1. Piston NPP F1ZR oversize 200 dengan diameter 54 mm
Piston menggunakan diameter 54 mm agar kapasitas mesin dapat melonjak menjadi 120 cc. Agar mudah, piston sengaja dipilih dari NPP standar oversize 200 yang tinggal kolter dan pasang saja.
Piston menggunakan diameter 54 mm agar kapasitas mesin dapat melonjak menjadi 120 cc. Agar mudah, piston sengaja dipilih dari NPP standar oversize 200 yang tinggal kolter dan pasang saja.
piston standar oversize 200 |
2. Silinder Kop costum
Kubah dibuat sebesar 9 cc dengan squish 7 mm dan nat 0.4 mm. Sudut dapat menggunakan besar 14º. Rasio kompresi pasti akan naik karena volume kubah yang sempit.
kubah costum |
3. Porting polish
Porting exhaust dibuat 28 mm dengan lebar 38 mm. Porting intake atau lubang bilas tetap standar dengan bagian dalam sedikit diperbesar.
blok costum |
4. Reed valve
Stopper membran dibuat 11 mm jaraknya agar pemasukkan bahan bakar lebih optimal. Reed valve sendiri menggunakan standar.
stopper dibuat jauh sedikit |
5. Karburator standar jetting ulang
6. Knalpot standar costum
Itu 6 jenis jenis yang buat naikin CC jadi 120 kak??
BalasHapusAgar 120 cc cukup piston diameter 54 mm saja
HapusYang lain penunjang performa ga ada hubungannya dengan cc mesin
120 cc kalkulasi hasil hitungnya, kalo banternya kembali lagi ke kualitas produk dan material produk yang digunakan mendorong performa mesin
Hapuspasti tiap beda ahli juga beda beda tehnik penyesuainya👍
54,25 tarikan kaya rx king tinggi 29lebar 34
BalasHapusModel kubah yg benar model mangkok atau model parabola
BalasHapuskubah ninja
HapusPnya saya OS 300 kop masih standar..
BalasHapusKira2 enak nya di apain om kop nya biyar lebih enak lagi larinya..
Bubut head menyesuaikan diameter piston.. squish jangan lebar, kecil saja..
HapusOm punya saya os 200 klo ngebut elektroda busi leleh mulu knapa ya pakai busi apa yang bagus ya mas, mj/pj , 110/40 squish kira kira masih std itu cdi indopart karbu ngembun mulu
BalasHapusTiming pengapian ngaco berarti
HapusBtw karbu ori FIZR pj mj 17.5/130
HapusPunya ane Fiz
BalasHapusPake Piston OS 150 kop STD
Dibawa lari Gigi 1 dan 2 kurang ngeplong kira² kurang apa ya
Punya saya baru naik os 225,,squis 9 karburator pakai rk king , karburatornya ngembun parah
BalasHapusKarbu keborosan, porting turun jauh akibat os besar..
HapusPorting dimodif dinaikkan lagi, karbu setting pj mj.. membran wajib rapat
Bang mau tanya agar bikin tenaga atasnya nusuk ukuran head pakek berapa
BalasHapusYg penting lubang porting nya dulu, head menyesuaikan
HapusKop std maksimal ovs sampai berapa
BalasHapusOS 200 masih sanggup.. lebih dari itu bubut squish
HapusPunya saya rxs 0 kop nya ukuran berapa ya kak?? Semisal Kalau pake kop rxs ov 100 bisa gak yaa??
BalasHapusRXS 0 itu piston 54 mm kalau ga salah
HapusOs 100 ya 55 mm
Om om ku, ni punya saya masih std enaknya di kasih berapa untuk harian ya
BalasHapusPiston standar saja..
HapusMain lubang porting dikorek naik dikit dan bubut head untuk kejar kompresi yg drop.. membran yg sehat.. pengapian full ori.. jamin enak 130 kpj enteng
Kalo f1zr OS 225 harian porting itu ukuran squis nya barapa ya
BalasHapusDiameter mengikuti piston, lebar squish g jauh dari standar.. yg penting porting nya
HapusKalau OS 125 pj MJ berapa enaknya gan
BalasHapusStandar gpp 17.5/130..
Hapuspunyaku os 50 rxs belum sok blm porting pengapian ori enak nya di apain mas🙏
BalasHapusWaduh sudah 54.5 aja hahaha
HapusPorting pasti turun jauh dari standar.. motor cuma bertenaga di rpm tengah ya?
Paling tidak jarak lubang porting dinaikkan ke posisi standar ukuran asli, atau sekalian semi race biar joss.. nanti membran dan knalpot diperbaiki lagi..
mas punyaku os50 rxs porting harian karbu std reamer pengapian ori kenalpot bobok belum full enak nya gearnya ukuran berapa dan enak nya di apain lagi
HapusWaduh rxs os 50 itu diameter 54.5 mm.. porting pasti turun jauh.. rpm tinggi nya ilang..
HapusUdah porting polish belum nih?
Ga bakal enak kalau belum.. mau pakai gear apa aja..
mas cuma portinganya cuma hilangkan kulit jeruk doang
HapusYg paling penting jarak lubang ke TMA/bibir blok atas.. bukan kulit jeruk nya..
HapusMas cara porting Fi r yng benar agar rpm bawah sampek atas dapet gimana ya,,
BalasHapusPowerband mesin hanya dalam rentang tertentu..
HapusKalau bawahnya enak, atasnya ampas..
Kalau atasnya enak, bawahnya harus dikorbankan..
Agar nyaman harian maka porting fizr dapat dibuat di rentang rpm 5rb-8rb rpm mengikuti hitungan durasi rx king standar
Mas fiz r saya OS 50 kira2 ukuran head nya dbikin gmna biar enak
BalasHapusStandar aja gpp loh
HapusKalau mau ubahan nanti minum Pertamax hihihi
Punya saya Piston fiz r os 200 apakah ujuran kop di atas udah enak buat harian dan berapa drajat kemiringan kubahnya klo squish di buat 14° dg lebar 7mm
BalasHapusYg lebih penting porting diangkat dulu supaya tenaga ga nahan di rpm rendah..
HapusSetelah porting dapat ukuran baru, baru bisa ngukur head mau dibuat berapa
Punya saya OS 200 kop standar pengapian yz 125 karbu 24 kira" Bagus untuk harian atau bagai mana?
BalasHapusMau kompetisi, mau harian, sama aja.. yg penting setting pas aja dah joss..
HapusPengapian dicek timing nya berapa derajat, jetting karbu juga harus pas.. PJ MJ jarum skep..
Paling penting kalau sudah os 200 itu lubang porting perlu dinaikkan ke ukuran standar
atau sekalian porting semi race + hubut head untuk menaikkan kompresi yg hilang
Om fiz ovrses 150. Kop stradrt apa masih mampu ya om.?
BalasHapusSampai os 200 aman aja tanpa ubahan.. PR nya di porting aja turun daripada ukuran saat os 0
HapusOS 150 , kop head ny biar pas di buat gimana ?? nuhun kang .
BalasHapusSampai os 200 juga head std gpp.. yg penting lubang porting yg anjlok perlu diangkat ke ukuran standar atau sekalian modif semi
Hapusom kalo os 200 pake karbu 26 enak ga? terus kalo enak pj mj berapaa??
BalasHapusKalau ga porting semi ga enak pakai karburator besar gitu
HapusOm mau tanya fizr kalau piston 57mm portingan yang enak bagaimana sama head harus bagaimana? Karbu pwk 26 MJ PJ ukuran berapa ya om? sama rencana mau pakai ratio 14/31,18/28,20/24,22/23
BalasHapusRasio close bisa bermain Rpm tinggi tanpa khawatir drop saat oper gigi
HapusDurasi porting ex boleh dihajar 190° dan head dibubut mengejar rasio kompresi yg diinginkan
Tentunya memperhatikan squish dan diameter menyesuaikan piston
Untuk pj mj menyesuaikan permintaan mesin setelah selesai porting dan modif knalpot
Punya saya f1zrnya udh os rxs 75 enaknya di bikin lebar squish berapa ya mas sama berapa derajat untuk bagian kubah ruang bakarnya, baru naik os soalnya
BalasHapusPaling penting ini lubang porting daripada mikirin squish..
HapusSquish sendiri diameter minimal sama dengan diameter piston
Maaf mas mau tanya, saya baru naik os 200fizr kira penyesuaian nya apa aja
BalasHapusCukup pada lubang porting dinaikkan ke ukuran standar.. atau sekalian korek harian supaya tenaga mesin ga tertahan di rpm rendah
Hapus0m kalau piston f1z r ukuran Oz 225 terus porting exhaust knalpot tinggi 25mm biar larinya ngacir ukuran PJ & MJ berapa kira² om
BalasHapusmas fiz r saya piston rxs os 00,head menyesuai kan piston,blok porting semi,karbu std reamer kira” pj/mj nya ukuran brp yg cocok?,posisi klip di jarum brp?,dan pake jarum apa yg cocok mas?
BalasHapusterimakasih
Bang kalau fizr pakai piston RX special ukuran piston yang harus dipake itu ukuran berapa OS sama MM nya
BalasHapusPiston fizr std 52 mm, sedangkan RXS std 54 mm
HapusPermisi om..kalo spek bureng OS 175.porting kulit jeruk saja.head sudah 54 papas 1.5 mili.sudut 14'.pita squis 8 Mili.apakah sudah sesuai buat harian.trimakasih
BalasHapusPorting nya turun jauh kalau os segitu.. harus dikembalikan ke ukuran standar atau sekalian naik agar enak korekan harian
HapusOm fizr saya ov 275 enake di ubah apa aja. Lain lain masih standart semua
BalasHapusOversize besar ini pasti lubang porting geser ke bawah jauh
HapusMau ga mau harus dikembalikan ke jarak standar atau sekalian naik banyak