ringan... apa pengaruhnya di mesin om..?
HapusSaya juga mencari balancer yang lebih berat..minimal sama dengan ganda aslinya..sekitar 1,4kg atau 1400 gram..
BalasHapusrencana mau buat sendiri..
magnetnya emg apa udah bubut'an? kiri kanan harus sama atau kruk as melintir..
minimal sih 1kg..kalau terpaksa ya ambil yang paling berat aja..
gpp RPM lambat naik tapi puntiran kruk as imbang dan torsi lebih terkail..motor lebih lari bro
terimakasi gan.
BalasHapusgan bisa banru ga? saya beli blok x1. tapi bingung memasang komponennya yang banyak. tolong bantu gan
BalasHapus@herdi yana
BalasHapusyang bingung yang mana gan?
ada videonya kok saya
gan, kan saya tadi pas mau melepas blok. kick staternya lepas dari dudukannya. pas saya pasang engga balik lagi. di buka lagi pernya ga lepas. apa pemasangannya yang salah. dan satu lagi. oper giginya jadi agak susah gan. itu semua dalam keadaan oli belum di isi. mohon bantuannya, saya bingaung sendiri dari tadi dari jam 12 sampai sekarang
BalasHapusMohon bantuannya gan_rencana saya mau membuat kopling manual jupiter z saya,yang menjadi masalah berat balancer yang harus saya beli berapa gram,motor saya masih standart,mohon agan sudi memberikan pencerahan..Terima kasih..
BalasHapus@anonim
BalasHapusberat balancer harus sama beratnya dengan kampas ganda beserta mangkok dan sisinya
timbang dulu lah bareng di tukang bubut biar tau pastinya..
kalo beli yang 1kg lebih ga ada bro..
susah..
@herdi yana
BalasHapuspernah saya bales tuh posting..tapi kok ga ada ya?
kalo kick starter ga lepas ga mungkin ga balik?
buat balik nya cuma kekuatan per aja..
patah kah?
apa sekarang sudah selesai motornya?
gan..maaf mo ikutan nimbrung saya dah pake bak kopling SND kombinasi ma stud X1 TDR dan shift arm saya gak buka .sentripugalnya dilas tiga titik..alhasil bunyi tok tok tok gitu...knapa bisa bgtu ya..apa karena lasan di sentifugal tersebut mohon dijelaskakan infonya? terimakasih
BalasHapus@rahmat kurnia
BalasHapuskemungkinan gacenter habis di las kampas sentrifugalnya..
trus mmang harus dilepas tuas yg di magnet itu.. kaau gaa dilepas kan diinjak presnelingnya tana narik stut kan bisa..
mending lepas dlu aja
Total ngopling gitu berapa gan ???
BalasHapusmaksud dari total ngopling? kalau dana nya untuk membeli perangkat kopling 300rb kok.. tambah paking, sil, dan jasa kira2 cuma 400rb aja
BalasHapustergantung merk sama jasa orangnya..
kalau las kopling ganda murah, tp bnyak gangguannya.. kalau bikin balancer habis 500rb sendri..
minimal balancer sama bobotnya dengan standar biar nafas dan torsi tetap ngisi..
BalasHapuskalau lebih ringan hanya tarikan di gigi 1 dan 2 aja yg jalan.. gigi 3 dan 4 datar dan g jalan,,
aplagi kalau cuma gearnya nya yg di pake.. tmbh ga lari tuh motor..
Ane masih bingung dengan part yang diambil di bak magnet. Itu fungsinya apa yah gan? Soalnya waktu jupiter ane dibuat kopling manual, bak magnet ga disentuh sama sekali. Boleh kasih tau ga perbedaannya apa antara part di bag magnet dilepas dan ngga :)
BalasHapus@Ilham Muhammad
BalasHapusyg di bak magnet fungsi nya biar sewaktu pedal presneling kita tekan, motor jd ngopling.. hehe
kalau dilepas otomatis presneling enteng banget buat pindah gigi..
kalau ga dilepas, tanpa kopling tangan pun kita masih bisa ngopling dari kaki.. alias primer hehe
Misi gan mau nanya nanya nih,
BalasHapusMau nanya nih gan,
BalasHapusMotor saya new jupiter z,
Sya pngen pasang kopling ,
Tp saya takut masang kopling motor saya jd rusak,
Bsa gk kasih masukan gan?
Makasihh
beli paketan aja TDR yang versi 2..
BalasHapusyg bareng sama rumah kopling hehe
ngapain takut rusak? ga usah takut hehe
yang dirusak hanya kopling ganda aja
Waduhhhh nongol sana sini.....mas kelanjutan kmarin tu gmna ya.....kalo bikin kopling primer'an pada smash yng g pake hendel atopun ngrubah blok dengan cara fungsiin porsneling ja tu brati tinggal las otomatisnya aja pa ada yang dicopot lagi...apa cuma itu aja lngsung dah jadi tapi fungsi hendel di ganti dngan porsneling......tlng konfirmasinya ya.......makasih banyak
BalasHapusiya tinggal las titik ganda nya aja hehe
BalasHapusiya tinggal las titik ganda nya aja hehe
BalasHapusiya tinggal las titik ganda nya aja hehe
BalasHapuskopling ku bunyi kemerosok mas, knapa yaa??
BalasHapusbongkar bro hehe
BalasHapuscek laher bambunya tutup kopling aus nggk? beli kmrn 25rb/set hehe
leher bambu yang mana mas, kalo kondisi bak kopling nya sih masih bangus bangt, skrng aku pake stut TDR, karna yang aslinya udah bengkok waktu di buka,
BalasHapuskalo teknik pemasangan balancer nya itu gimana mas, ??
saya pake balancer buatan dari rumah kampas ganda di las, isinya uudah gak ada, tinggal besi2 pentingnya saja, apa perlu saya beli balancer khusus.
laher bambu yg ada ring nya bro.. di stut kecil yg di tutup kopling hehe
BalasHapusbalancer pakai rumah ganda beserta kampas nya komplit di las bro.. jgn dikurangi..
malah saya pgin ditmbh berat nya biar torsi mantap hehe
kalau balancer khusus sih dari besi kepingan dibubut trus dimasukkan ke dalam rumah koplingnya hehe
laher bambu yg ada ring nya bro.. di stut kecil yg di tutup kopling hehe
BalasHapusbalancer pakai rumah ganda beserta kampas nya komplit di las bro.. jgn dikurangi..
malah saya pgin ditmbh berat nya biar torsi mantap hehe
kalau balancer khusus sih dari besi kepingan dibubut trus dimasukkan ke dalam rumah koplingnya hehe
saya mau masang yang 500 gram aja mas, tapi kata orang bengkel, balancer yang khusus itu kadang gear nya tidak terlalu pas, jadi ada bunyi2 jugak, jadi saya ragu2 juga mau beli.
BalasHapussebenernya ringan 500 gram itu udah bgus kok, tinggal main rasio aja.
saya pngin malah 1400 gram bro.. hehe
BalasHapuskalau beli jd kadang emg ga center dan kualitas gear nya cepat aus..
kalau balancer diperingan, rasio harus diperingan jg..
bobot motor harus ringan jg..
rpm cepat naik tp cepat habis..
ga cocok buat harian hehe
saya pngin malah 1400 gram bro.. hehe
BalasHapuskalau beli jd kadang emg ga center dan kualitas gear nya cepat aus..
kalau balancer diperingan, rasio harus diperingan jg..
bobot motor harus ringan jg..
rpm cepat naik tp cepat habis..
ga cocok buat harian hehe
tinggal buat di tukang bubut aja mas,
BalasHapusjadi penyebab bunyinya ini apa mas, kayak nya ini di bagian balancer nya deh, suaranya ngeri mas, kayak ada bor yang mutar di dalam,
udah dibilang cek aja laher tutup kopling nya..
BalasHapushehe
bongkar dah bro biar langsung ketahuan..
gan..permisi..numpang lewat sekalian tanya..kalau motor di primer kan mesti di wafatkan dulu tu ganda,kalau selain di las ada cara lain kagak.?
BalasHapusada beberapa cara bro..
BalasHapus1. las kopling ganda (resiko ga balance kalau ga ada as kruk wkt dilas)
2. lepas per ganda (resiko mangkuk aus dan krg performa nya)
3. ganjal ring antara kampas dan mangkuk (ga tahan lma dan harus mengencangkan mur berulang ulang)
4. ganti pakai balancer (cara mahal bro)
misi gan, motor saya jupiter z kalau masuk gigi 1 motor langsung jalan sendiri , padahal idle nya gak terlalu tingggi. dan kadang kadang juga langsung mati bila di masukkan ke gigi 1. kira kira rusak apanya ya ? trims.
BalasHapuskopling manual bro? kurang narik, setelan terlalu pendek
Hapuskopling otomatis, brarti per kampas setrifugal/ganda aus
mau tanya gan
Hapustanya apa?
Hapusbos punya ane kok ada suara dok dok dok knapa ?
BalasHapuskarena las ganda ga center..
Hapusbiar center ya ngelas ganda nya harus dipasang d as kruk nya
gan shift arm gue patah trus guecari di bengkel sama deler g ada,tolong solusinya donk,udah gue las tapi patah lagi
BalasHapusmau gk mau harus beli bro..
Hapusga bkal kuat kalau di las..
Broow...
BalasHapusKenapa ya setelah pasang kop manual mesin vega new aku ada suara dok dok..
Kalo misal las Gandanya ga center, tapi Ganda nya aku pasang di motor temen ku kok gak bunyi ya..
aku liat2 sih rumah kopling aku agak kocak..
apa itu bisa menimbulkan suara kyk gt...
terus 1 lagi, klo pasang laher bambunya sebelum laher bambu sebaiknya di kasih ring atau tidak.
Soalnya punya aku sebelum dan sesudah laher bambu ada ringnya...
dtnggu jawabanya brow..
Thanks...
karet rumah kopling yg kocak bro..
Hapusdiganti aja d tkg bubut
klaher bambu dikasih ring agar rata tekanannya, kalau ga rata ntar pecah..
trus jg stut kalau terlalu jauh tmbh ring lg asal ga nabrak baut rumah kopling
Gan z punya habis las ganda kok ada bunyi tok tok gitu kira2 apanya ya
BalasHapusga center hasil las nya.. dilepas as kruk nya dilas sewaktu dipasang biar center..
HapusGan saya numpang nanya dong. Motor saya crypton. Stelah saya tukar guling dngan motor jupiter z kopling manual, motor sya jadi banyak gangguan.
BalasHapus1. Motor jadi ngaung bunyinya.
2. Masukin giginya jadi susah banget. dari N ke 1 bisa, nah dari 1 ke 2 susah bgt, jadi harus digoyang2 dulu psnelingnya baru bisa masuk, begitu juga dari 2 ke 1.
3. Kondisi kopling gandanya kan di las, tapi dalemannya ga di las, apakah ngefek?
Tolong bantuannya suhu. Kalo punya pin saya minta buat konsultasi dong suhu. Nih pin saya.74490378 thanks ya.
ga punya pin.. adanya FB : Novanda Sukiatmono Tanujaya
Hapussepertinya kesalahan pemasangan tuas presneling, rumah kopling udah minta ganti karetnya,
ganda dilas balance nggk? ga mslh kok cm luarnya aja
Kira kira kenapa ya,stut kopling saya patah mulu&kopling terasa berat saat ditarik.motor saya new jupiter.lalu cara mengatasinya bagaimana,agar awet&tidak terasa berat koplingnya.
BalasHapusTERIMA KASIH..
motor dibuat kopling manual apa standar an nih?
Hapuskurang menangkap titik persoalan nih hehe
monggo bro..
BalasHapusselalu siap menjawab pertanyaan maupun lain2nya
Salam kenal bro,itu kalo bak kop ny pake yg merk snd persis kayak bro pny,ap gk cepat meleleh las2an ny,soalny prnh dengar kata temen pake yg di las2 gitu bs meleleh?
BalasHapusTrus kalo kita pasang gk full manual alias semi apakah suarany akan terdengar kasar jg?
punya ku bukan SND bro,,
BalasHapuslas2an meleleh? nggk ada bro, mungkin tergerus aja..
nggk bkin kasar kalau semi clucth
Motor vega ane di bikin kopling manual di las ganda nya
BalasHapusPas di starter ada bunyi dok dok dok
Pas kopling di tarik bunyi hilang ., di rpm tinggi bunyi hilang
Apakah dari las yg ga center ?
Apakah dari rumah kopling yg oblak ., soalnya di cek antara rumah kopling sama gear belakang rumah kopling oblak .,
Terimakasih
Up gan
HapusKaret damper rumah kopling mati dan las ga center
HapusItu aja penyebab nya
Misi suhu. Saya mau nanya. Motor saya crypton 97. Pertanyaan pertama. Knp d bagian kopling ada bunyi ngung2 gitu, klo d bw jln baru kluar bunyi tersebut. Tp klo posisi standar gk bunyi.
BalasHapusPertanyaan kedua. Klo pasang kopling manual, tanpa mengelas kampas ganda bisa gk ?? Klo kampas ganda gk d pasang boleh gak ??
Pertanyaan ketiga. Brp perbandingan berat magnit dan rumah kopling ganda.
Terima kasih
1. mungkin gir primer as kruk dan rumah kopling sudah aus.. jd timbul dengung.. bisa juga tensioner rantai timing
BalasHapus2. nggk di las ya bisa saja. tp nggk dikopling saat masuk gigi motor nggk mati karena ganda masih aktif hehe
istilahnya kopling banci
kalau ganda dilepas nggk ada pengganti nya ya nggk terhubung as kruk ke kopling.
3. berat kopling ganda 1 set 1200 gram
magnet nggk nimbang
sebaiknya tetap standar biar kenceng motor e.. lek dienteng'i malah lemes
Motor smash sy kopling manual jg bro..
BalasHapusTp knp pas lepas kopling ada grdek'a dlu ya??
Trus di kopling stengah jg ndut-ndutan??
bak kopling pakai apa?
BalasHapussemisal bkin sendiri ada kira2nya nggk pas antara tuas dan stut kopling..
tentunya bikin seret/berat dan ndut2an..
Sy pake bak kopling Snd bro..
HapusAda kemungkinan gak dr stut penekan kopling yg kepanjangan atau kpendekan??
Trus kalo mtor dah panas kopling di lepas ada gredeknya dlu, itu kira" knp ya bro??
HapusSaya mau tanya, (tapi diluar topik diatas)
BalasHapusKalo tromol new mx bisa ga di pasang di jupi burhan?
@Nanunk
BalasHapusbisa.. beli jari2 nya MX juga ya..
tromol lengkap dengan isi2nya
@riko
bisa jadi rumah kopling nya sudah aus..
kan ada per di dlm rmh kopling yg fungsi sebagai peredam hentakan..
bisa jadi sudah lemes dan rmh kopling jd kocak
Gan misi mau nanya.Motor saya jupiter z new 115,terus mau saya buat kopling manual pake satu set sys,terus yang dilas atau diubah ntu apa aja biar ga kaya kopling banci + kalo bisa ga akan ada masalah?
BalasHapusTerus beli balancer baru tu bwt apa ya? Selain beli balancer ada cara lain.
Mohon bantu saya @novanda sblm menyesal di kemudian hari.hehehehe
1. yang di las mangkok kopling depan beserta isinya lengkap. biar center pecah mesin sekalian. inti nya butuh as kruk, porosnya biar center sat ngelas. biar ga 'deg deg deg' suara nya
BalasHapus2. masalah nggk bakal ada selama proses benar, aku ga ada masalah kok
3. balancer itu kalau nggk mau ngelas kopling ganda, tp mahal lo hihi
4. biar tdk berat jangan pakai per kopling yg terlalu keras. per standar'an aja comot dari motor yg sesuai
Gan kenapa ya crypton saya setelah pake kopling manual kalau mesin nyala susah oper gigi
BalasHapussetelan kopling nya ga bener tuh
BalasHapusjangan lupa part yg di kiri berupa pelor 3 dan seperangkatnya dilepas
Oh iya bro klo .ganti bag koplin apa harus ganti ISI dalam nya juga
BalasHapusseperti posting ini aja.
BalasHapuscuma salin doang tanpa ganti isi dari kopling
Mas untuk gmbar no.4 itu as panjang yg di dlm rumah kopling namanya as apa ya.punya sya hilang.mau di standarin lg soalnya.lngsung msuk gigi gk bs ngopling
BalasHapuspushrod
BalasHapusbro, besi yg panjang itu apa nama nya ? yg ada di tengah" rumah kopling, punya motor ku kan di copot, nah itu nya hilang, mau cari lagi di bengkel" gag ada susah, edisi mau di standarin lagi
BalasHapuspushrod
BalasHapusbeli di tukang jagal motor atau inden di yamaha
Boss ane mw tanya ni,sya kan habis ganti bak kopling std ke bak kopling manual merek yamaha ke bengkel ,bak kopling manual nya kan uda di pasang kan ke bengkel trus sya hidupkan msinya trus bak kopling manual nya mengeluarkan suara kasar kya suara stang seher kna knpa ya boss motor sy vega r new
BalasHapuskalau mau injek nya nggk dalam ya dipotong aja tuas pemindah nya yg di kalter kanan. dipendekkan.
BalasHapussuara kasar apa ganda dilas?
BalasHapuskalau iya ya ga center itu
Mas. Saya mau nanya. Motor saya vega r new. Saya pakai kopling manual tdr, per di ganti yg agak besaran,rumah ganda di las. Ada bunyi kletek ketik baru jalan, tapi klau udah jalan gak bunyi lagi. Dan kalau ganti gigi juga susah dari n ke 1, dan yang di blok magnet belum di bongkar. kalau yg masang kopling nya bukan saya tapi orang bengkel. Mohon bantuan nya
BalasHapusdari gigi N ke 1 agak dilepas dikit kopling nya..
BalasHapusmemang ga bisa masuk kalau terlalu bebas, karena tipe transmisi nya constant mesh. harus berputar dulu
untuk di sisi magnet itu cuma semacam setelan kopling bwt kopling yg di kaki..
bunyi2 bs jadi karet rumah kopling aus
waktu tekan kopling baru bunyi tek, waktu jalan juga bunyi jika tekan kopling. kalau karet kopling baru diganti
BalasHapusKenapa ya pedal gigi vega ku seperti longgar. Ada gerak bebas nya, kalau ganti gigi sih bisa tapi harus agak kebawah
BalasHapussetelan kopling nya ga pas atau kampas sudah aus
BalasHapusGan balancer nya itu harus seimbang dengan apa yah ane kurang paham peda ane vega r new ...
BalasHapusitu kan berbentuk lingkaran, plg tidak seimbang las"an nya..
BalasHapus3 titik masing" terpisah sekitar 120 derajat.
Numpang nanya suhu kopling ngaung sama bunyi thok thok thok itu apanya ya tolong minta pencerahanya
BalasHapusganda nya km las ga center ya?
BalasHapuspasti memasukkannya dipaksa ke as kruk
dibongkar lg dan dilas yg center.
ciri center keluar masuknya ganda ke porosnya gampang. pake tangan kosong aja enak
saran ya bongkar as kruk, ganda dipasang di poros, dikunci pake las sedikit
trus dilepas dan dilas paten
Selamat siang mau tanya ni..klu mau pasang kopling manual tanpa harus mengelas kampas gandanya di jupiter mx bisa gk bro??alias buat kopling banci aja.bisa gk?di bls y?
BalasHapusYa bisa saja dong kalau sebatas kopling banci.. ganti bak kalter kopling manual dah beres
HapusBg, mau nanya, vega r saya udah kopling manual, trus kalo di masukin gigi 1 pertama agak jalan pelan itu apanya bg ? Tolong di jawab bg makasih 🙏
BalasHapusKampas nya kurang lepas saat handle ditarik.. coba setelannya dijauhkan lagi..
HapusKalau udah siap pasang semua tapi gak bisa di tarik kopling nya dimana kendala nya tuh gan
BalasHapusBerarti ada yang masih nyangkut.. harus teliti
HapusBang klo shift arm stut g dilepas yg disi magnet apa pengaruhnya kira2..trims
BalasHapusJadi dobel ada d tangan dan kaki
HapusBang, misi numpang tanya, kok stut kopling saya setelah per kopling di pasanga, jadi kenceng banget da ga gerak ya
BalasHapusMungkin salah pasang?
HapusAtau tidak center stut nya untuk bak kopling modif sendiri
Gan ane mau tanya klo urutan pasang as tiang bagaimna klo klaher bambunya kecil karena saya beli blok kopling x1 solusinya bagai mna apa yg perlu di ganti terima kasih
BalasHapusGan mau nanya ane beli bak kopling lengkap set sama jeroannya klo bering bambunya kecil bagai mana ya cara mengkantinya
BalasHapusPermisi gan numpang tanya
BalasHapusMotor Z1 ane di bikin kopling manual di las ganda nya
Pas langsam ada bunyi dok dok dok
Pas kopling di tarik bunyi hilang ., di rpm tinggi bunyi hilang
Las balancer nya bisa saya bilang center , karena saya las di crankshaft dan keluar masuknya pun lancar
Karet kopling saya ganti baru
Apakah dari gigi primer dan sekunder yg aus ? ., soalnya memang untuk gigi primer dan sekunder saya belikan bekas copotan z1 dan sudah terdengar dengung seperti transmisi mobil balap (straight cut sequential).,
Atau dari bushing kuningan yang ada di housing sekunder ?.,
Mohon tanggapannya
Terima kasih.
Kalau gigi nya aus ga dok dok dok, tapi dengung saja
HapusKalau dok dok biasanya cuma dari karet damper nya mati atau las ga center aja sih
Bang mau nanya itu di gambar nomor 4 di lepas semua apa ada yang harus di pasang
BalasHapusDibiarkan juga gpp
HapusAss mas mau tanya kalau pasang kopling di Jupiter z apakah kampas ganda di lepas,,soalnya motor saya tidak ada tarikan gan mohon di balas🙏
BalasHapusTepatnya kopling ganda dimatikan agar putaran kruk as langsung kopel dengan rumah kopling plat.. bebas kampas dilas juga atau dibuang..
HapusTidak ada tarikan bisa jadi mesin tidak sehat pembakaran nya