|
contoh piston jenong |
Menaikkan angka perbandingan kompresi untuk harian sudah tak jaman pangkas kepala silinder. Kalau balap sih tetap wajib. Menaikkan kompresi memang sederhana dan langsung terasa pada performa motor. Sekarang cukup pakai piston jenong. Tahu kan yang jenong-jenong? Itu sama dengan piston diibikin benjol lalu diatur ulang puncak pistonnya (dome). Bicara piston jenong spek racing, saat ini sudah banyak pilihan. Tapi beda cerita bila dana terbatas, tapi tetap ingin kencang. Atau ingin hasil karya tangan sendiri.
|
hasil las argon pada piston |
Caranya adalah dengan memodifikasi piston standar dengan bentuk jenong. Misalnya, pada piston Yamaha Crypton yang berdiameter 49 mm, kepala pistonnya ditambah daging lewat las argon. Kemudian seperti langkah biasa dibubut ulang sehingga hasil customize ini membentuk dome melesak dalam ruang bakar.
|
hasil setelah dibubut |
Jarak dome dibatasi 1 mm dari kepala busi. Kalau lebih dari itu, akan nabrak saat di TMA. Selisih piston dengan kubah disisakan 2 mm agar tidak terlalu padat. Untuk pengerjaan butuh tenaga ahli yang terlatih biar hasil optimal. Las argon punya kelebihan pada kekerasan nya. Lumayan kuat menahan kompresi dan suhu tinggi pada ruang bakar. Bentuk dome biasanya ikut desain kubah cylinder head. Yang penting punya jarak 2 mm dari dinding kubah. Itu tadi patokan tingginya 1 mm dari busi, selebihnya bebas berkreasi sesuai kompresi yang diinginkan.
klo las alumunium biasa gmn hasil sama apa kaga
BalasHapusbisa juga kok bro, tp kekuatan bahannya ada beda lo hehe
BalasHapusgan klo seher shogun udh di pupuk kira2 koak'an klep brp dalem / brp mili dari klep?
BalasHapussedalam coak an klep standar nya bro..
BalasHapusmengikuti yg lama hehehe
Itu apa gak resiko copot bro?
BalasHapusPgn nambel juga, bahan tambalannya pake piston yang lama/bekas nya aja ya biar materialnya menyatu.
Ada yg utk di jual piston nya gan?
BalasHapusapa ga molet itu bro ? apa tetep sama diametrnya ?? maaf butuh saran
BalasHapusGa berubah selama proses pengelasan api nya ga disorot ke piston terus menerus
BalasHapus