Senin, 02 September 2013

Cek Sil Kruk As pada Motor 2 Tak

Cek Sil Kruk As pada Motor 2 Tak - Motor 2 tak memang paling mantap diajak ngebut karena akselerasinya nendang abis. Power terasa terus mengisi di setiap nafas mesin. Akan tetapi, berbicara tentang motor 2 tak pun tidak luput dari masalah -masalah yang dapat menimpa motor berasap ini. Kali ini saya akan mengupas tentang masalah sil crankshaft yang dapat membuat laju motor tidak normal.
sil kruk as
Sil crankshaft ini hanya terdapat pada motor 2 tak dan motor 4 tak tidak butuh sil ini. Ini terjadi karena motor 2 tak sejatinya memiliki pelumas terpisah antara oli mesin dan oli samping. Artinya, oli mesin dilarang masuk ke ruang stang seher.
Pada bagian  stang seher beserta pendukungnya, semisal bearing, mendapat pelumasan dari oli samping yang masuk bersamaan dengan bahan bakar. Kemudian ada 2 sil crankshaft pada motor 2 tak ini yaitu sebelah kiri yang bersebelahan dengan magnet dan satunya lagi di sebelah kanan. Sil yang sebelah kanan bersebelahan dengan perangkat kopling.

Sil yang sebelah kanan inilah yang bikin motor kacau bila rusak. Sil crankshaft pada motor 2 tak ini jangan dianggap sepele. Karena jika sil crankshaft sudah terkoyak atau rusak, oli akan masuk ke ruang bakar dan motor pun akan mengalami beberapa masalah. Masalah tersebut antara lain:
  1. Motor susah dihidupkan
  2. Motor susah langsam
  3. Motor tidak mau lari
  4. Asap ngebul terlalu banyak
  5. Oli mesin habis karna ikut
Alasan dari beberapa masalah tersebut adalah karena oli mesin masuk di ruang carter dan menuju ruang bakar. Akibatnya campuran oli semakin pekat dan membuat pembakaran kurang sempurna. Nah itulah sebabnya motor susah hidup. Solusi jitu untuk menghentikan problem atau masalah tersebut adalah mengganti sil crankshaft tersebut dengan yang baru. Letak seal crankshaft tersebut tepat berada di belakang kampas ganda atau kalau motor dengan full cluth tepat di belakang gigi penghubung atau roda gila atau flywheel.

171 komentar:

  1. Balasan
    1. ga perlu bro, ckup kalter kanan atau kiri aja..

      Hapus
    2. Mas motor saya sulit kali hidupnya dan malah nembak nembak terus , busi bagus api besar kompres padat , kenapa itu ya mas

      Hapus
  2. Kalo motor ninja rr harus belah masin ga mas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. KLO ninja rr harus belah ,karna ada pembatas sealnya dan hrs pasang dari dalam GK bisa dri luar seperti motor lain

      Hapus
    2. Harus belah mesin mas

      Hapus
  3. semua motor 2 tak bisa dicungkil hanya dengan bongkar bak kiri atau kanan nya saja kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klw gk belah besin bos seal nya gk bisa masuk bos cara memasukan nya bos gimana? Sil yang di bagian kanan

      Hapus
    2. Gak semua motor 2 tak klo ninja r/rr seal cranksaft nya masuk dri dalem,jd kudu di belah mesin..

      Hapus
    3. Kalau ninja harus bingkar mesin mas karena silnya, bongkarnya gak bisa dicongkel dari luar tapi dari dalam

      Hapus
  4. Kalo seal seal kruk as rusak otomatis oli mesin masuk ke ruang bakar ,.yg jadi pertanyaan busi cepat mati atau tidak ? Terima kasih .

    BalasHapus
  5. iya bro bisa cepat mati busi akibat tertutup oli/sisa karbon.
    sering2 bersih busi dah haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. busi cepat mati, asapnya tebel, tenaga putaran tengah tersendat apa itu penyakitnya seal mas? sudah nyoba ganti cdi api pun bagus tapi tetap boros busi

      Hapus
    2. Betul itu, kalau ada oli mesin bocor via sil kruk as atau olsam terlalu banyak dapat menyebabkan pembakaran buruk.. sisa karbon akibat pembakaran jelek tadi akan menutupi busi dan cepat mati walau pengapian sudah bagus..

      Ada baiknya cek kondisi bocoran sil kruk as dan setelan olsam

      Hapus
  6. Salam kenal mas sy afan dipalembang...ijin tanya mas..motorku satria hiu 2tak,rencana pompa olsam mau dicopot trus selang bercabang yg menuju kemesin boleh dibuntu gak...mhn bantuannya mksh

    BalasHapus
  7. ya kalau nggk pakai pompa olsam lg ya dibuntu saja..
    nggk boleh bocor intinya 2 lubang olsam nya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas atas pencerahannya??sukses sll buat mas novanda..

      Hapus
  8. plus minusnya apa tuh om @novanda S.T kalo hanya di kalter saja, kan kalo di kalter jadi oil sealnya ga ada penahannya, otomatis oil seal gampang lepas, maaf newbie mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  9. apa nya?
    nggk paham maksud e aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang kalo suzuki fr 80 karbulator gk hisap motor gk bisa hidup kenapa y bang padahal membran udh rapet bunyi trompet

      Hapus
    2. Pastinya ada kebocoran kompresi sehingga tidak ada isapan

      Bisa jadi piston dan blok terlalu longgar, ring piston aus/patah, sil kruk as bocor, dll

      Hapus
  10. Ass. Maaf nih mau ane mau tanya bang . ninja.r.kips ane klo di panasin asapnya ada wangi tapi tiba tiba di bawa jalan kira2 5km
    Kok asapnya ilang. Dan wanginya pun ilang . baunya pun beda banget . padahal oli mesin di cek masih bagus . tolong bang pencerahannya :-(

    BalasHapus
  11. mungkin setelan olsam nya kurang tepat sehingga jadi kering.

    BalasHapus
  12. Mas novanda mau tanya, ninja saya kalau rpm tinggi dgeber gass kok gak mau loss yaa, mlah kluar api dari karbu dan knalpot, meletus2.. pdhal pengapian udah oke, karbu dll oke udah dgonta ganti smua,
    Kira kira apanya ya mas, apa seal kruk as nya yaa, soalnya smua komponen yg lain udah dgonta ganti.
    Mohon solusinya mas

    BalasHapus
  13. mungkin busi kurang rapat? atau spi magnet nggk pas lg.
    sil as kruk bukan gitu penyakit nya

    BalasHapus
  14. Met siang mas.... mas mau nanya.... motor saya rx king.... tpi sering mati busi... itu pengaruh apa ya.... terima kasih....

    BalasHapus
  15. bisa jadi diagnosa nya
    1. pengapian ada yg lemah, mgkn koil
    2. kompresi bocor, ring piston dan gasket aus
    3. setting karbu dan olsam ga tepat/terlalu bnyak
    4. knalpot kotor

    BalasHapus
  16. Salam knal mz novanda mz mntor sya f1zr knpa y mz kok mntor sya sma sekali gk ada tnaga nya pdahal kompresi mantap tpi asam nya banyak mna gk ada tnganya sma sekali mhon pencrahan nya y mz mksih

    BalasHapus
  17. bisa jadi pengapian lemah
    ada kebocoran

    BalasHapus
  18. Mas rr saya masi baru hampir 1thn gk d pakek penyakitnya persis yg sampean ulas d atas tp mesin cpat panas..itu apanya ea mas makasi

    BalasHapus
  19. lo ya dicek dlu toh.
    bisa jadi karbu nggk bener, radiator krg dicek, baru kelayakan part

    BalasHapus
  20. Permisi mas Novanda saya punya motor RXZ susah hidup di engkol berkali2 gak hidup tp di dorong hidup seperti gas kempos di pegang karbu seperti gak nyedot kenapa ya

    BalasHapus
  21. itu namanya kompresi sudah mengalami kebocoran..
    diservis yg bener dlu biar enak

    BalasHapus
  22. Mas, F1ZR saya kompresi primer kayanya bocor, di moncong karbu ga berasa isepannya, tenaga loyo banget, apa penyebabnya dari sil kruk as yg minta ganti? cara bongkar pasangnya gmn mas? cukup congkel pakai obeng atau gmn? trims

    BalasHapus
  23. membran dan ring piston sudah dicek?
    itu jg sangat pengaruh soalnya

    BalasHapus
  24. Ninja RR saya jarang dipake om, pasnya di pake tiba2 asapnya tebel banget apalagi kalo udah panas makin tebel, pas di cium baunya ga kaya bau oli samping kaya biasanya, baunya kaya bau gosong ( oli kebakar ), itu apanya ya om nova?

    BalasHapus
  25. sil as kruk aus bro. atau oli samping mu dimasuki oli mesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kalo misal ga sengaja yang dimasukin oli mesin ga bakalan apa2 itu om ke mesinnya?

      Hapus
  26. ga apa2 kok yg penting ada pelumas nya dan ga ngebut.

    BalasHapus
  27. ini motor apa @Angga?
    coba cek sambungan intake, kondisi AIS, setting karbu, kebocoran knalpot.

    BalasHapus
  28. mas motor ku suzki lawas bingit mati.padal api besar busi baru karbu dah dicek normal..

    BalasHapus
  29. membran nya sudah dicek? :D kondisi piston dan ring?

    BalasHapus
  30. mas motor rxking saya putaran atas brebet dan ga mau lari.kira2 apa nya yg bermasalah ya mas?

    BalasHapus
  31. antara karbu ga pas setelannya, pengapian ga kuat. coba busi dirapatkan

    BalasHapus
  32. bro .kode sil ninja yg sbelah kanan berapa kodenya ...?

    BalasHapus
  33. Mas ijin bertanya . . Ninja saya 2001 masih kis itu kok keluar tetesan oli dari bawah tutup rante depan ya.. terus kok baru ganti oli .. oli di mesin berubah warna jadi putih kentel kya susu gtu.. terus air radiator cepat berkurang ? Masalhnya dmna ya trima kasih

    BalasHapus
  34. Punten kasadayana aya nuterang teu puya sayamah yg bocor olisampingya keu ruang mesin apaya yg harus d ganti akang akang punten pisan pencerahanana

    BalasHapus
  35. mungkin pompa oli nya sudah tidak layak di bagian one way valve nya

    BalasHapus
  36. Mas bro motor saya tiap 2 bulan skali seal as kruk mesti ganti/ jebol. Sehingga Oli samping masuk ke bak oli mesin hingga tumpah² lewat lubang angin². Tapi knalpot nggak sampai ngebul. Kira apa penyebab seal as kruk mudah jebol tdk bisa tahan lama. Trims

    BalasHapus
  37. ada banyak penyebab
    kiranya ini dicek sebagai pandual sil oli mudah bocor
    1. poros yang tidak rata (ada luka)
    2. sudah tidak center, jika poros diputar akan goyang
    3. panas berlebih
    4. pemasangan tidak rata
    5. bukan sil yang dimaksud dipaksa

    BalasHapus
  38. Mantap bapak mas novanda dengan sabarnya membalas satu persatu! Mantap lanjutkan

    BalasHapus
  39. Mas novanda maaf mau tanya..mtormya ninja rr, knapa ya pd saat rpm tinggi kya ada yg ngelotrok dan suara ksar gesekam mesin asapun tebal, pdahal boring baru,stang sher baru,koplimg baru... mhon pencerahanya. Mksih

    BalasHapus
  40. mas mau nanya ko mtr ninja rr saya di ganti knalpot racing kya ada kebocoran gitu suaranya ga mau keluar ke blakang...

    BalasHapus
  41. tanya mas kira2 harga brp yah sil kruk as fos

    BalasHapus
  42. Akang saya mau izin nanyk ..ninjja rr q keluar asap ngebul tenaga berkurang .. loyo. Suara knlpot tidak enk di denger.biasa nya nyaring knpa mass

    BalasHapus
  43. Mas kalo mtor satria 2t pengapian tornado. Apinya keluar minyak ada, karbu pe 28 baru. Tpi nggak mau hidup, kirakira masalahnya dimana mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Timing nya ga pas.. pakai CDI Suzuki RC 3 kabel wajib cari top pengapian.. spi magnet dibuang, dan cari dengan geser" magnet

      Hapus
  44. Mau tanya ni gan,motor rx king saya pengapian bagus,busi bagus,karbu bagus,membran(isap-isap)bagus,tapi motor kok gak mau hidup yha gan?

    Apa dampak dari seal kruk as bisa berakibat motor mati yha gan,mohon pebcerahanya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kondisi seal yg sangat parah bisa jadi sebab.. atau mungkin timing pengapian ga tepat, walau api besar tp ga pas ga bakal hidup

      Hapus
  45. Bang saya mau nanya juga masalah saya sama kaya postingan agan.. Sm persis makasih infonya sebelumnya..bsok saya coba ke bengkel..
    Tarikan mtor tanjakan aja ngeden bang. Asap ngebul, udh 3 kali bongkar ganti seher dll gan..cm seal mekanik gapaham kali..
    Terus bensin juga jd super boros 2xlipat gan ,apakah penyebab salah satunya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi masbro.. soalnya kalau seal rusak parah buanyaak banget angin palsu keluar masuk dari as kruk

      Hapus
  46. Kalau hidupnya susah,trus klau hdup gas nya tinggi,itu apa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Macem" bisa dari karburator bocor, manifold, choke ga nutup, dsb

      Hapus
  47. Mas Nov. Numpang tanya RX King blok baru plus ring stang dan piston, tapi diselah di karbu berasa tidak menghisap shngga mesin nggak hidup kenapa ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membran ga bisa rapat, ada kebocoran entah sil nya atau baut manifold, mungkin perpak

      Hapus
  48. siang mas novanda, sy chris mau bertanya, sy punya RC 100 sebelm nya saya pakai aman" aaja. tp kmren pagi sy idupin trus baru 1 menit mtr lgsg berubah gx mau langsam, n mati gtu.. trus selisih 2 jam susah mau di hidupakan lagi.. pke di kop bru hidup. klau pas hidup bunyi ciit ciit gtu.
    kira" apa nya yaa. terimakasih mas novanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin membran bocor atau pengapian bermasalah

      Hapus
  49. mas novanda ST mau nanya motor saya suzuki fr 80 thn 82, tiap mo ngidupin mesin susah bgt, kalo pun sudah hidup motor gak langsam, dan klo di geber rpm tinggi motor kayak habis bensin trs mati, cek busi ada api tpi selalu basah , asep kayak foging, kadang olie netes dri sambungan knalpot... kira2 yg perlu dicek dan diganti apanya ya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busi basah oli ya?
      Bisa jadi setelan olsam ga pas, sil kruk as bocor..

      Hapus
  50. Om tanya motor rx king saya pengapian bagus ,karbu membran oke semua,tp kok diengkol kompresi sama sekali egk da ya motor egk mau nyala ,apa krna sil kruk as nya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bocor sambungan blok nya bisa atau sil juga bisa.. diratakan ulang kalau memang ga rata permukaan blok nya

      Hapus
  51. Motor rk king saya sesudah trun mesin jadi setetalh diselah langsung ngegerung apa penyebab nya terimakasih

    BalasHapus
  52. Mas nov mau tanya, ninja rr saya asep knalpot y kaya bau sangit, apa seal as kruk y kah yg kena, minta saran y mas, tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biasanya sil aus oli mesin masuk ke ruang bakar dan sangit d knalpot.. beda sama bau olsam

      Hapus
  53. Mas saya mau nanya motor tuh busi boros banget gk lama harus ganti trs dan wanra busi hitam pekat dan di bagian lobang busi sering berlumuran oli apa itu sil kruk as kopling nga yh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi.. atau pengapian lemah kompresi bocor bisa jadi penyebab

      Hapus
    2. Soal nya mtr saya jga di stel karbu gk mau lamsang mas

      Hapus
  54. Selang oli samping ninja R kan ada 2 yg keluar dari Oil Pump nya, fungsi nya apa aja ya kok sampe dua?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingat saya yang 1 di manifold, yang 1 deket kruk as..
      Supaya oli lebih sirkulasi dan pelumasan merata, maklum 2 tak kan oli nya mengikuti aliran gas bensin

      Hapus
  55. Mas kalo fiz r di gas ngga mau lamsang/mblandrang itu sil sebelah kirinya yahh???
    #mohon bantuanya

    BalasHapus
  56. Saya punya motor f1zr,knapa ya businya sering hitam sebelah?

    BalasHapus
  57. Mas fiz r saya nyala nya enak langsam juga,tapi kalau di gas kayak stelan karbu keborosan dan di stel juga ga bisa,itu kira kira kenapa ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengapian lemah.. mungkin koil
      Busi coba pakai baru dan dibuat celahnya agak rapat

      Hapus
  58. assalamualaikum mas,ninja rr saya kok baunya gk harum asap juga banyak itu masalahnya dimananya ya, terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya asap gan..
      Olisam tertentu itu harum, ada yg g harum
      Kalau bau sangit bisa jadi oli mesin bocor ke pembakaran

      Hapus
  59. Permisi mas numpanf pencerahannya, motor fiz r saya ko kalo disela sering selip terus kalo lari ngga langsung ngacir seperti setengah kopling tiba2 loncat, padahal kampas dan rumahnya sudah diganti baru semua. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap masalah ada d kopling itu
      Kurang teliti nih

      Hapus
  60. Ijin tanya hu, motor RX-King businya banjir bensin dan gak mau hidup, padahal api dari busi bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banjir bensin bisa jadi setelan karbu ga pas
      Atau membran juga pengaruh

      Hapus
  61. Bang mau nanya punya motor f1zr ..kendala mati padahal api gede kompresi gede karbu normal membran rapet tapi GK mau hidup .karbu d tutup tangan malah jedorrr nembak d kenalpot.cek seal masih bagus kira2 apanya y bang trimakasih...

    BalasHapus
  62. Bang saya mau tanya.apakah sil kruk as bagian magnet ngaruh ke power motor.soalnya motor saya,kalo gigi 2 harus urut gas dulu baru dapet powernya?

    Makasih bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seal pada motor 2 tak bocor pasti ngaruh
      Kalau masalah urut gas bisa jadi penyebab lain ikut kontribusi

      Hapus
  63. Mau tanya dong mas
    Vespa saya susah bgt idupnya kl sudah panas baru bisa tokcer kemarin sempet ganti seal belakang magnet tp masih aja susah idupnya apa harus semua seal krukasnya di ganti ato gimana mas
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bocor bisa jadi susah hidup.. ga hanya seal, bisa jadi kruk as nya ga rapat lagi sama crankcase.. kan Vespa tidak pakai membran

      Hapus
  64. saya mau tanya mas motor kalo di motor rx king di bagian seal kruk as bagian kanan apakah oring nya harus di pasang

    BalasHapus
  65. Mau nanya mas,rx king sy tdk ada tenaga jika berbocengan atau klu lagi jalan dapat tanjakan dikit sj langsung loyo tdk ada tenaga,🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu durasi blok besar, untuk racing saja..
      Porting sudah digeser mendekat ke TMA/bibir blok atas.. solusinya ganti blok yg masih standar atau di boring ulang dengan ukuran standar

      Hapus
  66. Mas mau nanya , kalo mau ganti seal kruk as apakah bisa ga turun mesin ? Gimana caranya sama cara pasang seal nya gimana , soalnya motor saya asapnya bau sangit oli mesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung motornya
      Turun mesin nggak, buka kalter + isinya (magnet/kopling tergantung seal yg aus)

      Kalau oli mesin biasanya kanan, jadi perangkat kopling turun semua.. seal dicukit/dihancurkan tanpa turun mesin

      Hapus
  67. Mas novand klo ninjja rr sil kruk as bocor bisa boros bensin dan ga bertenaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi.. lha wong kompresi nya jadi turun jauh

      Hapus
  68. Mau tanya mas Nova kalo oli samping masuk ke mesin apa penyebabnya?? Dan apa harus diganti. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oli samping masuk ke mesin? Kemana?
      Jarang" olsam 🙄 biasanya oli mesin masuk ke ruang bakar

      Hapus
  69. Mas Nanda, mau nanya, motor saya suzuki ts 125, nah disambungan silincernya tuh sering netes oli samping kecampur bensin (warna item dilantai), tp kalau dipake trabas lumayan banyak jg netesnya kadang sampai basahin kaliper cakram belakangnya, kira2 itu knp ya? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Campuran oli samping yang berlebih bisa jadi sebab, sil kruk as bocor dan oli mesin masuk ke pembakaran juga bisa

      Perlu dibenahi juga sambungan silencer biar ga bocor dan kalau perlu bakar knalpot buat buang sisa oli d dalam knalpot

      Tapi penyebab utama nya diselesaikan dulu d mesinnya

      Hapus
  70. Motor ninja r saya di bagian kurk as nya penuh oli samping.apa penyebab nya ya suhu
    Tolong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kruk as 2 tak kan memang dilewati oli samping

      Kalau berlebihan bisa jadi setelan olsam kebanyakan

      Hapus
  71. Tanya suhu. Motor ninja r saya asep nya berlebihan, gabisa langsam juga padahal setelan oli samping irit. Masalah nya dimna ya, apa di seal reciver oil, atau di seal oil kruk as, atau apa bisa di ring piston om..

    Mau tanya dulu soal nya ganti sealnya harus belah krengkes ya? Atau apa ada trik nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa jadi oli mesin masuk ke ruang engkol
      Seal nya ada 3 buah seingat saya di kruk as
      Jangan takut belah mesin
      Nanti setelan oli samping dinormalkan kembali begitu sehat

      Hapus
  72. Numpang tanya suhu...
    Satria boingku kalau panas jadi kasar dan oli mesin suka masuk di ruang bakar padahal sudah dganti dengan yg original

    BalasHapus
    Balasan
    1. As kruk apakah center? Masih halus atau cacat permukaan nya?
      Kasih gasket tengah nya gimana apa bocor nggak? Diteliti lagi coba

      Hapus
  73. Mas mau tanya v75 sya gabisa hidup ya. Bisa hidup kalo karbunya di tutup. jadi kayak ga nyerot bensin, kira" kenapa ya mas.. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membran bocor bisa, piston/ring nya aus ya bisa..

      Hapus
  74. permisi om,mau nnyk,motor fizr saya kok sehabis dibawa kebut kebutan tenaga bya lgsung loyo ya?membran bagus,pengapian bagus,karbu oke,kenalpot bersih,setelan olsam oke,dan juga tenaga nya agak nahan" gajelas kalau pas nanjak
    semoga murah rezekinya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenaga nahan ga jelas pas nanjak?
      Wah ini ciri blok tidak standar, porting digeser naik cukup banyak..

      Secara ga langsung karakter tersebut main rpm tinggi untuk trek datar..

      Pantas saja habis ngebut jadi lemot

      Hapus
  75. Kenapa motor RX king saya cepat sekali matiin busi.mohon solusinya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busi cepat mati itu antara pengapian lemah, kompresi lemah, pengapian terlalu maju

      Hapus
  76. Mas mau tanya nih,,
    Kl sil kruk as satria 2tak bisa gak d pasang ke f1zr??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diukur aja diameter luar dalam sama atau tidak.. kalau dilihat sekilas sih beda

      Hapus
  77. Bos ganti seal askruk ninja r kanan apa harus belah mesin

    BalasHapus
  78. Mas,bau sangit dri knalpot saat mesin panas,itu bisa jadi dri kerak yg numpuk di perut knalpot atau engga sih ?

    BalasHapus
  79. Maaf tanya mas...motor saya fiz r habis ganti seal kruk as..sekarang kok asapnya bau sangit lagi ya..apa seal nya jebol lagi..kalo jebol lagi penyebabnya apa ya..makasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jebol lagi seal atau as nya sudah tidak rata? Kalau ga mulus pasti bocor walau seal baru.. oleng juga bisa karena tidak center..

      Hapus
    2. Mas mau tanya mas, motor fis r. Laker bandul sebelah kiri kok sering kering y mas, tingkat kebasahannya beda dengan yng kanan. Dan sering rontok yng sebelah kiri, padahal lubang olsam Semua lancar bagus, apa Ada pengaruhnya pompa olsam yng di matikan/di campur manual. Tolong bimbingannya mas!? Terimakasih

      Hapus
    3. Ada kemungkinan seal kanan bocor.. jadi basah kena oli mesin masuk ke kruk as..

      Diperbaiki dulu, lalu setelah itu ditambah perbandingan olsam dengan bensin nya.. sepertinya kurang banyak tuh nyampur nya

      Hapus
  80. gmna klw fiz r gak mau langsung turun gasnya.. bunyi teng teng teng teng klw habis di gas.. apa solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya ada angin palsu masuk mesin.. entah manifold pecah, retak, membran bocor, ring piston aus, sil as kruk bocor..

      Hapus
  81. Mas mw nanya knapa rx king sya oli samping+bensin boros tp lari loyo asap tebel kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boros setelannya sesuai ga tuh?

      Loyo karena olsam kebanyakan juga bisa.. kompresi gimana? Padet gak?

      Servis dulu lah di tempat terpercaya

      Hapus
  82. Karet sil kruk as yg cocok buatotor ninja rr apa ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ori ninja RR nya dong.. atau cari di toko mobil yg diameter luar dalam sama dengan ninja

      Hapus
  83. Maaf mas numpang tanya motor sy kondisinya udh lama ga dipake sekalinya diidupin keluar asap tebal,,trus stelah sy buka kopnya ternyata oli mesin nembus ke ruang pembakaran apa itu bener sil kruk as/seher nya juga kena,soalnya kondisi liner udh memprihatinkan,,udh itu aja terimakasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa jadi salah satu penyebab dari sil oli

      Hapus
  84. Bang numpang tanya mtor saya ninja r tiba2 tidak mau hidup padahal pengapian normal bahan bakar lancar ,kalo di engkol kadang2 knalpot nembak . Apa bisa jdi seal kruk as bermasalah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Timing pengapian ga pas.. coba dicek lagi kondisi koil spul dan spi magnet

      Hapus
    2. Untuk yg pengapian DC coba cek kiprok nya..

      Hapus
  85. Mas motor saya satria ru rda rembes d bagian bawah msin msin sama d cekungan bawah karbu itu apanya ya

    BalasHapus
  86. Klo ganti seal cruk as buat ninja r biaya standar nya berapa bos....a\

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itung nya overhoule walau cuma seal kruk as 😁

      Siapin dana 500 rb saja buat jaga" part lain"

      Hapus
  87. Ninja r saya kok oli mesin nya bercampur dg bensin, darimana masuk nya bensin itu ke ruang oli mesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari sil kruk as yg bocor.. penyakit 2 tak begitu sih terutama ninja yg kompresi nya cukup padat

      Hapus
  88. Sya sudah ganti sil as kruknya tpi masih susah hidup dan susah langsam

    BalasHapus
  89. Mas motor kita kenapa ya suka Tiba tiba mati kalo lagi jalan, padahal sudah di isi oli samping

    BalasHapus
  90. Untuk motor Vespa PX,motor kita suka mati tiba tiba, padahal oli samping di isi, pengapian bagus,apakah itu berpengaruh pada sil kruk as mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kejadian mati nya banyak macam.. dan beda"

      Kalau sil kruk as bocor ini susah hidup dan brebet
      Hampir sama seperti isapan bocor

      Terlalu irit setting karburator mogok nya ketika tanjakan atau lama gaspol, tiba" mati

      Pengapian koil itu jalan 5 km mati, didiemkan hidup lagi, jalan lagi mati

      Hapus
  91. Mas mau nanya, motor saya fizr,digas duduk mau teriak, pas dibawa jalan lama responnya untuk teriak, terasa seperti ke iritan minyak, padahal udah di setting basah, pass gigi 3 kering sendiri, motor ngeden gada tenaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah porting lumayan tinggi itu semi balap.. jadi suara bawah seperti sangat basah

      Knalpot tidak bisa standar, pj mj setting ulang karena tengah ke atas kering.. sebelum nya cek posisi jarum dulu

      Hapus
  92. Mas mau tanya SATRIA 2TAK saya kalo di kopling halus d lepas kasar pdl sudh ganti karet....kira2 apanya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga karet nya ga bener ya udah aus dudukan kopling atau gigi nya

      Hapus
  93. Om mau tanya dong rx king saya.. kalo mesin panas langsam selalu jadi besar tiba" jadi kopling seperti jalan terus.. padahal rumah kopling baru dan asli.. tolong pencerahan yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idle menjadi tinggi itu tanda kebocoran udara palsu.. entah karburator tidak ori atau packing/selang

      Hapus
  94. Asalamualaikum mas saya punya motor suzuki a100 oli mesin saya waktu saya cek cmn sebotol lalu saya ganti tiba tiba klw d pke gas agk kenceng asapnya itu tebel bngt kira kira knpa ya mas..seher baru saya kolter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor 2 tak wajar rpm rendah asap tipis, rpm tinggi asap banyak.. mungkin setelan terlalu boros kalau terlalu pekat asap nya.. sil jangan lupa diperhatikan

      Hapus
  95. Kalau motor matic seal kruk as oli nya bocor bisa pengaruh bikin brebet motor ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan brebet masuk angin kalau di 4 tak, tapi ngaco ke magnet dan pulser akibat kotoran debu menempel oli.. bisa juga brebet..

      Hapus
  96. Mas nopanda sya mau tanya,motor sya ninja rr kalo keadaan motor tidak jalan di gas sampe pol juga lancar tpi klo lagi keadaan jaln kadang motor mau mati kaya bensin tekor,kira2 apa ya mas penyakitna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kemungkinan kabel putus sambung dalam.. atau soket kendor..

      Hapus
  97. Mas, ninja rr saya pas mesin baru diidupin dingin kok bau gosong ya, tapi pas jalan nggak ada baunya. Tarikan dan mesinnya rasanya normal semua, nggak ada masalah, cuman bau gosong aja pas mesin dingin. Trus di engkol agak susah idup klo dingin mas. Kira2 kenapa ya

    BalasHapus
  98. assalamualaikum mass,saya udah beli seal askruk kiri fizr,tpi pas di cek dimesin gada bocornya,kira klo dipasang di askruk kanannya bisa ga mas? soalnya smua gejala motor saya kyk gitu

    BalasHapus
  99. Mas, mau tanya seal as kruk fizr, gimana cara pemasangan yang benar, yang menghadap keluar yang mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ori dia dobel per.. dua sisi bisa bolak balik..

      Kalau beli yg kw, cuma satu sisi, yg ada per ke arah kruk as untuk menahan kompresi primer

      Hapus