Selasa, 30 April 2013

Kelemahan Bubut Magnet untuk Harian

Kelemahan Bubut Magnet untuk Harian - Bubut magnet bertujuan untuk meringankan massa magnet itu sendiri. Setelah ringan, diharapkan RPM jadi cepat naiknya sehingga akselerasi dapat bertambah. Namun, itu baru terjadi jika mekanik bisa mengerjakannya dengan hitungan yang cermat. Salah - salah bisa menyebabkan tenaga motor drop karena bubut magnet nya berlebihan.
magnet yang telah dibubut
Bubut magnet sangat sering digunakan di perlombaan, baik itu road race maupun drag. Namun ketika dipakai untuk harian, banyak dijumpai kelemahan dari bubut magnet tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Sumber listrik untuk penerangan berkurangAnda tidak akan bisa mendapatkan sumber listrik untuk penerangan (lampu) dari magnet tersebut. Listrik penerangan bisa diambil dari accu yg harus charge setiap saat jika sudah habis.
  2. Torsi berkurang akibat terlalu ringan magnet-nyaMeringankan magnet dapat membuat putaran cepat naik, power mesin naik, tapi torsi-nya turun. Kalau magnet terlalu ringan motor cuma njerit tapi tidak mau lari. Kalau mau menaikkan torsi ya bandul atau magnet harus diperberat. Salah satu caranya bisa naik stroke. Saat naik stroke bandul otomatis lebih besar jadi momen putar/torsi-nya juga lebih besar.

22 komentar:

  1. saya ingin bertanya motor saya supra x 125 bore up piston 60 klep 28 24bles noken dkmt k2 karbu pwk 28 kopling manual kampas ganda terpasang magnet standar langkah standar rasio standar apa perlu di bubut magnet nya tapi ada yg bilang ntar malah lemot atasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubut magnet itu mengurangi beban putar. Artinya respon gas enteng jika magnet dan balancer ringan. Efeknya ketika oper gigi ada drop rpm banyak, yg mau akselerasi lagi jadi susah jika bubut banyak/ringan. Kecuali pakai rasio close lain lagi karena drop rpm ga banyak

      Hapus
  2. Bima Rangga Kusuma15 April 2024 pukul 08.26

    Saya mau tanya dong om ,
    Saya mempunyai Honda grand
    Dan sudah kopling tangan , setelah saya cek ternyata balancer nya ringan sekitar berat 500gr-an , akselerasi oke dapat ,tapi tidak tau topspeednya ,dan lemahnya di trek menanjak apalagi berboncengan...

    Caranya agar tetap pakai balancer ringan 500gr-an tetapi ada tenaga di trek menanjak maupun lurus bagaimana yah?

    Saya sudah mencoba untuk memakai gear final 14-36 seharusnya kuat untuk menanjak , tetapi ini seperti kurang tenaga , berbeda dengan saya pakai gear final 14-35 ,ada perubahan di tenaga buat menanjak ,lebih kuat di bandingkan dengan sebelumnya pakai gear 14-35 ,knp ya?


    Jadi solusinya gmn ya gan ,agar kuat di tanjakan dan lurus (tentunya untuk berboncengan) dan masih ingin memakai balancer ringan!?

    Apakah harus struk up biar bisa menambah tenaga?

    Terimakasih semoga sehat selalu 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya gir belakang lebih besar maka beban mesin semakin ringan
      Bagaimana rasa 14-40?

      Kalau semakin tidak enak, artinya ada problem di mesin nya. Entah pembakaran tidak baik sehingga rpm tinggi nya drop tidak bertenaga.
      Sebaiknya diperbaiki dulu kondisi mesin. Balancer ringan seharusnya tidak sampai drop tidak kuat menanjak

      Hapus
    2. Kuncinya di noken as

      Hapus
  3. Saya ingin bertanya, motor saya vega new std, pake kopling tangan balancer std cuma lngsung dilass,dan magnet dibubut, tapi mala gigi 4 nya ngempos/ngambang, itu kenapa yaa mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu ringan magnet dan mangkok kopling.. solusinya main head supaya bisa kejar rpm

      Hapus
  4. Om mau nanya punya saya suprax125 spek 54,4 noken costum klep std sudah geser pengapian karbu pakai pe 26
    Gear 14-35. Saya pengen nambah akselerasi sama topspeednya enak nya papas magnet berapa gram ya?
    dan 1 lagi biar lebih enak apalagi yang harus di ganti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan bubut magnet, nanti malah drop performa nya
      Fokusin ke head dan noken dulu

      Hapus
    2. PERMISI OM SAYA MAU NANYA SAYA PUNYA VARIO 150 LED NEW BUAT HARIAN PENGEN BUBUT MAGNET BUAT NAMBAH AKSELERASI APAKAH AMAN?🙏UNTUK SPEK KITA UDHH JOSS

      Hapus
    3. Aman saja, tp momen putar jadi berkurang, rpm mudah drop
      Gaspol terus kalau mau perjalanan agak jauh 😁

      Hapus
  5. permisi mas saya yg dulu nanya tentang bubut magnet dan balancer mesin Supra x 125 udh spek 160 dengan kompresi rendah buat bawahan nya motor udh enak tapi kerasa lemot aja gitu udh spek besar tapi lari nya tetep kayak standar nya 120 gitu aja dari std ke 54 ke 60

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti gir belakang 33
      Mampu ga mesin nya
      Kalau mampu, top speed kudu e naik

      Hapus
  6. Mas numpang bertanya, motor saya supra x 125 saya mau ganti noken resing + pir klep nya juga, tapi motor std dari blok dan karbu std, jadi apa aja yang kudu di sesuaikan lagi gan, apa kudu bubut magnet juga buat target noken harian ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubut magnet ni justru ga enak hahaha
      Per klep std aja dulu, dicoba efek noken as nya

      Hapus
  7. Kalo magnet dipapas efeknya apakah pengisian strum jadi berkurang?
    Magnet dipapas dibagian lingkaran luar bukan lingkaran dalam yang beradu dengan spul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau besi lingkaran luar yg dibubut ga pengaruh ke gaya magnet. Setrum normal

      Kalau agak nyentrik yg dibubut lingkaran dalam alias magnet, ya setrum berkurang akibat berkurangnya gaya magnet

      Hapus
  8. Permisi Ka, izin bertanya🙏
    Klo beat injeksi spek 54,5 atau 55 harian. Dianjurkan untuk bubut magnet gak??

    BalasHapus
  9. Permisi ka saya mo nanya motor saya MX spek 68 langkah 67 saya pakai magnet std mau saya bubut enaknya berapa gram ya ka buat touring harian

    BalasHapus
  10. Mas numpang nanya, sy pemakai mx new 5 speed blok mx king 57 mm. cdi racing, koil racing. Jika ganti noken apakh jg harus ganti per klep yg lbh keras bang?
    Srkain itu aoa lg bang utk nambah performanya?

    BalasHapus